23

Aneh gak sih?

Terkadang gue masih merasa surreal bahwa gue udah jadi istrinya koko.

Saat gue inget dan sadar kalo gue beneran udah jadi istrinya koko, gue bisa senyam senyum sendiri kesenengan. Kayak orang baru jatuh cinta.

Saat gue inget kalo gue adalah istrinya koko, gue merasa bahagiaaaaaaa banget. Dan merasa beruntung banget I’ve found my other half.

Saat gue inget kalo gue dan koko itu suami istri, gue merasa kita berdua itu pasangan yang paling dipenuhi oleh cinta di dunia. Juga oleh hal-hal manis, lucu, unyu, indah. Pasangan lain kalah deh sama kita 😀

Saat gue inget kalo gue itu istrinya koko, gue bisa merasa termihik-mihik unyu seneng gimana gitu. Kadang cekikikan hepi banget kayak orang yang dapet sms dari gebetannya.

Intinya… ternyata gue masih NORAK BANGET ampe sekarang.

Huahahahahah 😆

Gak tau deh dengan koko. Tapi dari cara dia yang kadang suka gemes sama gue (padahal gue gak lagi ngapa-ngapain) dan meluk kenceng sambil bilang “ISTRIKUUUWWWWW”, gue rasa dia juga masih sama merasa noraknya.

Norak-norak bergembira, bergembira berduaaaa~ (dinyanyiin pake nada lagu sorak-sorak bergembira) 😛

Aneh gak sih?

Gak aneh lah ya. Kan baru mau 4 bulan nikah, masih pengantin baru judulnya. Jadi wajar kalo masih girang-girang gimana gitu, masih merasa penuh lope-lope di udara 😛

Iya, gak aneh kok.

(Pembenaran diri sendiri)

Mihihihi.

3

Random ranting: Selingkuh

Udah beberapa bulan belakangan ini sering ngeliat temen posting di facebook video youtube yang isinya: Ibu-ibu yang ngejambak ato mukulin selingkuhan suaminya di tengah jalan (lalu direkam oleh orang sekitar).

Ada satu video dimana suaminya si ibu itu sibuk ngelindungin selingkuhannya, dan yang ibu itu lakukan adalah terus fokus berusaha mukulin selingkuhan suaminya. Suaminya ngehalau pake tangan, si ibu tetep merangsek berusaha nabokin kepala si selingkuhan. Suaminya meluk selingkuhan, si ibu berusaha jambak rambut mbak selingkuhan.

Despite of how psycho it might be, I actually find guilty pleasure seeing that. Somehow I think, that woman deserves that. Salah sendiri main ama laki orang. Resiko lo lah itu buat dijambakin.

Tapi sejujurnya, gue pernah bilang ke koko bahwa menurut gue, sesalah-salahnya tuh perempuan (ini hanya untuk kasus dimana si perempuan tau ya kalau pasangannya itu suami orang, bukan perempuan yang ditipu pria yang ngaku-ngaku single) …tetep aja YANG PALING SALAH ITU YA SI LAKI-LAKI. (ato perempuan, tergantung ini yang selingkuh si istri apa suami? Lol) 😀

Karena yang punya komitmen kan si laki-laki. Yang udah punya istri kan si laki-laki. Yang berjanji bilang mau mencintai istrinya dalam susah senang dalam suka duka kan si laki-laki.

Dalam hidup gue, gue udah sering banget denger cerita temen-temen nyokap ato sanak sodara yang ngelabrak selingkuhan suaminya (and do some violent things to her of course) tapi ga ngapa-ngapain suaminya. Gue selalu ngerasa itu aneh. Bok, yang melanggar komitmen lo berdua kan suami lo? Kalo mau marah ya harusnya paling marah sama si suami dong? Kenapa suami lo cuma kena omel-omelan doang tapi selingkuhanya kena jambak dan kena pukul pake platform highheels lo?

Menyalahkan selingkuhan suami begitu ibaratnya kayak lo nyium bau indomie goreng yang dimakan sama temen lo, trus lo jadi kalap makan indomie goreng 2 bungkus, yang berakibat lo gagal diet, lalu lo tabokin temen lo karena udah ‘menggoda‘ lo dengan wangi indomie goreng. (postingan ini dibuat sore-sore dalam keadaan mendung, jadi yaaahhh itulah kenapa perumpamaannya indomie, mehehehe) 😀

Anyway.. YA GAK GITU JUGA KAN BOK?

Itu adalah alasan kenapa gue bilang ke koko, seandainya one day dia ketahuan selingkuh, berarti dia secara sadar MEMILIH untuk melanggar komitmen dia. MEMILIH untuk mengalah pada nafsu. MEMILIH untuk berhubungan dengan perempuan lain yang gue anggap berarti LEBIH BAIK dari gue. Dengan kata lain berarti dia udah sadar akibat dan resiko dari pilihannya, tapi tetep MEMILIH UNTUK BERBUAT demikian. Dan dengan tegas gue bilang ke koko, kalau udah ketahuan begitu, putus aja ya. Ga usah wasting my time nor your time untuk minta maaf bilang khilaf, untuk memohon dikasih kesempatan.

Keren kan gue? Keren dong.

Naahh tapi yang lagi gue pikirin sekarang adalah, kalau kejadian itu terjadi setelah menikah, then HOW?

Harus gimana kalau ternyata suatu hari si suami khilaf? Harus gimana memaafkan dan menerima dia kembali setelah dia jelas-jelas bobok sama perempuan lain? Harus gimana biar ga jijik dicium ama dia setelah tau kalau that same and exact lips udah nyium perempuan lain?

I guess that’s why beberapa ibu-ibu melampiaskan semua rasa marahnya pada si selingkuhan. Mungkin karena mereka masih mau mempertahankan rumah tangganya. Mungkin lebih gampang untuk menganggap bahwa yang salah itu ya si selingkuhan, salah lo ngegodain suami gue! Kalo bukan karena lo ngegodain, suami gue ga bakal selingkuh! Jadi semuanya gara-gara lo!

Mungkin… meski dia merasa marah, jijik dan kecewa, tapi masih ada komitmen yang harus dia jaga. Komitmen yang meskipun udah dinodai (halah bahasa gue) kelakuan suaminya, tapi dia has no other way selain berusaha memaafkan dan melanjutkan komitmen tersebut.

Bisa dibilang postingan ini gue bikin setelah mendengar cerita temen gue (cewe dan yes she’s the one who did the sin), lalu gue jadi merenungi what if one day I caught koko red-handed having an affair? What if one day he cheated on me? What if?

Will I… Will I be strong enough?

Honestly, sampai sekarang gue sendiri ga tau gue akan gimana. Satu sisi gue rasa gue ga akan bisa bersikap biasa lagi ke dia. Sisi lain, ‘divorce’ should never be in my mind. Lalu, harus gimana menjalankan pernikahan yang ga nyaman seperti itu?

Hffttthhhhhh. *beli dua single bed buat gantiin double bed* 😀

Sebenarnya ini adalah salah satu kebiasaan super jelek gue. Membayangkan lalu mengkhawatirkan hal yang belum terjadi, lalu kadang jadi galau/kesel sendiri. Goblok memang.

Well…. but I guess I just need to have faith.

Bahwa orang yang gue pilih adalah orang yang setia. Orang yang akan mengutamakan komitmennya dengan gue. Orang yang ga bakal dengan mudah tergoda oleh wanita (maupun laki-laki!) lain.

Dan semoga gue… juga sama berkomitmennya. 🙂

cheating-isnt-a-mistake-it-is-a-choice-quote-1

7

AFTER KPP – NOTES TO MYSELF

So I proudly tell ya’all bahwa gue dan koko sudah….

…COMPLETED OUR ‘WEDDING PREPARATION COURSE’ alias KPP!

Lol 😀

Sebagai bukti, ini dia sertifikat KPP gue dan koko *pamer-pamer sombong*

10532940_10204565234722565_7494334812943105450_n

Keren kan? Keren kan? Keren dong ya, pasti keren kan. Meheheheh *dilempar pake piala hosti*

Gue seneng banget sih ikut KPP ini, meskipun awalnya skeptis banget karena udah ada 4 orang temen yang memberi kesaksian kalau KPP ini ngebosenin banget. Eh ternyata pas gue dan koko ikut yang di St. Kristoforus – Grogol bulan Desember ini, it turned out quite fun!

Pembicara-pembicaranya membawa materi dengan menyelipkan banyak jokes dan informasi yang mereka share dari pengalaman mereka juga berguna banget semuanya. Yang paling menonjol itu adalah semua pembicara sangat menekankan bahwa ‘perkawinan Katolik hanya satu kali seumur hidup, tidak terceraikan’ 🙂

Jadi beberapa pembicara wanti-wanti banget kalau sebelum merit mesti diomongin dulu semua hal yang ‘berat’ dan ‘serius’. Karena seringkali orang yang masih pacaran itu obrolannya masih dangkal, belum ngomongin soal keuangan, perencanaan punya anak atopun rencana karier ke depan gitu misalnya.

Kalau ngomongin yang berat-berat itu ditunggu setelah nikah, hal-hal itu bisa bikin ribut. Kalau udah sering ribut, pernikahan jadi ga nyaman deh 😦 Sementara pernikahan itu kan ga bisa kayak pacaran yang bisa ‘udahan’ seenak udel kita. Kalau Tuhan belom ‘menyudahi umur’ salah satu dari kita ya, berarti pernikahan itu masih lanjut. (Serem ye. Hahaha)

Salah satu contohnya  pembicaraan ‘serius’ nih ya, uang yang diberikan kepada keluarga. Misalnya gimana kalau pas udah merit, kita baru tau ternyata 50% dari salary suami diberikan kepada bapak emaknya, lalu adek-adeknya, lalu untuk kakaknya yang belum menikah. Nah kira-kira sebagai istri, kita ada perasaan ga rela gak tuh? Masih dalam misalnya ya, sedangkan menurut kita, ga perlu segitunya ngasih ke keluarga. Cukup ke orang tua aja gitu, ngapain sampe ke kakak adek yang udah bisa cari duit sendiri. Tapi menurut si misua, itu kewajiban dia untuk membantu saudaranya.

JRENG.

Salah dua contohnya, setelah nikah baru tau ternyata selama ini misua punya impian kerja di perusahaan di luar negeri. Sementara kita ga ada keinginan buat pindah keluar negeri. Misua merasa kita menahan impian kariernya, kita merasa dia ga memikirkan perasaan dan keinginan kita.

JRENG.

Salah tiga contohnya, setelah nikah pas udah hamil baru deh terkuak ternyata misua sangat mengharapkan anak dengan gender tertentu. Dulu kita tau sih pas masih pacaran, kalo dia demen sama anak laki-laki gitu ya misalnya. Tapi yang kita ga tau adalah ternyata dia PENGEN BANGET DAN MESTI BANGET punya anak cowo. Trus baru sadar keinginan dia yang HARUS PUNYA ANAK COWOK itu setelah hamil dan setelah tau kalo ternyata anak di kandungan itu cewe. Padahal rencana awal mau punya anak cukup satu aja. Lah piye? Kita keukeuh cuma mau satu anak, dia keukeuh harus nambah anak sampe dapet yang lakik. (btw ini nyata kejadian sama temen gue.)

JRENG.

Meskipun awalnya bisa terasa sepele, ternyata perbedaan cara pikir begitu mancing ribut banget di antara suami istri. Apalagi kalau pas diskusi sama pasangan mau cari jalan keluar, eh kita ato pasangan ga bisa nahan intonasi nyolot di suara ato penggunaan kata-kata yang ternyata menyakitkan pasangan. Ato ngotot banget sama ego kita masing-masing, ga ada yang merasa salah. Semua merasa benar. Kompromi itu rasanya ga bener juga, pokoknya the only right way is my way.

Bisa-bisa bilang goodbye deh meskipun belum genap sebulan setelah bilang “I do” hihihi 😀

Hal-hal mengenai komunikasi suami istri, sampe ke ekonomi rumah tangga, seksualitas dan pendidikan untuk anak dibahas semua dalam KPP. Supaya kita tau kalau udah jadi suami istri kira-kira begimana sik, supaya kita inget kalo abis merit bukan tamat dan ada tulisan and they live happily ever after. Supaya kagetnya bukan abis nikah. Udah telat kaleeeeeee, udah kontrak mati kalau udah terlanjur nikah. Hahaha.

Semua yang sekarang terlihat tolerable, belum tentu setelah menikah nanti bisa kita tolerir juga. Namanya juga sekarang masih berasa cinta-cintanya bingits gitu ya. Semuanya masih terlihat indah.

Ohya salah satu lagi yang gue keep in mind adalah hati-hati curhat masalah keluarga. Belum tentu orang tua dan saudara kita itu tempat curhat yang ‘benar’. Karena saat kita punya masalah sama suami, lalu kita cerita ke orang tua gitu ya misalnya, orang tua kan bisa jadi: 1) Sedih, dan 2) Berpikir jelek tentang suami kita. Why? Kalo yang pertama jelas lah ya, orang tua mana sih yang seneng kalo anaknya mengalami masalah dalam rumah tangga. Nah kalo yang kedua, karena orang tua kan cenderung membela anaknya. Belum lagi yang mereka denger kan cerita dari sisi kita, otomatis kitanya lebih terdengar sebagai ‘protagonis’ sedangkan si misua jadi ‘antagonis’. Meskipun kita ntar udah baikan (karena masalahnya sendiri mungkin sebenernya masalah sepele antara suami istri), cara orang tua mandang suami mungkin akan tetep kurang baik. Jadi ya bijak-bijaklah dalam curhat hihihi.

Gue suka semua materi di KPP dan gue ngerasa ngebantu calon-calon suami istri banget. Jadi gue bener-bener bersyukur di Katolik ada kewajiban untuk ikut KPP begini \(^_^)/

A note to myself dan semua bride to be: Kita yang memilih kan, untuk menikah dengan orang ini. Memilih untuk ‘menjadi satu’ dengan dia. Memilih untuk membangun sebuah rumah tangga penuh impian yang bagus-bagus bersama dia. Memilih untuk mencintai dia dalam untung maupun malang, dalam suka maupun duka, seumur hidup kita kan? Jadi semoga apapun yang terjadi nanti, dia yang menjadi nomor satu dan terpenting dalam hidup kita. Memang ada banyak orang penting lainnya dalam hidup kita seperti anak, orangtua, saudara, teman, dll. Tapi dia adalah orang yang kita pilih untuk menjalani hidup bersama, entah itu nantinya dengan dititipkan karunia anak dari Tuhan ataupun tidak. Dia adalah orang yang kita ajak berpeluk dan bersenda gurau bersama meski waktu sudah memutihkan semua rambut di kepala. Dia adalah orang yang membuat kita yakin bahwa suatu hari nanti, sesulit apapun jadinya keadaan, hanya sama dialah kita bisa saling bergenggaman tangan dan percaya bahwa semua akan baik-baik saja selama dia masih bersama kita 🙂

Less than 6 months to the D-Day. Kata orang sih cobaan makin banyak kalau makin deket hari pernikahan, tapi kalau memang jodoh, semoga kita bisa selalu saling menguatkan dan support ya koko mafia! Sampai hari pernikahan nanti, saat hari H nanti, dan sampai kita dipisahkan oleh kematian 🙂