9

Mireia 10-11 Bulan

Gigi nambah 2 lagi di bawah, jadi sekarang total ada 8. Duileh jadinya sempet banjir liur lagi dan ada beberapa malem yang dia nangis-nangis mendadak semacam kaget gitu pas tidur.

IMG_3541

Gigi masih 7 pas di foto ini hehe

Sejak dia mulai 9 bulanan sampe sekarang itu rasanya termasuk masa-masa yang menyenangkan karena dia udah mulai lebih bisa ekspresiin diri meskipun apa yang dia omongin belum bisa kita pahami dan mulai ngerti juga apa yang kita bilang.

Contohnya pas diingetin turun kaki duluan.

Ato waktu mau megang keset kaki, begitu dia mulai merangkak ke arah keset bakal gue ingetin “Reia ga boleh pegang keset kaki yaaa”

Dan dia… bakal tetep megang. Huahahaha. Megang sekali aja gitu di ujungnya semacam untuk memuaskan hasrat geratakan. Setelah itu gue bakal bilang lagi “Gak boleh, Reia. Jorok.” Udah tuh dia bakal diem ngeliatin ato langsung mengalihkan perhatian ke hal lain. Pernah dia mau berdiri sambil pegangan sama lemari TV, nah area buat dia pegangan itu ada kabel stop kontak. Gue ngelarang dia buat megang stop kontak, jadi dia ngerengek mau nangis gitu karena mau pegangan tapi ga boleh megang juga huahahahahaha. Akhirnya gue dorong stop kontaknya ke ujung dalem baru dia bisa lanjut pegangan dan berdiri πŸ˜›

Walaupun ya terkadang tetep aja ada saat-saatnya dia ngotot ngelakuin hal yang udah dilarang. Biasanya kalo udah gini, gue bakal mengevakuasi dia dari tempat kejadian dan dia bakal… nangis πŸ˜›

IMG_3697

Rasa-rasanya udah mulai bisa ngomong beberapa kata tapi kadang kok rancu juga sebenernya dia tau artinya apa ngga.

Kayaknya first word dia itu “Nyenen”. Pas jam tidur malem, kalo gue ambil posisi duduk deket lokasi bobonya sambil buka kancing daster, dia bisa ketawa sambil bilang “Nyenen, nyenen” trus nyamperin gue. Itu kalo lagi masih sabar. Kalo udah ga sabar, dia separoh mau ketawa separoh mau nangis gitu ngeburu-buruin gue huahaha. Apalagi kalo gue lama-lamain buka kancingnya, dia bakal protes sampe narik daster huahahaha πŸ˜€

Anehnya adalah dia jarang manggil gue mama loh hahaha. Aneh ya padahal katanya kan biasanya bayi bakal ngomong itu duluuuu, mana ini manaaaa πŸ˜›

IMG_3831

Udah bisa nepuk dirinya sendiri kalau ditanya Mireia mana. Trus kalo kita lanjut tanya papa mana, mama mana, eh yang ditepuk tetep aja dirinya sendiri huahahah.

Sempet gue bawa ke kantor karena susternya sakit ga masuk kerja, nah pas di kantor dia ngeliat gue angkat telpon. Waktu suapin dia dan dia maenin gagang telepon, gue tempel itu gagang di kupingnya dan bilang “Halo? Halo?”. Sempet juga nelpon ke temen gue dan tempelin ke kupingnya biar dia tau kalo gagang telepon itu bisa buat denger suara orang ngomong sama kita.

Eh.. besoknya pas kita bilang “Halo?” ke dia, dia langsung tempelin tangannya ke kuping loh kayak lagi telponan πŸ˜€

Cepet bener belajarnya ya anak-anak ini πŸ˜€

Tapi jadi harus lebih hati-hati juga karena itu artinya dia udah bisa niru apa yang kita lakuin. Susternya sempet nyanyi “Kalau kau senang hati, tepuk tangan…” trus Reia kan bakal tepuk tangan karena udah tau. Nah pernah kapan itu susternya pas lagi suapin dia sambil nyanyi, jadi satu tangan megang mangkok, satu tangan lagi susternya tepuk-tepuk paha dia sendiri sebagai gantinya tepuk tangan. Eh malemnya pas kita nyanyiin lagu itu lagi, Reia tepuk-tepuk paha aja dong. Hahahaha.

Udah makin pinter jalan sambil dorong box yang ada rodanya. Ato dorong kursi. Tapi tetep belom bisa berdiri tanpa pegangan, entah ga pede entah apa. Kalo ada senderan di belakang sih dia masih bisa.

IMG_3291

Paling seneng diajak maen kejar-kejaran, dia bakal merangkak kabur sambil cekikikan seru. Demen ngaca juga, kalo dipakein bando ato apa gitu, dia bisa ngaca sambil cekikan ato senyam senyum πŸ˜€

Kalo makan kayaknya cuma semangat di awal-awal doang lol, setelah beberapa suap pinter mangap mangap, suapan-suapan selanjutnya udah kudu entertain dia entah kasih mainan ato ngajak becanda.

IMG_3833

Ngga berasa sebulan lagi udah genap setahun. Lucunya, dulu pas dia masih newborn trus gue ngobrol sama buibu yang anaknya umur setaun, gue ngerasa umur setaun itu udah gede. Nyatanya pas sekarang Reia udah mau setaun, gue ngerasa dia tetep aja baby banget hahahaha.

IMG_4071

 

 

 

 

21

Mireia 9-10 Bulan

Gigi nambah 2 di atas hehe, jadi sekarang ada 4 gigi atas dan 2 gigi bawah.

IMG_2212

Galaknya makin menjadi, udah bisa nyaut balik kalo diomelin hahaha. Seringnya sih dia ‘berantem’ sama koko. Kalo gue yang ngomelin, dia biasanya langsung manja gitu mewek-mewek sok sedih. Cih. Tau aja mama lemah sama muka sedihmu hahaha.

Yang tadinya masih enjoy merayap, sekarang udah mulai sering merangkak. Menjelang 10 bulan udah makin jago merangkak.

IMG_2812

Kadang-kadang bisa turun tempat tidur kaki duluan kalo diingetin, “Kaki duluaaannnn, jangan kepala duluan tar nyungseeepp”. Trus kalo udah sukses kaki duluan, dia bakal ngeliatin kita sambil nyengir lebar semacam bangga sama diri sendiri ato amazed sama dirinya sendiri, entahlah bener apa ngga karena ini hanya asumsi mamaknya saja huahaha.

Makannya on off on off. Kadang anteng kadang rewel kadang pinter ngunyah kadang pinter ngemut. Suka-suka mireia sajaaa~

Kalo dipanggil seringnya nengok, tapi kalo lagi asyik ya sebodo amat sih. Huahahaha.

Kena batuk pilek lagi kedua kalinya dan pertama kali di-uap di RS. 70% nangis, sisanya diem karena distracted. Β Trus batuk pileknya nepa aja dong ke gue -_-”

Macam mana sih emak anak sakit barengan sementara susternya mulai cuti lebaran hufh.

Menjelang 10 bulan ini, dia udah bisa sayang-sayang dengan cara nempelin pipi ke benda ato orang. Semacam mau bobo gitu lol. Gemats deh. Segala macem disayang sama dia, mulai dari boneka, gambar kucing di buku, sampe-sampe waktu lagi mau ganti pampers aja dia ngambil pampers barunya buat disayang huahahaha.

IMG_3292

Lagi sayang-sayang bebek

Nah yang aneh tapi nyata adalah… dia gak mau sayang bapaknya. HAHAHAHA.

Gue ampe jadi kasian sama koko. Berkali-kali diminta sayang papanya, dia tetep ga mau. Si koko sampe meluk-meluk dia yang mana malah didorong aja loh sama anaknya. Hadeh. Ada apa ini nak? Apa kamu sadar kalo bapakmu bukan si engkoh-engkoh sipit ini? Kamu tau bapakmu sebenernya Hugh Jackman ya? Gimana, apa kita susul aja bapakmu yang sebenernya itu? *mamaknya makin delusional*

Bisa nolak minum obat. Yawlaaa ngasih Reia minum obat kayak mau nyiksa dia. Udah bisa nyembur. Udah bisa berontak teriak-teriak nangis kejer. Padahal obatnya manis! (gue cicipin hehehe)

Udah bisa berdiri tanpa pegangan selama beberapa detik. Tapi jarang. Muahaha. Keseimbangannya belum mantep, jadi masih gampang oleng kalo berdiri. Kakinya juga masih suka jinjit, bukan full napak.

IMG_2361

Reia genap 10 bulan pas hari pertama Idul Fitri. Nah malem takbirannya itu kita nginep semalem di daerah Kelapa Gading, staycation pertama Reia πŸ˜€ Jadilah dua hari dari 24-25 Juni itu kita bertiga maen di MKG doang huahahaha.

IMG_2810

Tapi cukup seru, Reia kita ajak cobain maen di Timezone naik sejenis wahana yang masukin koin (sekarang gesek kartu hahaha) trus gerak-gerak selama sekian menit. Apa ya itu namanya, mau disebut kapal-kapalan, ga semuanya bentuk kapal. Ada yang bentuk mobil, kuda, ampe doraemon hahaha. Reaksi Reianya sendiri… takut πŸ˜€

IMG_2823

Kalo udah gerak, dia langsung panik dan buru-buru minta digendong. Lol. Ntar udah gedean dikit bisa-bisa malah nagih naik ginian loh Rei πŸ˜›

Trus tadinya rencana kan mau gue ajak berenang, tapi dia pilek hiks. Rencana mama gagal deh 😦

Meskipun ga ampe gagal total karena tetep aja gue ajakin cemplung-cemplung kaki di kolam renang lol. Trus maksa banget sebelum mandi, berendem air anget dulu di bathtub pake baju renang dan pelampung huahahahaha.

IMG_3289

IMG_3131

Gue kadang suka berasa nih anak kok kayaknya udah bisa bilang “Nggak!” tapi kadang dia kayak ngerti, kadang kok nggak ngerti. Jadi misalnya ditanya, Reia mau pupup ngga? Dia bisa berontak gitu sambil ngomong “Nggak!” tapi lagi maen sendiri juga bisa tau-tau bilang “Nggak.” semacam babbling gitu.

Hmmm jadi sebenernya dia ngerti ngga yaaaa hahaha.

IMG_3158

13

Mireia 7-9 Bulan

 

7-8 Bulan

Di hari genap 7 bulan, Reia pertama kali jatoh dari tempat tidur huhuhu. Gegara mamanya lagi nyari celana di lemari, tau-tau gedebuk! Pas ngeliat, anaknya udah tengkurep di lantai. Jeda beberapa detik, baru nangis kenceng deh dia 😦 Padahaaaalll hari itu udah rencana mau turunin tempat tidur. Eh keburu jatoh dulu anaknya *tepok jidat* *jidat koko*

Ikutan mama ke kantor lagi karena mertua lagi keluar kota. Dua hari berturut-turut. Cape euy hahaha. Mesti kerja sambil lari bolak balik buat nyusuin dan ngecekin dia, padahal udah bawa suster loh. Hufh.

IMG_0890

Pertama kali ikut misa Minggu Palma. Sepanjang misa melambai-lambaikan dan ngeremes daun palma dengan heboh hahahaha. Lucu deh ih ngeliatnya.

IMG_1015

Mulai bisa babbling yeyeyeye, mamama, babababa, kalo lagi makan juga bisa ngomong nyamnyamnyam. Simpel tapi kok buat gue gemesin banget hahaha. #mamakbias

Mulai agak susah tidur siang, suka maksa ga mau tidur dan ngeliat ini itu padahal isi kamar perasaan itu-itu doang. Tapi kok ya kayaknya semuanya menarik perhatian dia.

Bisa berdiri beberapa detik sambil pegangan, di baby box juga mulai narik-narik diri sendiri untuk berdiri. Kayaknya tangan dia bakal berotot deh huahahaha πŸ˜›

Mulai tumbuh dua gigi atas juga. Yang mana gigi atasnya ini.. hm…. ada spasinya. HUAHAHAHA. Alias ada teeth gap gitu.Β Mudah-mudahan nanti gigi yang baru bakal rapet deh lol.

MPASI naik tekstur,Β ga pake saring/blender lagi.Β Daging dicincang, sayur awalnya masih gue saring tapi trus setelah nanya ke grup mami2 muda nan kece, akhirnya sayur gue cacah halus aja. Ternyata reia bisa-bisa aja makanΒ sayur yang dicacah halus, jadi bye-bye saring-saring-sayur-ampe-pergelangan-tangan-pegel. I won’t miss youuu hahhaa

Frekuensi makan juga naik, pagi gue kasih buah campur oatmeal, atau buah doang kalo menurut gue buahnya ngenyangin (misal alpukat campur pepaya). Siang dan sore bubur. Selingannya tetep asip.

IMG_1343

8-9 Bulan

Agak kurusan, terutama pipinya yang tumpe-tumpe sekarang ya biasa aje hahaha. Tapi masih agak double chin dan paha masih gede bener huahaha. Sempet berasa kok kayaknya diaper ukuran tape-L jadi kegedean di dia, sekitar seminggu kemudian ternyata balik ngepas lagi. Asumsinya karena dia melalui proses penyesuaian gue balik kerja (gue sempet cuti hampir dua minggu full ngurus dia karena suster berhenti mendadak) yang mana minum susunya jadi drop, ga sampe 100 ml tiap minum 😐

 

Mulai makin mantep berdiri sambil pegangan, pas udah 8,5 bulan, mulai bisa merambat di baby boxnya.

Udah bisa tepuk tangan.

Makin sering onggong-onggong dan akhirnya bisa merangkak beberapa langkah tapi trus balik merayap lagi kayak cicak hahaha. Seiring perkembangan angkat badan posisi merangkak, dia bisa duduk sendiri juga tanpa bantuan πŸ˜€ Pas gue pertama kali ngeliat dia merangkak, gue heboh sendiri sampe bilang well done baby, good job!Β berkali-kali. Eh trus dia duduk sendiri dan cengengesan sambil tepuk tangan.

I was bursting in joy. Hahahaha semudah itu ya bikin seorang mamak bahagia πŸ˜€

 

Kayaknya mulai teething lagi tapi gue belum tau gigi belah mana yang bakal nongol hahaha. Trus karena terpengaruh sama review fanny di grup akhirnya latah beli kalung amber yang konon katanya bisa membantu mengurangi sakit, rewel serta iler pas teething. Entahlah bakal beneran membantu apa ngga.Β I got my fingers crossing.Β Hehe πŸ˜€

Kalo dikasih biskuit milna gitu, mulai bisa nikmatin dan makan sendiri. Meskipun tetep berusaha diketok-ketok ke meja juga sih hahaha. Alhasil kalo makan biskuit ga pernah gue kasih pas makan di rumah, berantakan euy. Waktu gue coba potong pisang mas jadi beberapa bagian untuk dia comot sendiri, eh dia malah ga mau makan. Cuma dimaenin doang.

IMG_1380

Giliran yang boleh dimakan malah dimaenin. Giliran yang buat dimaenin doang macem boneka gitu malah dijilat dan digigitin. Hih *cubit gemats*

πŸ˜›

Sometimes I look back and I can’t believe she’s a lot bigger that she used to be.

Padahal dia bahkan belom setahun hahahaha. Ih mellow bener sih Olip.

Tapi gue jadi mikir… gimana perasaan orang tua kita pas ngeliat kita kawin yah? πŸ™‚

IMG_1661

Sempet nemu empeng yang dulu gue beli pas dia newborn, ga kepake karena anaknya ga mau. Nah karena sekarang dia suka mouthing, jadi iseng gue kasih tuh empeng. Pas gue coba sodorin bagian dotnya sih dia ngenyot, nyot nyot nyot. Tapi cuma bentar langsung dia keluarin lagi, trus… dia malah berusaha gigit bagian belakangnya. Hahaha. Dikasih beberapa kali, tetep gigit-gigit bagian belakang, kayaknya dia ga ngerti cara menikmati empeng hihihi.

IMG_2094

Ohya karena pas 9 bulan lewat kemaren ini vaksin campak jadi tau BB ama TBnya lol. *team mak-mak yang cuma nimbang pas ke dokter*

Beratnya 8,9 kg dan tinggi/panjangnya 69 cm. Selama 3 bulan sejak mulai MPASI berarti dia naik kurang lebih 200an gram setiap bulan.

Si koko dongg.. giliran dulu anaknya chubby, dia kuatir kegendutan. Sekarang BB anaknya ideal, eh dia bilang ke Reia “Minum susu yang pinter.. yang banyak… tuh pipimu udah kurusan tuhhh..”

Dih maunye ape sih. Hahahahaha πŸ˜€

IMG_2209