13

Mireia 7-9 Bulan

 

7-8 Bulan

Di hari genap 7 bulan, Reia pertama kali jatoh dari tempat tidur huhuhu. Gegara mamanya lagi nyari celana di lemari, tau-tau gedebuk! Pas ngeliat, anaknya udah tengkurep di lantai. Jeda beberapa detik, baru nangis kenceng deh dia ๐Ÿ˜ฆ Padahaaaalll hari itu udah rencana mau turunin tempat tidur. Eh keburu jatoh dulu anaknya *tepok jidat* *jidat koko*

Ikutan mama ke kantor lagi karena mertua lagi keluar kota. Dua hari berturut-turut. Cape euy hahaha. Mesti kerja sambil lari bolak balik buat nyusuin dan ngecekin dia, padahal udah bawa suster loh. Hufh.

IMG_0890

Pertama kali ikut misa Minggu Palma. Sepanjang misa melambai-lambaikan dan ngeremes daun palma dengan heboh hahahaha. Lucu deh ih ngeliatnya.

IMG_1015

Mulai bisa babbling yeyeyeye, mamama, babababa, kalo lagi makan juga bisa ngomong nyamnyamnyam. Simpel tapi kok buat gue gemesin banget hahaha. #mamakbias

Mulai agak susah tidur siang, suka maksa ga mau tidur dan ngeliat ini itu padahal isi kamar perasaan itu-itu doang. Tapi kok ya kayaknya semuanya menarik perhatian dia.

Bisa berdiri beberapa detik sambil pegangan, di baby box juga mulai narik-narik diri sendiri untuk berdiri. Kayaknya tangan dia bakal berotot deh huahahaha ๐Ÿ˜›

Mulai tumbuh dua gigi atas juga. Yang mana gigi atasnya ini.. hm…. ada spasinya. HUAHAHAHA. Alias ada teeth gap gitu.ย Mudah-mudahan nanti gigi yang baru bakal rapet deh lol.

MPASI naik tekstur,ย ga pake saring/blender lagi.ย Daging dicincang, sayur awalnya masih gue saring tapi trus setelah nanya ke grup mami2 muda nan kece, akhirnya sayur gue cacah halus aja. Ternyata reia bisa-bisa aja makanย sayur yang dicacah halus, jadi bye-bye saring-saring-sayur-ampe-pergelangan-tangan-pegel. I won’t miss youuu hahhaa

Frekuensi makan juga naik, pagi gue kasih buah campur oatmeal, atau buah doang kalo menurut gue buahnya ngenyangin (misal alpukat campur pepaya). Siang dan sore bubur. Selingannya tetep asip.

IMG_1343

8-9 Bulan

Agak kurusan, terutama pipinya yang tumpe-tumpe sekarang ya biasa aje hahaha. Tapi masih agak double chin dan paha masih gede bener huahaha. Sempet berasa kok kayaknya diaper ukuran tape-L jadi kegedean di dia, sekitar seminggu kemudian ternyata balik ngepas lagi. Asumsinya karena dia melalui proses penyesuaian gue balik kerja (gue sempet cuti hampir dua minggu full ngurus dia karena suster berhenti mendadak) yang mana minum susunya jadi drop, ga sampe 100 ml tiap minum ๐Ÿ˜

 

Mulai makin mantep berdiri sambil pegangan, pas udah 8,5 bulan, mulai bisa merambat di baby boxnya.

Udah bisa tepuk tangan.

Makin sering onggong-onggong dan akhirnya bisa merangkak beberapa langkah tapi trus balik merayap lagi kayak cicak hahaha. Seiring perkembangan angkat badan posisi merangkak, dia bisa duduk sendiri juga tanpa bantuan ๐Ÿ˜€ Pas gue pertama kali ngeliat dia merangkak, gue heboh sendiri sampe bilang well done baby, good job!ย berkali-kali. Eh trus dia duduk sendiri dan cengengesan sambil tepuk tangan.

I was bursting in joy. Hahahaha semudah itu ya bikin seorang mamak bahagia ๐Ÿ˜€

 

Kayaknya mulai teething lagi tapi gue belum tau gigi belah mana yang bakal nongol hahaha. Trus karena terpengaruh sama review fanny di grup akhirnya latah beli kalung amber yang konon katanya bisa membantu mengurangi sakit, rewel serta iler pas teething. Entahlah bakal beneran membantu apa ngga.ย I got my fingers crossing.ย Hehe ๐Ÿ˜€

Kalo dikasih biskuit milna gitu, mulai bisa nikmatin dan makan sendiri. Meskipun tetep berusaha diketok-ketok ke meja juga sih hahaha. Alhasil kalo makan biskuit ga pernah gue kasih pas makan di rumah, berantakan euy. Waktu gue coba potong pisang mas jadi beberapa bagian untuk dia comot sendiri, eh dia malah ga mau makan. Cuma dimaenin doang.

IMG_1380

Giliran yang boleh dimakan malah dimaenin. Giliran yang buat dimaenin doang macem boneka gitu malah dijilat dan digigitin. Hih *cubit gemats*

๐Ÿ˜›

Sometimes I look back and I can’t believe she’s a lot bigger that she used to be.

Padahal dia bahkan belom setahun hahahaha. Ih mellow bener sih Olip.

Tapi gue jadi mikir… gimana perasaan orang tua kita pas ngeliat kita kawin yah? ๐Ÿ™‚

IMG_1661

Sempet nemu empeng yang dulu gue beli pas dia newborn, ga kepake karena anaknya ga mau. Nah karena sekarang dia suka mouthing, jadi iseng gue kasih tuh empeng. Pas gue coba sodorin bagian dotnya sih dia ngenyot, nyot nyot nyot. Tapi cuma bentar langsung dia keluarin lagi, trus… dia malah berusaha gigit bagian belakangnya. Hahaha. Dikasih beberapa kali, tetep gigit-gigit bagian belakang, kayaknya dia ga ngerti cara menikmati empeng hihihi.

IMG_2094

Ohya karena pas 9 bulan lewat kemaren ini vaksin campak jadi tau BB ama TBnya lol. *team mak-mak yang cuma nimbang pas ke dokter*

Beratnya 8,9 kg dan tinggi/panjangnya 69 cm. Selama 3 bulan sejak mulai MPASI berarti dia naik kurang lebih 200an gram setiap bulan.

Si koko dongg.. giliran dulu anaknya chubby, dia kuatir kegendutan. Sekarang BB anaknya ideal, eh dia bilang ke Reia “Minum susu yang pinter.. yang banyak… tuh pipimu udah kurusan tuhhh..”

Dih maunye ape sih. Hahahahaha ๐Ÿ˜€

IMG_2209

13

Mireia’s 3-5 Months

Kali ini cukup 2 bulan aja, ga borongan ampe 3 bulan ๐Ÿ˜›

Mireia’s first quarter bisa dibaca di sini.

3-4 BULAN

Pertama kali Reia kena alergi. Kayaknya karena gue makan udang yang ga fresh, soalnya gue sebenernya udah pernah hajar makan ikan, udang, kepiting dan cumi sejak Reia baru 2 bulan. Dan dulu Reia ga kenapa-kenapa hehehe.

Mulai makin sering ngakak.

Bisa diliat di instagram gue @olivivia3 video dia ngakak karena maen cilukba ama si koko ๐Ÿ˜€

Pertama kali batuk pilek juga. Duh gue sedih bukan main, berasa kok bisa-bisanya anak kena batuk pilek padahal kan full asi. Bukannya bayi full asi itu daya tahannya bagus ya katanya? ๐Ÿ˜ฆ

Tapi yang namanya virus ya mau gimana lagi. Emang lagi musim juga sih, di kantor pada batuk pilek semua.

Gue mulai balik ngantor. Apakah ada perasaan kangen anak? Ada, tapi ga lebay. Ga ampe telpon-telpon ke rumah melulu gitu. Ga mellow kepikiran anak terus juga.

Soalnya… perasaan mellow udah dirasain sejak dia sebulanan hahaha. Saat gue udah ga dipingit lagi, gue dan koko langsung capcus ke mall buat nonton. Jadi meskipun gue masih cuti melahirkan, tapi gue udah ngerasain mellow ninggalin anak di rumah hahaha ๐Ÿ˜›

Pertama kali Reia diajak berenang dan pijat baby di Mom n Jo PIK. Gue cukup suka service di Mom N Jo. Biaya untuk baby swimming + massage 275 ribu. Sebelum berenang, ditimbang dan dicek suhu badan dulu. Ditanyain juga apakah ada hal/kondisi yang perlu diperhatikan oleh terapisnya.

Handuk udah disediakan dari Mom N Jo. Wajib pakai kaos kaki untuk masuk ke ruangannya. Kalo kita lupa bawa, mereka udah sediain kaos kaki untuk kita. Tapi bayar dong kakaakkk hahaha. 25 ribu kalo ga salah.

Satu kamar untuk satu bayi. Interiornya beda-beda tiap kamar.

img_8433

Pengalaman pertama ini bisa dibilang cukup gagal karena Reia ngantuk dan laper huahaha. Salah gue ga nidurin dan nenenin dia dulu sebelum berenang. Alhasil 2/3 dari waktu berenangnya nangis lol. Sisanya gue distract supaya dia bisa nikmatin berenangnya tapi… gimana ya namanya juga orang ngantuk, mamihhh ๐Ÿ˜›

img_8429

Pemanasan sebelum berenang

Massageย nya lumayan, soalnya dia dipijet sambil nemplok nenen sama gue. Jadi ya otomatis kalem-kalem aja, ketiduran ๐Ÿ˜€

Pertama kali juga menang giveaway loh di IG hahaha *tebar confetti* Thank you @littleattire. Sayang ampe sekarang belum ketemu momen pas untuk dia pake bandananya.

img_8586

Mulai makin heboh ngenyot tangannya. Ngencesnyaaaa ampun-ampunan. Jadi sekarang kemana-mana pake bib alias slaber alias tatakan iler, lol. Bahkan di rumah aja pake. Daripada ganti baju mulu karena basah oleh iler, mending ganti bib deh ๐Ÿ˜€

img_8347 img_8189

Suntikan BCG mulai keliatan ‘mata’nya saat dia 3,5 bulan. Sekitar sebulanan setelah vaksin.

img_8402

Ga gue apa-apain. Beberapa hari kemudian pecah sendiri dan akhirnya berbekas sampe sekarang. Mudah-mudahan makin gede bekasnya ilang sendiri.

Saat dia genap 4 bulan, pas hari Natal ๐Ÿ˜€

img_8628

4-5 BULAN

First Christmas!

Pertama kali juga gue ajak ngumpul sama keluarga besar gue ๐Ÿ˜€ Langsung jadi pusat perhatian karena ngegemesin (self-proclaimed oleh mamanya lol)

img_8671

img_8676

Ipho Imel dan Ipho Elisa paling semangat ๐Ÿ˜€

img_8665

Si little elf sama suster W

Lumayan banyak yang nanyain soal suster alias babysitter ke gue. “Susternya dari yayasan mana?”

Mohon maaf gue ga bisa bantu banyak karena suster gue ini kebetulan bukan dari yayasan, ini susternya temen koko – yang memutuskan ga pake suster lagi karena istrinya resign. Jadi tanpa pake balik yayasan dulu, nih suster udah gue book buat Reia.

Gue berharap banget bisa pake suster ini karena rumahnya deket rumah gue, jadi bisa pulang hari. Si suster kerjanya jam 8-17 saat weekend. Kalo weekday, dari jam 8 pagi dan pulangnya nunggu gue pulang sampe rumah dulu, sekitar jam 7 malem. Jadi malem gue tetep handle Reia sendiri. Saat weekend juga biasanya gue handle Reia sendiri, sus sifatnya membantu aja. Dalam sebulan, ada satu kali weekend (Sabtu Minggu) suster cuti. Sejauh ini masih baik-baik aja dan gue pun lumayan cocok sama si sus. Mudah-mudahan untuk seterusnya si sus bisa awet kerja sama gue dan koko ๐Ÿ™‚

Reia mulai bisa tengkurap sendiri di umur 4 bulanan. Tapi baru bisa ke sisi kanan doang. Sampe sekarang belum bisa ke sisi kiri. Huahahah ๐Ÿ˜€

Kalo udah tengkurap, mulai bisa mundur-mundur juga. Niatnya sebenernya maju ke depan, tapi jadinya malah mundur. Hahaha.

img_9046

Sekitar hampir dua minggu setelah bisa tengkurap sendiri, dia bisa terlentang sendiri tapi masih accidentally. Hahaha. Jadi sesekali aja kayak ga sengaja eehhh tau-tau terlentang ๐Ÿ˜›

Mulai mau anteng bobo di dalem ergo. Tapi kalo di stroller, cuma bisa bobo sebentar trus sekitar 10-20 menit kemudian bangun. Kadang malah baru di taro di stroller udah langsung bangun. Ga terlalu suka tidur telentang sih, tapi gimana caranya tidurin tengkurap di dalem stroller, sayangggg ๐Ÿ˜›img_8877

img_8720

Ngocehnya makin pinteerrr. Ngomelnya juga makin pinter huahahahaha ๐Ÿ˜› Udah bisa teriak-teriak excited dan teriak-teriak karena kzl.

Udah bener-bener ngenalin gue. Kalo ngeliat gue pulang, langsung ketawa hepi. Kalo lagi nangis rewel pas digendong orang lain, trus ngeliat gue dan akan gue gendong, bisa langsung diem karena ngerti bakal gue gendong.ย Kalo lagi nangis rewel mau nenen, trus gue ambil posisi mau nenenin, dia juga udah ngerti. Bisa diem nungguin.

Bosenan. Contohnyaย papanya becanda pake trigger word “Prot prot prot”, awal-awal pas denger, dia ketawa lebar. Kedua kali, dia ketawa agak lebar. Ketiga kali dia mulai ketawa biasa aja ato senyum heee gitu doang. Selanjutnya dia mulai natap datar meski diulang-ulang. Huahahahahahahah ๐Ÿ˜€

Anak siapa sih iniii gemesin amat.

img_9056

Kenaikan berat badan mulai ga heboh-heboh banget ๐Ÿ˜€

Oh ya sempat ga pup 2 minggu juga lol. Anehnya dia dia tetep ceria, perut ga kembung, ga keras, dokter juga bilang ga ada yang aneh. Tapi tetep dikasih microlax dan akhinrya pup buanyaaak. Selama seminggu dikasih liprolac berupa kuman hidup untuk memperbanyak kuman baik di flora ususnya dan obat tetes untuk bantu kelancaran pup. Tapi… tidak membantu lol. Tetep aja pupnya 3-6 hari sekali.

Berhubung masih full asi, jadi kata dokter gak apa-apa deh selama perutnya ga keras ato tegang dan anaknya juga hepi-hepi aja, aktif-aktif aja ๐Ÿ˜€

Ngencesnya makin menjadi jadi hahaha. Mulai bisa ngenyot jari tangan tapi bukannya jempol dia malah lebih sering isep telunjuk. Ato kadang maruk 3 jari sekaligus, jari telunjuk, jari tengah ama jari manis. Duileh satu-satu juga gak apa-apa kali, ga ada yang ngambil jarinya ๐Ÿ˜›

Menjelang 5 bulan, gue cobain Reia buat duduk posisi tripod. Eh ternyata bisa! Dia bisa bertahan sekian detik sebelum akhirnya oleng dan jatoh hahaha.

 

 

Foto genap 5 bulannya agak telat jadi ntar masuk postingan 5-6 bulan ya mihihi ๐Ÿ˜›

Sebagai pengganti foto 5 bulanan, gue pamer kasih liat fotoย the cutest bear on earth:
(Lebay tingkat dewa hahaha, biarinlah yhaaa, aku kan sekarang bergabung dalam komunitas #mamakbias huahahaha)

Gimana, gimana, lucu khan khan khan sharukkhan?

Meskipun difoto pas lagi ngantuk dan rewel-rewel mau tidur, tetep aja lucu. Pasti nurun dari mamanya deh ini lucunyaaaa.

*sediain ember buat yang perutnya eneg seketika*

๐Ÿ˜›

IMG_8844