38

Setelah Kenal Takut Tak Sayang

Ketauan banget ga ada kerjaan ya ampe bikin beginian lagi? Huahahaha 😛

Berhubung dikomen beberapa temen kalo postingan gue sebelum ini kurang seru karena cuma kayak lagi isi biodata *lirik mira. Lol*, gue bikin postingan ini deh untuk kasi tau beberapa fakta tentang gue yang.. hm.. bikin gue malu karena berupa aib menurut gue dan yang bikin gue malu karena emang malu-maluin hahaha.

  1. Waktu kuliah, gue dan temen-temen sekelas bisa pada nonton video bokep. Selain di kelas, di kostan juga bisa rame-rame nonton bokep di ruang tamu. HAHAHAHA. Aduh mati malu banget dah nulis ini. Maklum isinya perempuan semua sih ya, jadi pada ga pake malu-malu segala dah. Trus kalo lagi nonton gitu, kita sambil bahas. Ih kayaknya sakit yah. Kalo dibegini-beginikan itu ntar bisa gini ga sih? *isi sendiri aja begini begininya huahahah* Yah pokoke dibahas lah lol. Dan biasanya dvd bokep itu beredar dari satu kostan ke kostan lain, gue masih inget kostan gue dapet operan dvd bokep Miyabi 7 episode (7 keping dvd!!). Gue nonton ga sampe 5 menit trus ilfil, sampe sekarang gue ga demen ngeliat si Miyabi hahaha.
  2. Masih berkaitan sama dunia perbokepan (LOL!), waktu kuliah, temen gue ada yang sakit hati sama mantannya karena mantannya ternyata punya pacar lain di Bandung (dan temen gue ini ternyata justru si selingkuhan, tanpa dia ketahui). Saking sakit hatinya, dia minta gue bantu ngehack FB si mantan. Kita masukin foto-foto bokep gitu ke FB nya tuh cowok, kebetulan dapet foto-foto yang size badan pasangan di foto mirip banget sama size badan mantannya & si pacar Bandung itu. Jahat yeh. Tapi waktu itu berasanya kayak “SUKURIN LO!” gitu hehehe *senyum meringis nahan malu*
  3. Bahasa inggris gue pas-pasan dan terkadang masih suka ngaco grammarnya. Tapi… gue suka jadi Grammar Nazi. Huahahaha. Maafkan yah. Padahal biasanya orang-orang kan pada sebel ya sama grammar nazi, tapi gimana dong, kadang gemes aja. Grammar dan punctuation itu penting loh. It’s knowing “Your shit” atau “You’re shit” 😛 atau misalnya “Menurut kabar burung Tono sakit” bisa jadi 2 arti berbeda kan kalo tanpa koma. Huahahah. Tapi oh tapi.. gue sendiri masih suka salah juga mihihihi. Ga tau malu yeh koreksi orang lain padahal sendirinya tak sempurna. Tapi ya…. seperti yang kita ketahui bersama, kesempurnaan itu hanya milik Allah, kawanku. (AIH SYEDAAAPPP) hahahaha
  4. Gue ceroboh banget. Gue selalu serem kalo ngelewatin area barang pecah belah. Ngeri kesenggol. Ini juga salah satu alasan gue belom berani belajar bawa mobil. Lah gimana mau bawa mobil, bawa badan sendiri aja suka nubruk sana sini. Misalnya gue mau ngelewatin jarak antara orang yang lagi duduk sama meja di belakangnya. Gue yakin banget gue bisa ngelewatin tuh jarak tanpa bersentuhan sama meja maupun sama orang yang lagi duduk. Tapi taunya nubruk salah satu. Bahkan saat jalan di jalan yang lebar aja, gue bisa nyenggol orang lain. Huahahaha. Yang disenggol kesel kali ya, gile jalan segini gedenya masih aja nabrak gue! Lol. Maafkan, abis gue kok berasanya ga bakal kenaaaa, tapi kok ya kena juga 😛 Trus kalo megang barang juga bisa tau-tau jatoh. Jalan di jalanan mulus tau-tau kesandung. Aneh ya. Hahaha.
  5. Waktu kelas 1 SD pernah dapet nilai nol pas ujian, trus biar ga ketauan tuh kertas ujian gue lipet jadi pesawat-pesawatan dan gue terbangin keluar jendela bus jemputan. Bodohnya, itu gue lakukan pas bus lagi ngetem di sekolahan nungguin temen-temen gue yang lain. Jadinya diambil sama si om sopir dan dikasih ke bokap nyokap. Habis deh abis itu gue disabet pake iket pinggang bokap. Lol.
  6. Sering berada dalam situasi mau comblangin orang ato bantuin temen (cewek maupun cowok) jadi perantara antara dia dan gebetannya, tapi ujung-ujungnya si cowok malah jadi suka sama gue. Gue ampe pernah dimusuhin temen cewek karena ini, dan pernah juga jadi disebelin sama gebetannya temen gegara si gebetan ini sebenernya udah suka juga sama temen gue (cowok) eh tapi kok temen gue malah belok, jadinya mau sama gue ajah. Dan.. psstt.. dulu si koko juga sebenernya mau gue comblangin sama bff gue. HAHAHAHA. Duh malu. Tapiiii kalo si koko dari awal emang udah naksir gue kookkk. Hahahaha. Jadi emang gagal deh usaha buat comblanginnya. Trus sejak sama si koko, dia ga kasih gue jodoh-jodohin ato comblang-comblangin orang lagi. Bahaya, katanya. Hahahaha.
  7. Suka bacain plot film di Wikipedia. Apalagi yang horor-horor gue ga berani nonton macam Saw, The Exorcist, dll. Jadinya gue bacain aja jalan ceritanya kayak apa. Trus kalo ngobrol sama orang, bisa ikutan kayak gue beneran ngerti dan nonton, padahal cuma baca plotnya doang. Hihihi. Padahal gue ga mungkin banget nonton film horor maupun slasher karena gue takut. Gue paranoid sama yang serem-serem karena suka ngebayangin yang kagak-kagak di dalem otak. Misalnya lagi mandi trus shampooan sambil merem, bisa tau-tau ngebayangin, duh pas buka mata bakal ada muka serem ancur-ancur berdarah gitu ga ya mandangin gue persis di depan muka gue? Trus takut sendiri. Trus pas buka mata, sampe ndongak ngeliat ke langit-langit juga mastiin ga ada cewe berambut pajang merayap di atas langit-langit. HUAHAHAHAAHA. Iyah. Gue segitu parnonya. Itu ga pake nonton loh. Ga pake nonton aja begitu. Apalagi nonton cobak. Hih. Syeram.
  8. Ga terlalu bisa berada di ketinggian karena berasa mau jatoh. Oke ini biasa. Banyak orang yang begitu. Tapi yang agak tidak biasa adalah, gue kalo berada di tempat tinggi kudu ada pagar batesan minimal setinggi dada. Kalo yang di bawah itu, misalnya sepinggang doang pagernya, gue ga berani deket-deket. Jadi kalo di mall yang pagernya rendah, gue pasti jaga jarak. Ato kalo gue maksa jalan deket itu pun pasti gue deg-degan. Kenapa? Soalnya gue berasa gue pengen loncat. Hehe. Aneh ya. Gue malu loh mengakui ini hehe. Freak banget yak. Entah napa gue ngerasa kayaknya ada dorongan aja gitu berasa pengen ‘coba-coba’ untuk terjun ke bawah. Hehe. Hehehe. Hehehehehehe plis jangan bilang gue freak meskipun ini freak. Please. Setidaknya bilang dalem hati aja yaaa hahaha 😛
  9. Pernah bikin mati seekor kura-kura. Peliharaan by accident karena dia nyasar depan rumah gue dan tetangga bilang ga ada yang tau punya siapa. Akhirnya gue piara. Awal-awal excited. Lama-lama bosen soalnya kura-kura kan gitu aja yah. Ga bisa diajak maen kayak anjing. Trus karena bego miaranya, gue taro dia ke dalem kotak sempit yang cuma seukuran badannya aja, dan diisi air. Gue masih SD deh kalo ga salah waktu itu. Trus melupakan dia akhirnya. Tau-tau pas gue liat lagi, udah tinggal cangkangnya doang, badannya kayak ancur gitu kerendem dalem air 😦 Sampe sekarang gue masih bersalah banget dan bertekad suatu hari nanti mau pelihara kura-kura dengan baik dan benar sebagai penebusan rasa bersalah gue. Tapi belom kesampean. Sorry, Sunday. Sorry for not treating you well. Sorry for being so stupid. Sorry for insisting to have you as pet but forgot your existence. Sorry for not learning that you actually a land tortoise that didn’t need to live in water. Sorry that you have to went through all the agony I caused you. Sorry 😦
  10. Drama queen. Drama beud. Lol. Gue bisa melebay-lebaykan suatu hal untuk cari perhatian koko. Hahahahaha. Apalagi gue suka banget diperhatiin dan disayang-sayang, jadi kalo gue ngerasa koko kurang perhatian ato kurang sayang-sayang gue, pasti mulai deh gue bertingkah dan drama. Hahahaha maap yah ko. Bear with me for the rest of your life yaaahhh 😛

Oke 10 aja deh. Kalo makin banyak tar gue semakin merasa ditelanjangi. Aw malu.

Hahahah. Tapi beneran loh, gue merasa malu nulis ini semua but somehow agak lega juga. Hehe. Weird huh.

Semoga sih udah tau ini semua tapi kalian tetep mau temenan sama gue yaaaa lol. But you know what, it takes a freak to be friends with another freak. Jadi kalo kita bisa cocok temenan… yaaahh kita tau sama tau aja lah yaaaa. HUAHAHAHAHA.

*lalu dijauhin semua orang*

LOL 😀

35

Tak Kenal Maka Tak Sayang – versi Olip

*tring*

Muncul karena di summon Ribka hahaha.

Bermula dari ratu blogger a.k.a Episapi yang ingin kita semua saling mengenal lebih baik, gue di tag Ribka yang di tag oleh Epoi. Semoga makin banyak yang ngetag kesana kemari biar makin bisa saling kenal ya *tebar kecup* *terima dong plis* *ga pake ilernya Reia kok*

So.. Here are 15 facts about Olivia D.

  1. Nama babtis gue Godeliva. Artinya  “Disayang Tuhan”. Kece ya? Gue pilih sendiri loh karena gue babtisnya pas SMP kelas 2. Tapi faktanya gue pilih tuh nama bukan karena artinya, melainkan karena gue nyari nama babtis yang berinisial G. Gegaranya saat SMP itu gue tergila gila sama penyanyi yang namanya Gareth Gates. Muahahahaha. Jadi demi nama samaan inisialnya ama si Gareth aja. Dulu ampe ada kliping tentang si bang Gareth segala, sekarang mah mendingan Garrett popcorn aja deh lol.
  2. Insecure. Like… Seriously super insecure. Untuk lebih jelasnya ada di blogpost gue ini.
  3. Ga bisa multitasking. Kalo lagi ngerjain satu hal yaudah kudu fokus di hal itu dulu, contohnya gue ga bisa telponan sambil bikin surat. Yang ada omongan gue jadi ngelantur ato hasil ketikan gue jadi ngaco. Lol.
  4. Suka baca manga alias komik jepang. Suka banget banget banget. Gue bisa diajak ngobrol berdasarkan pengarang yang gue favoritin kayak Ono Eriko, Kyoko Hikawa, Usami Maki, Maki Enjoji, Aoyama Gosho, Yoshihara Yuki, Yasuko, Nunoura Tsubasa, aaahhh aku cinta mangaaa hahaha. Tapi the best manga ever? One Piece by Eichiro Oda. BEST BANGET! Lol. Iya gue demen komik cowok juga, termasuk Kungfu Boy, Fight Ippo, Dragon Ball, dll hehehe.
  5. Kuliah di Akademi Sekretaris Tarakanita karena disuruh nyokap, biar cepet lulus (D3) dan bisa cepet kerja bantu ekonomi keluarga. Tapi alasan utama setuju kuliah di sono adalah karena dijanjikan ga ada mata kuliah itung-itungan angka muahaha. (Ternyata tetep ada mata kuliah basic accounting)
  6. Nama gue terinspirasi dari artis bernama Olivia Hussey. Kata bokap karena pas nungguin gue dilahirkan, bokap lagi nonton film yang dibintangi dia. Kalo kata nyokap, karena si Olivia Hussey ini artis tercantik (pada masanya). Bangga gitu kan gue. Trus gue dan cici gue search di google image, eh ada foto-foto doi lagi topless -_-” Dan menurut kita, dia ga cantik-cantik amat. Biasa ajeh. Ga jadi bangga deh gue. Hahaha.
  7. Suka makan udang. Tapi alergi. Lah cemana. Hahaha. Jadi dalam beberapa tahun sekali suntik untuk menekan reaksi alerginya (bentol-bentol gede dan gatel sekujur badan)
  8. Pernah kepengen nikah sama cowok yang ras nya afro-amerika. Menurut gue mereka ganteng.
  9. Tinggal di kota yang berbeda dengan cici dan nyokap. Cici gue di Surabaya, nyokap di Batam, gue dan adek gue di Jakarta. Semoga suatu hari bisa ngumpul semua tinggal di kota yang sama. Terutama gue, cici dan nyokap. (Adek mah melanglang buana aja, kita happy kalo dia bisa keliling dunia hehehe)
  10. Lebih suka Tangled (Rapunzel) daripada Frozen. I don’t really get Frozen Fever, what makes Frozen so special? Rapunzel is funnier.
  11. Muka jutek, mulut judes, suara kenceng kayak nelen toa, omongan suka kasar, ga peka dan nyinyir. Lengkap sudah paket untuk disebelin orang. Lol.
  12. Karena poin no. 11, ga punya banyak temen deket. Cuma beberapa aja yang bener-bener deket banget banget, dua di antaranya cici dan suami. *masukin aja biar agak banyak* hahahaha 😛
  13. Kalo makan soto dan bakso dan segala kuah dan sop, ga boleh pake kecap manis. Ga doyan. Merubah citarasa. Tapi kalo telor ceplok malah doyan pake kecap manis.
  14. Dulu waktu SD ga suka makan sayur dan kalo makan kudu satu macem lauk doang. Misal nasi sama ayam goreng doang. Ga boleh nasi, ayam goreng dan tempe tahu. Hahaha
  15. Hanya bisa tertawa karena merasa lucu. Ga bisa ketawa untuk menyelamatkan suasana. Gue berkali kali ketawa palsu dan berkali kali gagal. Contohnya boss cerita sesuatu yang seharusnya lucu, tapi gue ga ngerti. Tapi gue ketawa aja hahahahaha gitu, trs bos gue nanya “Kamu ngerti?” Gue cm bisa jawab dengan datar “Nggak.” Awkward ya lol. Gue kalo ketawa palsu keliatan banget dipaksainnya hahaha. Jadi sekarang kalo gue ga ngerasa lucu atau ga ngerti becandaannya, cuma senyum ato “Ehe” gitu doang ato terus terang bilang “Sorry I don’t get the joke :(“

Sudah merasa lebih kenal dekat dengan gue belum? *kedip kedip manja*

Hahaha.

Selanjutnya gue tag Diedie, Valin, Nola, Indri dan Ninie 😀

34

Panggilan Tas

Biasanya kalo manggil pasangan kan kita ada panggilan sayang tertentu ya, entah itu daddy kah, papi kah, sayang kah, honey kah, beib kah, ato bahkan myhoneybunnycutiepie.

Seperti yang terpampang jelas dan nyata di blog ini, gue manggil suami “Koko”.

Cukup banyak perempuan lainnya yang manggil pasangan mereka koko. Lebih banyak lagi yang manggil abangnya koko. Tapi yang paling banyak adalah yang manggil penjual handphone bermuka oriental dengan sebutan koko.

Nah karena begitu banyaknya koko-koko di dunia, alhasil di saat emergency seperti ini:

Situasi #1: Gue lagi gendong Reia di tengah supermarket. Terpisah dengan koko. Ga lama kemudian, ngeliat si koko lagi celingukan nyari kita tapi dia malah jalan semakin menjauh sambil ngeliat-ngeliat ke setiap lorong. Mau nyamperin, tapi masih ada yang perlu gue beli di lorong tempat gue berdiri. Males bolak balik kan yah. (Pantes perut lo masih gendut kayak hamil 5 bulan, shaayyy)

Masalah: Mau telepon, tapi tangan ga bisa ambil handphone yang ada di dalem backpack.

Solusi: Manggil koko ajah.

“KO! KOKO!”

Solusi yang brilian, dalam sekejap membuat koko langsung menoleh dan nyengir ngeliat gue dan Reia.

Tapi kemudian membuat masalah baru:

Tidak hanya koko, semua pria bermuka oriental yang mendengar panggilan gue (buat si koko) NOLEH NGELIAT GUE DAN REIA.

….

krik. krik. krik.

Sorry I was calling out for my husband, not you or you or you, and not you either. Sorry. My fault.

*Lalu pura-pura ga tau dan bales cengiran koko*

Okeh.

Setelah kejadian berkali kali, akhirnya gue ubah panggilan gue buat koko di saat-saat emergency begitu.

Situasi #2: Reia lagi bobo di gendongan gue. Gue lagi ngantri beli cemilan. Koko ke toilet dan ga tau gue beli cemilan. Dia keluar dari toilet dan berjalan ke arah yang menjauh dari gue.

Masalah: Tas gue beserta handphone ada sama koko, dan gue udah di tengah antrian yang cukup panjang.

Solusi: Manggil koko aja.

“TAS! TAS!”

Solusi yang luar biasa. Koko langsung menoleh mencari arah suara dan ngeliat gue.

Tapi tidak hanya koko yang menoleh,

Belasan pasang mata perempuan pun ikut menoleh ngeliat gue.

Uhm…. bukan, bukan tas yang lagi kalian cantolin di pundak atau ketek, buibu. Tas itu suami saya. Eh bukan. Bukan berarti saya kawin sama benda buat naro barang dan bisa dibawa kemana-mana itu. Saya kawin sama manusia kok. Pria bernama Tas. Tasmika. Bukan tas berbahan mika. Eh. Uh.

Hmmm.

*nangis di pojokan* *lupa sama antrian*

NAPE SALAH MULU SIH AH MANGGIL LO?

*tendang si koko*

Hahahahahah 😛

Tapi akhirnya sekarang… saat berada di situasi sejenis, gue manggil dia,

“TASMIKA!!”

Setidaknya mengurangi orang yang geer berasa kepanggil.

Hufh.

Kalo kalian saat manggil pasangan, apakah banyak yang ikut menoleh?

33

Kenapa ya… (versi menjelang pilkada)

Gue berasa masih punya banyak utang postingan tapi kok ya akhir-akhir ini malessss banget buat nulis huhuhu.

Berasa ga sempet blogwalking juga, jadi maafkan daku ya teman-teman, janji deh bakal secepatnya kembali mampir ke blog kalian dan baca cerita terbaru dari kalian *tiup kecup*

Anyway, rehat sejenak dari segala postingan bersifat keibuan, gue cuma lagi bertanya-tanya aja akhir ini,

Kenapa ya… kok masih banyak orang yang segitu antinya punya kepala daerah non-muslim? Padahal ini kepala daerah, sisbro. Bukan cari pasangan hidup.

Gue sih ga mau nganggep mereka sebagai pemimpin karena kok konteksnya kayak boss. Trus gue jadi inget becandaan “Peraturan pertama, boss tidak pernah salah. Peraturan kedua, seandainya boss salah, kita kembali ke peraturan pertama.”

Ih malesin banget kan kalo punya kepala daerah trus kita berasa kayak bawahan yang cuma bisa pasrah aja seandainya si atasan nyebelin.

Beberapa tahun belakangan ini, gue untuk pertama kalinya merasa bahwa Gubernur DKI Jakarta itu bukan pemimpin.

Lah kok.

Iya. Bukan pemimpin karena kok ya ‘bisa disuruh-suruh’ ato ‘dikomplain’. Ada birokrasi yang dipersulit, ngadu, dibenerin. Ada pungutan liar, ngadu, dibenerin. Ada kali/got yang banyak sampahnya, tinggal ngadu juga “Pak, di kali daerah AAA banyak sampahnya numpuk.”, besok bersih.

Bahkan nih ya, pernah salah satu sudin tebang pohon-pohon yang tumbuhnya mulai merajalela menghalangi jalan tapi setelah itu tidak mau mengangkut puluhan pohon yang sudah ditebang karena satu dan lain hal. Sementara warga juga ga bisa angkut sendiri karena biaya angkutnya mahal. Akhirnya warga sekitar laporan aja via sms. “Pak, di daerah ABC ada pohon-pohon bla bla bla bla, tolong dibereskan.”

Besoknya, tuh puluhan batang pohon yang gede-gede sudah hilang.

Nah loh.

Mana ada ceritanya kita nyuruh-nyuruh pimpinan beresin sampah, beresin batang pohon di jalanan?

Jadi kenapa ya… kok ada yang anti banget, takut banget memilih kepala daerah non-muslim? Padahal ini kepala daerah dipilih untuk disuruh-suruh kok. Disuruh kerja, kerja dan kerja! Hahaha.

Trus…

Kenapa ya… Kok banyak banget orang dari luar daerah DKI Jakarta yang ikutan ribet sama pilkada DKI Jakarta? Bukan pemegang KTP Jakarta tapi kerja di Jakarta sih masih ngerasain loh ya kebijakan-kebijakan pemprov DKI. Tapi yang tinggalnya nun jauuuuuuhhhhhhhh sampe beda pulau sama DKI Jakarta, itu kok ya ikutan repot?

Apakah permasalahan hidup mereka kurang banyak sampe ikut-ikutan sibuk sama pilkada DKI Jakarta? Lol 😀

Kalo ikutan sibuknya dalam pengertian positif sih ngga apa-apa, lah ini menebar kebencian. Menyebarluaskan berita-berita yang ga jelas kebenarannya. Ada juga yang ikutan memperjuangkan biar DKI Jakarta jangan sampai dapet kepala daerah non-muslim. Lah sampean ini tinggalnya di Sumatra. Untuk ke Jakarta aja mesti nyebrangin lautan luas, ngapain segitu takutnya Jakarta dapet gubernur non-muslim yang cuma menjabat 5 tahun, dan itu pun gubernurnya untuk disuruh-suruh ngebenerin kota Jakarta?

Kenapa ya… kok bisa ada orang yang berubah jadi sedemikian fanatiknya terhadap sesuatu dan membutakan segala panca indranya? Jelas-jelas video yang menyulut amarahnya itu hasil editan. Yang ngedit aja udah ngaku itu hasil ngedit.

Tapi kok tetep pura-pura ga tau, tetep memilih untuk marah-marah ga jelas meski semua fakta sudah ditunjukkan?

Kenapa ya… apa ga cape hidup dalam kemarahan begitu?

Hufh.

Hari ini kan hari Valentine, mbok ya di sosmed itu penuh lope-lope gitu aja boleh dong ya. Jangan marah-marah mulu. Nanti situ cape, saya aja yang ngeliat/ngebaca doang berasa cape. Situ pasti lebih cape kan ya. *elus-elus dadanya* *tepuk-tepuk punggungnya*

Gih minum dulu.

Rasa marahnya sekalian dilarutkan bersama air, ditelen, trus ntar dibuang pas pipis ya.

***

Oh iya.

Selama hari kasih sayang.

Besok, selamat hari kasih suara.

Kenapa ya… masih aja ada yang ragu milih siapa.

Padahal kalo menurut gue, udahlah, yang jelas jelas aja bisa disuruh-suruh untuk benerin Jakarta. Kan kita emang lagi nyari orang yang begitu toh? Yang ga makan duit pajak kita buat kepentingan pribadi, yang beneran kerja buat kepentingan kita?

Mau dia item kek, putih kek, sipit kek, belo kek, yang penting bisa disuruh untuk benerin Jakarta. Jadi ga ada lagi birokrasi-birokrasi busuk. Ga ada lagi pungutan-pungutan liar. Ga ada lagi kota yang berantakan sementara pajak penghasilan kita ditilep.

Di Pilkada DKI Jakarta kali ini…

Gue, Dua.

Kayak isi sarimi aja ah. Mana tau ntar ada ayu tingting muncul dari balik tirai sambil nyanyi “DUAAAA~~~” ye kan.

Kalo kamu?

Mending sarimi apa indomie?

*loh*

 

44

Mireia’s First Quarter

Berhubung gue malas bikin per bulan, jadi borongan aja deh cerita soal Reia dalam 3 bulan pertama kehidupannya hahaha

0-1 BULAN

Di bulan pertama ini kerjanya Reia masih nenen-pipis-nenen-tidur-poop-nenen-pipis-tidur-pipis-nenen-poop-melek bentar-nenen-tidur-pipis-nenen-poop-tidur yah begitu begitu aja on repeat hahaha.

Gue juga ga punya foto gue berduaan Reia pas baru lahir karena gue merasa jelek banget jadi ga pede untuk diabadikan hahaha. Sekarang jadi nyesel 😛

Dan berhubung gue kena baby blues di bulan pertama ini, seperti yang pernah gue ceritakan di sini, gue jadi berasa seakan-akan memori gue tentang sebulan petama ini adalah menghitung waktu tektoktektoktektok kapan Reia genap sebulan biar gue segera lepas dari masa confinement alias pingitan. Oh sama masa-masa pumping 2 jam yang mengerikan itu. Huahahaha 😛

Tapi gue juga inget Reia yang masih fragile banget. Reia yang kuning. Reia yang dari awal lahir udah bikin gue jatuh cinta banget. Reia yang dengan kehadirannya bikin gue super posesif. Reia yang mesti nenen tiap dua jam sekali tapi susah banget karena pada akhirnya dia sendiri yang tentuin kapan dia mau nenen hahaha.

img_6527

Mestinya nenen tapi udah digelitikin ampe dibikin nangis tetep aja abis itu blassss bobo ga mau ngenyot. Hufh. Tapi lucu. Jadi gimana dong. Hahaha

Setelah genap sebulan gue jadi lebih waras karena udah boleh keramas dan akhirnya gue ngeblow rambut untuk membuat diri sendiri merasa lebik baik, lebih cakep.

img_6726

Ini kan postingan tentang Reia, tapi mamanya ikut nampang huahahaha

img_6524

neng geulis

img_6773

img_6652

my supergirl 🙂

Setelah genap sebulan, Reia dibotakin deh heuheuheu 😀

img_6749

1-2 BULAN

Sejak genap sebulanan, gue baru sadar kalo Reia itu sering banget gumoh. Sering banget. Untungnya dia happy spitter alias gumohnya sama sekali tidak terlihat kayak ngeganggu dia. Tapi gue tetep sedih dan stres banget karena dia tetep gumoh meski udah disendawain. Setiap tidur telentang juga selalu ngeden-ngeden. Ampe akhirnya gue tidurin tengkurap. Baru deh mendingan. Kayaknya dia emang ada reflux ringan jadi sering gumoh. Sampe sekarang udah mau 5 bulan aja tetep bisa gumoh dikit meski udah disendawain. Hehe.

Trus entah karena ada hubungan sama itu apa ngga, dia jadinya lebih suka digendong berdiri/posisi kayak duduk gitu. Ga suka kalo digendong posisi tiduran. Marah-marah hahaha.

Dia mulai makin berisi dan keliatan chubby sejak sebulanan ini.

Sejak 7 minggu, dia juga mulai bisa social smile alias senyum beneran pas diajak ngomong orang, bukan senyum yang muncul pas tidur. Mulai bisa ngoceh juga.

Trus mulai bisa tidur malam panjang alias sleep through the night. Jadi bobonya bisa 4-6 jam (ga tentu) trus ngusrek-ngusrek tanda minta nenen. Abis nenen, langsung lanjut lagi bobo 3-5 jam.

Kadang gue ama koko kuatir karena kok ngajak ngomong dia tapi tatapannya kosong, seakan-akan kita yang di depannya itu invisible. Ada saatnya dia bisa ikutin objek yang bergerak, tapi seringkali sih dia males hahaha.

Yang jelas dia lebih sering ketawa kalo diajak ngomong oleh koko. Kalo sama gue, cool-cool aja. Hih. Masukin lagi nih ke dalem perut. Hahahaha 😛

img_7340

2-3 BULAN

Mulai genap 2 bulan, dia mulai bisa angkat kepalanya agak lama saat tengkurap.

img_7496

Posisi yang bikin dia kayak Smiling (ato Laughing?) Budha banget haha

img_7345

Tengkurap bentar aja trus marah-marah sendiri hahaha

Makin berisi jadi makin chubby. Banyak yang komentar bilang gemes banget sama dia. Yaiyalah, gue aja gemes. Suka gigitin pipinya pake bibir. Empuuukk~~ Hahaha

Mulai makin sering ketawa dan makin sering ngoceh.

Perdana diajak keluar rumah pas makan-makan ultah gue, meskipun di restoran deket rumah aja.

img_7709

Perayaan yang sederhana

Perdana diajak ke mall juga meskipun cuma sejam doang di dalem mall buat beli titipan mertua hahaha. Mall pertamanya Reia itu Lippo Mall Puri. Reia lumayan sering ke mall ini loh, jadi kalau mau ketemu mungkin bisa maen-maen kemari jugaaa *macam anak lo artis aja lip pake ngasitau beginian ke orang* Hahaha 😛

img_7762

Perdana ke mall tapi fotoannya dalem mobil hehehe

Makin gemesin buat difoto-foto jadi gue makin banyak koleksi foto dia hahaha.

Ada aja tingkahnya yang minta difoto 😀

img_7392

Entah lagi menghindari paparazzi ato lagi ngasih liat jurus kungfu

img_7418

yailah bobo aja kayak foto model 😛

Saat genap 3 bulan bisa disebut masa-masa puncak keemasannya hahaha. Chubby abis, semua yang liat demen sama pipinya. Beratnya juga lumayan, ga obesitas tapi cukup bikin gembira mamanya yang supply susu buat dia 😀

img_7993-copy

Lulus dari status newborn, mulai 3 bulan ini Reia statusnya infant! Hehe 😀

img_7893

Mama mulai makin pinter pake cukin. Muka jerawatan parah tapi di sini pake filter jadi ga keliatan fufufu~

20

Ngasih ASI

…ga semudah yang gue kira sebelumnya.

Huahahahahahah *ketawa miris*

Apalagi menyusui langsung. Bener-bener ga semudah yang gue kira sebelumnya.

Huahahahahhaha *masih ketawa miris*

Dulu gue kira yang namanya nenenin anak itu tinggal gendong anaknya, deketin puting ke mulut anak, anaknya mangap dan HAP! tinggal dikenyot. Anak lalu kenyang. Mama senang.

Ah indahnya. Ah mudahnya 😀

Sekarang gue baru tau kalo ga semua ibu diberi anugrah untuk bisa menyusui dengan mudah. Kalo lo bisa, lucky youuuu ^^

Waktu awal-awal berusaha menyusui Reia, kurang lebih yang terjadi begini:
– Reia nenen lama bisa setengah sampai satu jam
– Setelah dia ketiduran dan berhenti ngenyot, baru ditaro ke tempat tidur 10 – 15 menit eh anaknya udah bangun dan nangis lagi
– Coba nenenin lagi, dia diem.
– Nenen sampe ketiduran lagi
– Taro di tempat tidur lagi, 10 menitan bangun lag
Begitu terus on repeat.

Gue dapat komentar bahwa nih anak ga kenyang kalo ‘cuma’ nenen sama gue doang.

Baiklah. Demi anak bisa kenyang, gue akhirnya beralih ke exclusive pumping ato yang kerennnya sekarang disebut eping. Bermodalkan pengetahuan gue dari blogpost Epoi soal eping, gue pumping tiap 2 jam sekali.

Sering-sering pumping karena asi itu prinsipnya supply by demand. Jadi semakin sering kita pompa/mengeluarkan asi, tubuh bakal merespon dengan produksi asi dengan lebih banyak.

Awalnya gue kira yang namanya pompa tiap dua jam sekali itu jadwalnya:
12:00-12.30: Pompa
Berarti pompa selanjutnya 2 jam dari jam 12.30 yaitu 14.30. Trus dari 14.30 kalo kelarnya jam 14.45 berarti jadwal selanjutnya 16.45. Okelah sip.

Eh ternyata 2 jam sekali itu bukan begitu. Hahaha 😛

Kalo gue mulai pompa jam 12, berarti jam 14.00 gue udah mulai pompa lagi. Jadi meskipun pompa jam 12 itu kelarnya jam 12.30 kek, 12.45 kek, trus abis itu misalnya kita masih cuci pompaan dan urus ini itu, pokoknya jam 14.00 ya udah jadwal pompa selanjutnya. Lalu jam 16.00, jam 18.00, jam 20.00 dst.

Tujuan gue eping ini selain untuk menaikkan produksi asi, juga supaya bisa ngeliat/ngukur Reia minum seberapa banyak dalam sehari. Kalo nenen langsung kan ga keliatan hehehe.

Tapi setelah sekitar semingguan, gue ternyata jadi stres berat. Perasaan baru kelar pumping. Belum sempet tarik napas lega abis cuci pompaan. Kok udah jadwal pompa lagi?? Perasaan belum sempet istirahat kok udah mesti pompa lagi?? Makanya gue ngerasa gue jadi baby blues itu salah satunya gegara pumping ini hehe.

Setelah curhat ke grup dan dapet saran ini itu, gue memutuskan untuk mencoba merubah jadwal pumping jadi 3 jam sekali. Lebih nyaman kah? Lumayan. Lebih berasa ada waktu untuk napas saat jeda pumping.

Sayangnya gue masih tetep stres. Gue berasa pompa itu jadi seakan-akan target kerjaan. Ga boleh ga terpenuhi.

Parahnya, di saat gue pompa dan Reia nangis, gue jadi kesel sama Reia. Rasanya sebel kenapa sih Rei mesti nangis, ganggu jadwal mompa aja. Ini kan tanggung tinggal 10 menit lagi. Nangisnya ntar aja lah 10 menit lagi.

Prioritas gue jadi kacau balau. Mestinya mompa demi anak, tapi kok saat anak butuh perhatian gue, malah jadi mentingin mompa. Huhuhuhu. Maaf ya Reia, mama kalo inget masa-masa itu jadi sebel sama diri mama sendiri 😦

Setelah 1 atau 2 minggu pumping 3 jam sekali, gue akhirnya konsultasi lagi ke grup nanyain soal direct breastfeeding.Gue nanya-nanya apakah menyusui memang lama? Apakah anak memang ga kenyang-kenyang kalo nenen langsung?

Seingat gue, Ribka sempet bilang kalo proses awal menyusui memang lama karena baby masih belajar buat nenen. Istilahnya, ngenyotnya belom jago-jago banget, makanya lama.

Dan dari hasil gue konsultasi di forum soal menyusui, gue juga dapat informasi kalau bayi baru lahir memang cenderung ketiduran saat nenen padahal belum bener-bener nenen sampai kenyang. Alhasil mamanya nganggep baby udah kenyang, padahal saat si bayi dilepas dari nenen dan bangun 10 menit kemudian, dia bakal nangis lagi karena sebenernya masih laper. Jadi bukan asi mamanya ga cukup untuk ngenyangin dia, tapi karena proses ngenyot sama mamanya emang bikin dia jadi gampang ketiduran sebelum kenyang hehehe.

Gue juga cari tau soal cara pelekatan atau latch on yang benar. Pelekatan itu proses masuknya puting ke mulut bayi, yang tadinya gue kira gampang aja tinggal sumpelin ke mulut anak hahaha. Ternyata ada teknik-tekniknya loh. Website yang paling membantu gue soal teknik ini adalah Breastfeeding.inc

Alasan gue tiba-tiba jadi super semangat untuk menyusui langsung karena gue teringat bahwa ini adalah salah satu hal yang gue doakan ke Tuhan saat gue hamil.

Gue berharap kalau berkenan buat Tuhan semoga gue dimudahkan dalam menyusui Reia. Dan menurut gue, sebenernya gue sudah dimudahkan.

Reia ga tongue tie, ga lip tie, dan bisa nenen ke gue yang flat nipple ini.

Jadi sebenernya, gue cuma kurang usaha aja untuk sabar nenenin Reia hehehe.

Akhirnya gue minta ke koko untuk support gue nenenin Reia secara langsung. Untuk jangan sampai mengeluarkan komentar-komentar yang menyurutkan semangat gue.

Dan ga sampe seminggu setelah gue coba terus nenenin langsung, Reia bisa kenyang nenen dalam waktu 10-15 menit. Horeee :’)

Meskipun gue baru banget menyusui langsung, belom ngerasain digigit anak yang udah punya gigi, belom ngerasain anak nolak nenen sama gue (amit-amit jangan sampe), gue suka menyusui langsung 🙂

Ada perasaan damai, senang dan tenang saat anak menyusu langsung ke gue. Ada perasaan puas karena anak gue membutuhkan gue *lol, dasar perempuan insecure. mihihihi*

Ada perasaan lega juga karena kalo jalan kemana-mana ga bakal lupa bawa susu. Udah attached langsung dan ngikut kemanapun gue pergi soalnya huahahahaha.

*ketawa ga tau malu ala mamak-mamak* 😀

Trus menyusui udah case closed kah? BELOM DONG KAKAAAKK. Hahaha.

Ternyata ada aja dah dramanya. Hihihi.

Next post yaakk 😀

 

 

 

 

25

Baby Blues

“The postpartum blues, maternity blues, or baby blues is a transient condition that 75-80% of mothers could experience shortly after childbirth with a wide variety of symptoms which generally involve mood lability, tearfulness, and some mild anxiety and depressive symptoms.” – Wikipedia

Dulu… gue kira baby blues itu sebuah kondisi di mana ibu pasca melahirkan jadi sebel ato acuh tak acuh ato bahkan benci sama bayinya.

Jadi setelah gue ngelahirin, gue pikir gue aman, ga mengalami baby blues.

Tapi kok gue mau nangis melulu ya bawaannya. Kok gue jadi sensitif banget ya. Kok dikit-dikit baper dan jadi sebel, kesel, marah, ato sedih ya. Kenapa ya?

Ternyata… gue lagi mengalami baby blues.

Temen-temen di grup (yang isinya mami-mami muda kece nan gaul) bilang kalo apa yang gue alami itu wajar, normal dan akan berlalu setelah 3-4 minggu.

Tapi masa 3-4 minggu itu jadi terasa super panjang buat gue.

Baby blues gue akhirnya berlalu setelah Reia genap sebulan. Meskipun setelah itu ternyata dampaknya cukup traumatis dan masih ada luka batin yang belum bener-bener sembuh akibat semua pergolakan emosi gue saat lagi baby blues.

Hal-hal yang membuat gue baby blues mungkin karena:

1. Deep down inside gue sebenernya mengkhawatirkan kondisi Reia yang jaundice. Gue berusaha tenang, berusaha ga panik, berusaha kuat. Tapi nyatanya pas suster Yeti dari RS Hermina dateng, gue sempet nangis beberapa kali sambil curhat kekhawatiran-kekhawatiran gue.

2. Masa confinement. Dalam bahasa indonesia mungkin semacam pingit. Jadi kalo tradisi orang chinese biasanya ibu yang baru melahirkan itu ga boleh kemana-mana selama sebulan ato 40 hari. Selama dipingit ini,si ibu juga bakal ciakpo ato makan-makanan yang sehat dan biasanya dicampur herbal cina. Selain soal makanan, banyaaaakkk banget pantangan-pantangan dalam masa confinement, meskipun beda-beda tergantung suku apa (Tiociu, Hokkian, Khek/Hakka dll) dan tergantung keluarga juga.
Contohnya di gue, nyokap gue termasuk yang ga banyak aturan ini itu. Sedangkan kalo mertua gue banyak banget aturannya (menurut gue).
Pantangannya ga boleh keramas, ga boleh kena air dingin, ga boleh kena angin apalagi angin malem, mandi cuma boleh sekali sehari, ga boleh nangis, ga boleh ini ga boleh itu ampe puyeng dah gue sebenernya.
Dan gue mengikuti masa confinement dengan setengah hati, meskipun mertua menekankan bahwa semuanya demi kebaikan (kesehatan fisik) gue. Biar nanti tua ga gampang sakit-sakitan.
Tapi yang dibilang untuk kebaikan gue malah ga baik untuk kesehatan psikologis gue hahahah 😛
Gue stres berat hehe.

3. Jadwal pompa. Di saat gue berusaha nenenin Reia secara direct, gue dapet komentar dari orang-orang deket kalo Rei ga bisa kenyang dengan nenen langsung sama gue. Gue jadi patah semangat dan akhirnya memilih untuk pompa setiap dua jam sekali. Ternyata pumping dengan sering ini bikin gue kurang istirahat dan akhirnya gue malah jadi stres dan gampang uring-uringan. Ini nanti akan gue ceritain secara terpisah di postingan lain aja ya. Yang jelas karena gue ngerasa kerjaan gue cuma mompa melulu, gue jadi merasa kayak sapi perah. Ditambah dengan mertua yang over excited menyambut cucunya, jadinya setiap Reia lagi melek, mertua selalu berusaha supaya Reia maen sama mereka. Gue tambah merasa merana karena jadi negative thinking, mikir “Tugas gue itu hamil, ngelahirin dan nyediain susu doang ya kayaknya. Semacam surrogate mother gini ya jadinya gue.”
Duh pokoke kalo inget masa-masa ini, sungguh masa yang kelam deh. Otak mikir negatif melulu dan hati campur aduk kalo bukan kesel, marah. Bukan marah, sedih. Bukan sedih, stres. Itu aja bolak balik. Hahaha.

Selain 3 hal di atas, gue ngerasa kalo hormon pasca melahirkan gue juga berperan besar bikin gue baby blues.

Jujur aja… masa sebulan pertama setelah melahirkan ini terasa seperti nightmare.

Saking pengennya gue supaya masa ini cepat berlalu, setiap hari gue bener-bener countdown “Oke tinggal sekian hari lagi. Oke tinggal sekian hari lagi. Oke tinggal sekian hari lagi.”

Dan karena tiap hari gue kerjanya cuma begitu, gue merasa ingatan gue tentang apa aja yang dilakukan Reia selama sebulan pertama ini jadi samar-samar.

Gue merasa seakan-akan setiap hari itu kayak potongan fragmen-fragmen dari film drama yang membosankan dan melelahkan. Reia kuning. Gara-gara gue dan koko pake kapur barus. Reia mesti sering nenen. Tapi nenen sama gue ga cukup. Gue harus pompa pompa pompa biar produksi asi gue makin banyak. Gue kurang istirahat. Cape. Gampang uring-uringan. Nangis almost every day.

And here comes the shameful part (menurut gue, menurut kalian mungkin biasa aja dan gue terkesan lebay lol):

Bukannya sebel sama baby (pengertian gue dulu tentang baby blues), gue justru merasa takut baby gue ga bakal sayang sama gue.

Hampir tiap hari kerja gue saat gendong Rei adalah nangis-nangis bilang ke dia bahwa gue sayang dan cinta banget sama dia. Dan gue selalu nanya “Rei juga sayang mama kan? Iya kan Rei, iya dong ya Rei, Rei sayang mama kan ya Rei…” sambil terisak isak kayak orang gila.

Hahahah. Aib bener dah cerita beginian. Tapi gue kok ya merasa gue mesti cerita supaya kalo ada mama-mama di luar sana yang merasakan hal yang sama, tenang mom, you are not alone! 🙂

Hal-hal yang menolong gue saat baby blues adalah:

  1. Suami. Support dari suami itu penting banget. Suer dah. SUPER DUPER PENTING. Koko ga serta merta langsung paham dan pengertian saat gue baby blues. Dia sempet bingung kenapa sih kok gue negatif melulu. Kenapa sih kok gue nangis melulu. Dia jadi ikutan sebel karena merasa kayak semuanya salah terus di mata gue. Tapi setelah dia cari tau soal baby blues ini, akhirnya dia lebih pengertian dan bisa support gue. Dia dengerin saat gue ngoceh-ngoceh, dia berusaha becandain gue, dia berusaha mengangkat hati dan perasaan gue, dan dia selalu berusaha nyuruh gue istirahat.
  2. Kehadiran nyokap. Dengan adanya nyokap yang tinggal di rumah mertua gue selama masa confinement, gue merasa jauhhhhh lebih baik karena ada yang bisa gue curhatin dan ajak ngobrol. Kebetulan nyokap gue tipikal yang ga terlalu banyak ngatur soal jaga anak, ga banyak ikut campur. Jadinya gue ga perlu berantem karena beda cara asuh hahaha.
  3. Support group. Ini adalah salah satu penolong gue dengan segala ilmu pengetahuan ((hahahah)) yang gue dapatkan dari mereka. Sampe sekarang, gue ga bosen bilang gue sangat bersyukur masuk ke dalam grup ini sebelum gue lahiran. Seringkali chat di grup ini juga membantu membuat mood gue lebih baik. Kebingungan-kebingungan gue pun banyak terbantu oleh mereka. Mami-mami muda super cihuy, you all know who you are 🙂

Tanpa ketiga ini mungkin baby blues gue bisa jadi post partum depression alias PPD. Google sendiri ya kalo mengenai PPD 🙂

Gue suka mikir, mungkin hal yang gue bilang jadi penyebab gue baby blues ini, buat ibu-ibu lain ada yang jadi terkesan lebay ato ah masa gitu aja jadi baby blues sih. Tapi sama kayak toleransi sakit orang yang berbeda-beda, toleransi kesensitifan dan kebaperan ibu yang baru melahirkan juga beda-beda kali ya.

 

Huahahahah 😛

Maap itu gue sotoy 😀

Buat yang baru melahirkan dan merasa terus-terusan sedih ato gampang kesel dan sejenisnya, sini pelukan yuuukkk. Gue tau setiap hari, jam bahkan detik jadi terasa panjang, tapi gue cuma bisa bilang kalimat yang sama yang diucapkan oleh ibu-ibu di support group gue: “Nanti juga bakal lewat kok.” hehehe 😛

Karena beneran bakal lewat kok, mom. So hang in there. Please (at least, try to) be happy for your baby, and for yourself.

Cari hal yang menurut lo bisa mengalihkan perhatian lo dan bikin lo lupa sama semua yang negatif-negatif.

Kalo gue hal-hal itu adalah:

  1. Online shopping barang bayi. Saat scrolling ngeliatin produk-produk itu rasanya semangat dan saat kiriman udah sampe rasanya hepi 🙂
  2. Nonton film korea yang lucu ampe bikin ngakak-ngakak.
  3. Chat seru sama suami dan support group.
  4. Ngobrol sama nyokap mengenai hal-hal yang konyol
  5. Ngobrol sama cici gue.

Dan inget, gue ulang lagi ya kali ini dalam bahasa enggres (hahaha),

THIS TOO SHALL PASS.

 

Beneran deh 🙂