23

Jakarta Aquarium at Neo Soho

Hari Minggu kemaren gue, koko, bokap nyokapnya koko dan Mireia ke Jakarta Aquarium di Neo Soho yang sebelahnya Central Park.

Ribet ye ngomong Jakarta Aquarium, jadi gue bilang ke Mireia: Kita mau ke Seaworld.

Toh sama juga kan intinya mau liat ikan dan kawan-kawannya hahaha 😛

Trus gimana? Seru juga!

img_7889

Beberapa perbandingan antara Seaworld Ancol (SA) dan Jakarta Aquarium (JA) ini menurut gue:

Aquarium SA rasanya lebih besar terutama aquarium utamanya, tapi variasi hewan yang dilihat lebih sedikit (pengalaman pas Juli 2018 kemaren yah). Sedangkan di JA, aquarium utama ya segitu doang tapi variasi di dalamnya lebih banyak, cuma jumlahnya aja yang lebih sedikit.

img_7862

Di SA ada penyu super gede, ada aquarium khusus hiu, ada gurita. Di JA, gak ada.img_7786

Di SA ada tunnel yang kita masuk trus berasa dalem laut gitu ceritanya, di JA gak ada. Tapi JA ada semacam lantai kaca yang dibawahnya itu aquarium utama, jadi kita berasa berdiri di atasnya.

img_7756

Di JA, ada lebih banyak variasi hewan yang tidak terbatas biota laut saja. Ada landak (porcupine, bukan hedgehog), binturong, biawak, bunglon, ular, sampe ke kodok kecil yang berwarna ngejreng dan beracun. Ah kepiting kelapa aja ada! Hehe.

img_7770img_7764img_7761

(Keliatan gak kumbang di 2 foto di atas dimana? Hehehe)

Feeding show di aquarium utama JA ga se-interaktif di SA, staffnya kurang kursus untuk bisa menjelaskan dengan menarik dan lucu, kudu belajar dari staff SA 😛 Kalo staff di JA ngejelasinnya berasa agak garing kriuk kriuk hahaha.img_7809img_7953

JA agak lebih terang dibanding SA, rasanya lebih luas juga. Tapi lebih adem di SA dibanding JA (pengalaman gue yaaa). Tapi poin plus untuk JA adalah JA lebih banyak sofa atau kursi untuk duduk-duduk ngaso.

img_7740img_7739

Lucunya, gue ngerasa di JA itu gue sering ngeliat hewan-hewan mereka dikasih makan. Tapi bukan feeding show secara khusus ya. Jadi pas lagi duduk-duduk nungguin waktunya feeding show piranha, eh tau-tau di aquariumnya Nautilus yang pas di depan gue, ada semacam pipa kait tipis gitu diturunin ke dalam aquarium, di ujungnya ada kepala ikan, dan setiap Nautilus disuapin gitu satu-satu.

img_7870

Pas lagi liat-liat aquarium ubur-ubur juga tau-tau ada selang kecil diturunin ke dalam aquarium trus tiap ubur-ubur disemprot dengan makanan, dan ada dua ekor ikan kecil yang dilepas ke dalam aquarium karena ikan-ikan ini bakal makanin sisa makanan ubur-ubur 😀

Menarik aja gitu liatnya hehe.

img_7828img_7892

Gue selama pacaran sama koko udah 3x ke SA, 4x kalo sama yang lebaran kemaren pergi bareng Mireia. Tapi gak pernah sekalipun liat ada aquarium yang lagi dikasih makan saat bukan feeding show hehe.

Trus pertunjukan Pearl of The South Sea juga menarik, untuk ukuran pertunjukan panggung versi kecil sih kece banget lah. Apalagi yang jadi putri duyungnya juga luwes banget berenang di aquarium utamanya, dan mata terbuka lebar di dalam air, cakep deh.

Dan di touch pool JA, ada staff yang mengingatkan kita untuk cuci tangan tanpa sabun terlebih dahulu sebelum pegang-pegang biota lautnya. Setelah selesai pegang, diingatkan untuk cuci tangan dengan sabun. Simple gesture tapi penting.

img_7975

Di dindingnya juga ada yang mengingatkan mengenai sampah-sampah yang seringkali ada di lautan. Good reminder untuk orang tua yang bisa bantu ngajarin anaknya mengurangi penggunaan plastik, meskipun mungkin yang ada, anak-anak yang mengingatkan orang tua ya hehe 😛

img_7974

Malemnya kita makan di Restoran Pingoo. Gue nanyain slot untuk kasih makan pinguin masih ada gak, syukurlah masih ada hehehe. Syaratnya sih mayan banyak ye.

  1. Minimum spending makan di Pingoo 300ribu. Ini okelah, secara ada 4 dewasa jadi pasti bisa dipenuhi.
  2. Follow instagram Pingoo.
  3. Foto pengalaman berada/bersantap di Pingoo, tag Pingoo. Masih wajar ya sampe sini.
  4. Lalu tag 10 teman.

Lalu gue kaget. SEPULUH? Iya, kata mbaknya. Sepuluh. SEPULUH? Gue nanya lagi.

Set dah ah. Hahahaha banyak ajeeeee.

Tapi akhirnya gue ga melakukan step 2,3,4 itu loh. Soalnya dikasih aja gitu masuk kasih makan ke pinguin tanpa ditagih soal instagram jadi yoweslahyaaaaa lol.

img_7988img_8027img_8033

Hal yang menurut gue menjadi “kekurangan” Jakarta Aquarium ini adalah:

Harga tiket yang relatif lebih mahal dibanding Seaworld Ancol. Tapi kalau liat isinya, gue maklum sih dia lebih mahal. Tiket dewasa 200 ribu untuk weekend. Itu aja versi regular, bukan premium yang bisa nonton Sea Explorer 5D segala.

(update: Tiket Seaworld sekarang 200ribu juga tapi bundling sama Ocean Samudra)

img_7781

Foto yang dijual di sana mahal banget kakaknyaaaaaa. Ampun deh gue, dicetak dua lembar plus bingkai kulit sintetis ala-ala dan dapet 5 foto softcopy dibandrol 300ribu!! Menurut gue, mendingan dia bikin opsi lain, misalnya bisa milih mau cetak selembar doang pake bingkai dan dikenakan biaya 80 ribu gitu, orang mungkin lebih kepengen beli. Dibandingkan cuma ada pilihan ambil 300 ribu dapet banyak, ato ga dapet sama sekali. Cih. Gue sih milih gak dapet sama sekali. Hahahaha *dasar kismin*

img_7894img_7893

Overall, gue seneng sih ke Jakarta Aquarium ini, tapi gue yang pengen kejer semua feeding show emang ga kesampean karena sama mertua kan ya perginya. Jadi dibawa selaw aja lol.

Apalagi JA ini kan dua lantai ya. Jadi kadang ada jadwal yang misalnya jam 15 feeding show di Zone 10 di lantai 1, trus 15 menit kemudian feeding show di Zone 5 di lantai 2. Mateng juga kan ya bolak balik kalo bawa orang tua.

Next time kalo ada rezeki dan perginya cuma bertigaan, gue bela-belain dari pagi deh lol. Trus koko gue seret aja bolak balik lantai yang penting hasrat istrinya terpenuhi muahahaha.

img_7795img_7799

See you again, Jakarta Aquarium!

img_7744

19

Review Sebuah Kafe Kelinci di PIK

Di suatu Minggu yang cerah…

*halah*

Oke jadi gini.

Hari Minggu kemaren ini gue pergi ke undangan nikah temen kampus di Bekasi. Koko paling demen dah tuh kalo ada nikahan temen kampus, karena biasanya gue bakal bawa Reia dan nebeng mobilnya bff gue (yang mana kita baru mulai bff an sejak kuliah bareng di kampus homogen super tenar di area Jakarat Timur mepet Bekasi sono), sementara si koko menikmati quality me-time hahaha.

Hanya saja nihhh, kemaren ini si Irene ada perlu di PIK jadi pulangnya gue kudu minta koko jemput di PIK, gak dianterin Irene ampe rumah.

Maka muncullah lampu di dalam pikiran gue. Tring. Terang benderang.

Aha!

Terbersit ide bagus untuk ke Rabbit Cafe di PIK. Gue tuh sempet bilang ke koko pas liat salah satu temen share ke IG Story foto anaknya di Rabbit Cafe ini. “Yuk ko ajak Mireia ke sini! Kayaknya lucu dan tempatnya kece!”

Yang mana oleh koko langsung dilepeh gitu ibaratnya omongan gue, “Hah? Kelincinya di atas meja? Trus kita makan gitu di sana? Eewwwhhhh. Jorok! Gak mau!”

Ternyata omongan yang udah dilepeh dan disembur ke muka gue itu ga mengurungkan niat gue. Gue pikir ah minum aja, mau sejorok apa sih. Ga usah makan beraattt, biar Dilan aja kalo yang berat-berat. Kita cukup tea time canciks aja di sana.

Nah mumpung gak ada koko, gue semangat tuh ajak Reia berduaan nge-date di sana. Gue mikir kalo tar rame sampe ga ada tempat duduk yaudah gue ga mau maksa nongkrong di sana. Mendingan gue ke PIK Avenue Mall aja.

Di bayangan gue nih, tempat ini pasti banyak buibuk kece sosialita jakarta beserta anak-anak mereka sibuk maenan kelinci.

Bodohnya adalah, gue baru cek review pas udah sampe area PIK dan otw cafe nya. Review yang dibaca menurunkan nafsu untuk ke situ sampe dengan 80%.

Lah trus kok tetep ke situ?

Yah……..

….

Karena saya bodoh.

Sesimpel itu saja.

Hahahahahahahahaha.

*dilempar pake wortel*

Okeh. Mari kita teruskan cerita kebodohan saya.

Pas sampe, keliatan kalo dibawah itu sebenernya pet shop jualan hamster, kelinci dan marmut.

Layaknya petshop, di lantai 1 ini bau…. harum bunga.

YA KAGA LAH YA sodara-sodara, tentu saja dia bau khas petshop. Bau hewan-hewan gitu deh. Bukan bau yang enak kalo menurut gue, mungkin kalo yang pelihara anjing kucing kelinci udah biasa ama baunya dan berasa gak bau kali ya?

Lantai 2 nya area khusus karyawan, nah si Rabbit Cafe ini di lantai 3 nya.

Setelah ngos-ngosan bawa diaper bag dan anak 11 kg naik tangga ampe ke lantai 3, gue pun membuka pintu kacanya.

DAANN….

Gak ada pengunjung aja dong.

Nihil.

Zero.

Kosong.

Melompong.

Cuma ada mas-mas waitres.

Trus apakah gue balik badan?

Toh semesta udah kasih pertanda ya dengan kekosongan cafe ini, mestinya gue langsung ambil langkah seribu.

OH TENTU SAJA TIDAK.

Kenapa?

Karena kan saya bodoh.

Sesimpel itu.

*dilempar pake selada bekas kunyahan kelinci*

Gue sampe situ sekitar jam 13.30. Gue liat-liat sihhhh tempatnya yah mayan lah yak. Yaudah lah. Cobain aja demi si bocil. Ada syarat minimum order 50 ribu rupiah PER ORANG. Termasuk anak yang udah bisa jalan jadi Reia diitung juga. Seharusnya itu udah bikin males banget yah. Seharusnya itu bikin gue batal dan ke mall aja.

Trus kenapa gue tetep pesen? Yah… karena saya bo-

*dikekep pake ketek si mas nya*

Yaudah ga usah dijelaskan lagi ya, kita sudah tau semua alasannya kenapa.

Gue pesen jus sama smoothies, totalnya 115.500 idr. Rasa jusnya bleh. Smoothies mayan enak. Lebih worth it smoothies, in case kalian tetep mau dateng setelah baca review gue.

img_6716

Nah trus kita dikasih kelinci putih di dalem kotak gitu, gede dan gemesin. Berhubung kita kudu eksis, gue langsung foto-foto Mireia di most instagrammable spot nya mereka.

Yang mana gak lama kemudian… si kelincinya keluar dari kotak ke atas meja trus pipis dan pup aja donggg. Banyak pula pupnya berceceran dimana-mana. Pipisnya juga belepotan di karpet bulu-bulu putih di atas meja, kuning-kuning gitu.

Wah gue ilfil banget.

Mau cancel, saat itu jus dan smoothies udah lagi dibikin. Kasian mas nya kan yak kalo gue dadah babhay.

img_6707

Mengutip langsung dari Mireia pas gue lagi fotoin dia: “Yebit eek”

Yaudah gue laporan ke mas nya kalo si kelinci buang hajat dengan tak sopan dimana-mana, sama mas nya tuh pipis dan pup cuma divakum doang pake wireless vacuum kecil. Trus kelincinya dibalikin ke kandang dan diganti guinea pig. Akhirnya gue dan Reia ditemenin si guinea pig ini aja sampe pas menjelang mau pulang, Reia mau kelinci lagi trus diganti kelinci lain warna abu-abu yang lebih kecil tapi gak kalah gemesinnya.

img_6737-1img_6736-1

Gue udah gak terlalu menikmati ngapa-ngapain di situ sih sebenernya.

Trus ada pasangan engkoh-engkoh ama cicik-cicik gitu dateng. Gue kira wah akhirnya ada pengunjung. Eh ternyata itu boss nya, yang empunya si Rabbit Cafe dan pet shop.

Yha.

*insert emoji super kecewa di sini*

Dan anehnya, nih owner kaga ada ramah-ramahnyanya, sama the one and only pengunjung alias gue ya basa basi kek senyumin gitu yah.

Beuh ini malah kayak gue ama Reia invincible padahal cafenya kecil loh. Dan Reia sempet ke tempat mereka ambil bantal kelinci di kursi meja mereka. Kalo menurut gue, jadi pemilik cafe gitu ya minimal kudu senyumin pengunjung apalagi saat ada kesempatan untuk sekedar say hi ke anak kecil.

Ini sibuk aja berdua maen hape, cekikikan.

Ah sungguh ku ilfil.

img_6760img_6761img_6762

Tapi gue akui, kelincinya emang gemesin-gemesin banget. Cafenya juga kece abis. Meskipun jorok amit-amit yah, tapi secara dekorasi tuh manis banget dan gue demen banget. Cuma ya balik lagi, kayak kata koko, tempat makan yang di combine sama binatang yang dibiarkan bebas di atas meja makan itu gak mungkin cocok.

Gak higienis, shay.

Itu aja si mas vacuum pup dan pipis dari karpet, trus udah loh. Gitu doang. Kayaknya kaga di lap, kaga diapa-apain. Gak kebayang dalam sebulan aja itu meja dan karpet dan kursi mereka semuanya sejorok apa kalo dibersihin gitu doang.

img_6738img_6744

Akhir kata, gue bersyukur koko gak ikut dan gak tau kayak apa nih Rabbit Cafe. Soalnya dia pasti bakal menatap gue dengan hina,

Atau melengos sambil bilang..

Apa aku bilang.

img_6711

Gak dengerin omongan suami sih.

17

Happy New Year 2018 and Merry Belated Christmas!

Maafkan keterlambatan untuk ngucapin Merry Christmas hahaha. Yang pasang pohon natal aja mungkin udah pada nyimpen pohonnya lagi kali ya? 😛

Gue suka Natal tahun 2017 jatuhnya di hari Senin, jadi dari hari Sabtu tanggal 23 udah berasa suasana Natal banget, tapi juga udah liburan! Asyik.  Gue bisa ke mall untuk tukeran kado ama temen-temen.

Tanggal 24 di rumah aja trus ikut misa malam Natal. Koko selalu ngotot bilang misa malam Natal dan misa Natal pagi itu sama, tapi berhubung menurut gue maknanya beda, jadilah gue ngotot ikutan kedua misa itu. Ealah, gue lupa kalo misa malam natal yang pake sakramen mahakudus itu ternyata yang misa terakhir ya biasanya, yang jam 21.00. Sementara gue pergi yang jam 17.00 karena jam 20.00 udah jam bobonya Mireia 😛

Alhasil emang berasanya macem misa Natal biasanya, mirip ama misa Natal pagi hahahaha

Tanggal 25 pagi kita misa Natal bareng Mireia 🙂 Setelahnya lanjut ke Central Park untuk ngeliat Baby Shark Show. Ga bisa ikut sesi meet n greet karena udah full yang jam 14.00, tapi setelahnya bersyukur karena Reia kayaknya bakal takut hahaha. Sama patung Pinkfong aja dia takut, apalagi badutnya 😀

Beraninya sama cardboard gitu doang, dipeluk ga mau lepas hahaha.

Tanggal 26 ga kemana-mana, 27 nya ngedate berduaan koko nonton Star Wars dan Coco. Duh bagus banget ya film Coco, mengharukan. Tapi film animasi Disney Pixar emang selalu mantap sih, selalu bikin gue super lafffff ❤

“Remember me…” Hiks hiks 😦

Tanggal 28 ngajakin Reia berenang di komplek aja, tapi 4 sport club pada tutup semua. Ampun, pas udah mulai kecewa kayaknya batal berenang eh nemu sport club yang buka di Citra 2. Syukurlah, soalnya Reia udah semangat banget mau berenang 😀

Tanggal 29 gue ngantor setengah hari hahaha, emang cutinya nanggung bener ya, tapi mau ngurusin tagihan boss jadi mampir dululah di kantor.

Tanggal 30 ketemuan sama buibu blogger di Grand Indonesia, lanjut ke Lippo Mall Puri setelah itu. Gue seneng ketemu sama Gide dan Raka hahaha. Gue suka berinteraksi sama anak-anak seru begini lol. Kalo sama anak-anak lain ga banyak ngobrol karena either masih terlalu kecil ato macem Sophie dan Madeline yang udah asyik sendiri 😀

Lah kok malah jadi ama anak-anak bukan buibu? Ya abesss sama buibu cuma ngomong bentar-bentaran trus kepotong karena pada sibuk juga jagain anak masing-masing hahahaha. Nevertheless, it was fun! Gue mau ngumpul-ngumpul lagi 🙂

Tanggal 31 hari ulang tahun koko! Dia udah 36 tahun ini! Bininya 30 aja belom padahal! Hahahaha Tapi sayangnya kita ga bisa memanfaatkan keuntungan hari ultah di resto-resto karena di KTP itu tanggal lahirnya 3 Januari 1982. Aneh ya kelurahan jaman dulu, mau daftarin akte lahir masa tanggal lahir anaknya kudu sesuai tanggal permohonan akte. Lah pegimane mau daftarin tgl 31 Desember 1981 wong situ tutup kok. Hahahaha. Semoga kerjaan selalu sukses dan lancar, selalu diberi kesehatan jasmani rohani, galaknya berkurang dan selalu hepi ya suamiku! Tanggal 31 ini kita ke Central Park sama papamer dan mamamer untuk lunch birthday koko di Dharma Kitchen. Koko emang udah bilang ke gue mau makan di sini aja biar mamamer juga bisa ikutan makan bareng, biasanya kalo kita ke resto biasa gitu, mamamer kudu beli makanan vegetarian take away. Jadi mendingan ke restoran vegetarian aja sekalian deh. Eh menu yang dipesen kok hampir semuanya pedes-pedes. Lah nih orang padahal kan gue doain biar galaknya berkurang, tapi makan-makan ultahnya kok malah pedes-pedes tar tetep galak dongggg huahahaha 😛

Trus malem tahun baru ini di deket rumah kayaknya pada maen kembang api, suaranya kenceng banget jedar jeder sampe Reia sempet kebangun dan nangis, untungnya di puk-puk gitu bisa balik tidur lagi. KZL bener mamaknya. Kalo tahun depan ada rezeki, mau staycation ajalah di hotel, perasaan kok di hotel ga seberisik kalo di komplek rumah hahahaha.

Tanggal 1, SELAMAT TAHUN BARU 2018!!! Di hari pertama tahun baru kita ngebesuk temen koko yang baru punya anak kedua 🙂

Tahun baru, ngejenguk anak bayi yang baru lahir, rasanya entah kenapa nyenengin hehehe. Setelah itu karena rumahnya di Metland, deket sama tol Alsut, kita lanjut ke mal alam sutra untuk makan malem. Ngajak Reia maen mobil-mobilan yang pake remote control, ini pertama kalinya loh gue liat maenan gini. Kirain cuma bisa buat anak yang lebih gede karena kudu ngendarain sendiri, ternyata bisa buat anak seumuran Reia juga karena tar mobil dikendalikan oleh orang tuanya. Keren ya mainan anak-anak sekarang. Trus pintu mobilnya naik ke atas gitu pas dibuka macem Lamborgini! Ish keren kali. Dan sebagai orang tua yang norak, gue seneng bisa ngasih anak gue maen maenan keren begini huahahaha.

Tanggal 2 balik ngantor deh!

Di 2018 ini gue punya beberapa impian yang gue harap bisa tercapai. Tapi karena gue memang bukan tipikal yang bisa ngelist resolusi dan kemudian di checklist satu-satu, jadi yaudahlah dijalanin aja sambil berusaha diwujudkan itu mimpinya hahaha.

Yang jelas di 2018 gue berharap gue bisa jadi orang yang lebih berbesar hati. Tahun 2017 merupakan tahun di mana gue penuh emosi negatif, menjadi orang yang sangat sempit hati, dan mudah berpikiran buruk. Gampang tersulut amarah, gampang mikirin yang nggak-nggak trus emosi sendiri, duh gak suka deh gue dengan diri gue yang kayak gini.

Jadi gue pengen jadi orang yang lebih besar hati biar semua yang negatif berhenti di gue. Meskipun gue dapet perlakuan ga nyenengin dari orang lain, meskipun dinyinyirin, meskipun orang lain melakukan atau mengatakan hal yang bikin gue pengen kemudian ngejambak ato ngegampar, semoga gue bisa berbesar hati memaafkan dan yaudahlah saja gitu.

Karena kalo negatif dibales negatif ya ra uwis-uwis.

Biarlah negatifnya berhenti sampe di gue aja, ga perlu gue sembur-sembur lagi ke orang lain.

Sedappp.

Keren ya gue. Tapi ya prakteknya mana segampang itu, kakak kakaaakk. HAHAHAHAHA.

Yah tapi diaminkan saja semoga bisa dijalani meski pelan-pelan dan secimit secimit. Yang penting kan usahanya ya untuk menjadi lebih baik. Angguk-angguk ya plis pas baca ini, ikutan setuju sama gue. Hahahaha.

Semoga 2018 bisa menjadi tahun penuh berkat dan menyenangkan untuk kita semua ya!

Yuk sama-sama kita ucapkan ke tahun baru ini ucapan yang sangat mainstream, sama-sama ya di hitungan ketiga, satu… dua…. tiga…

2018, PLEASE BE NICE TO ME!!

Cup muah!!