16

Sehari Sebelum Mireia Menjadi 2

…tahun.

Yaiyalahya emang Mireia amoeba bisa membelah diri menjadi dua lol.
#soklucu #tapigagal #andakuranglucu #silakancobalagibesokbesok

Mireia yang udah mau genap 2 tahun ini, kalo ditanya namanya siapa, bisa jawab:
“Eya.” kadang-kadang kalo lagi bagus moodnya dia jawab “Mieya”
Kalo ditanya umur berapa, dia udah mantep jawab:
“Dua.”
Curi start hahahah.

Udah bisa nyanyi beberapa lagu meski tanpa nada dan liriknya agak amburadul:
Balonku
Naik-Naik ke Puncak Gunung
Topi Saya Bundar
Five Little Monkeys Jumping on The Bed
Bunga Yang Merah
Twinkle-Twinkle Little Star
The Wheels On The Bus
Baby Shark

Kalo diminta berhitung bahasa Indonesia bisa ampe belasan. Kalo diminta berhitung pake bahasa Inggris lumayan lah, kadang bener, kadang ada yang di skip, kadang dia nyautin “Gak mau igris. Donesa aja” (gak mau bahasa inggris, bahasa indonesia aja), kalo bahasa Mandarin cuma mau yi er san trus dia males lanjutin lol.

Udah bisa diajak negosiasi. Karena orangnya suka ngatur, jadi kadang puyeng juga kalo dia udah ngotot milih baju-baju yang mau dia pake. Skill negosiasi mamanya kudu ditingkatkan.
“Mau baju bee aja.”
“Jangan… kemaren kan udah pake baju bee.”
“Bee aja. Gak mau yang ini.”
(nunjuk baju yang gue pegang)
“Waaahh yang ini bunganya ada dua… hmmmmm haruummmm loohhhh bunganyaaaaa, ada warna hijau dan pink. Pake ini aja yah?”

Maka anaknya pun cengengesan, dengan senang hati mau pake baju pilihan mama, sambil semangat bilang “Dua bunganya! Hmmmm hayummmm”

Hasil gambar untuk winning smile gif

Kadang kalo baru abis mandi, dia kan sibuk tuh maen-maen. Jadi gue sering ngomong “Yuk sini pake baju, Rei.”, dia akan mendekat lalu pegangan di pundak gue untuk menyeimbangkan dirinya sendiri, angkat kaki kanan utk dimasukkan ke celana sambil ngomong,
“Pake celana dong. Malu dong. Pake baju juga.”

Keseringan dibilangin kalo ga pake baju dan celana tar malu hahaha 😀

Berdoanya makin pinter, terutama kaliatan dari membuat tanda salib yang semakin benar posisinya. Kapan-kapan mau gue videoin yang bener ah. Selama ini, dia kalo tau divideoin pas berdoa jadi bertingkah, tau-tau berdoanya sambil tengkurep lah, sambil cengengesan lah hahaha 😛

Untuk urusan ke toilet juga semakin mendingan karena dia udah bisa ngomong kalo mau pipis, meskipun pipis dan pup tetep sama aja ngomongnya eek.

Nah sayangnya untuk pup masih suka ga jelas, kadang bisa ngomong lalu pup di toilet, kadang dia ngomong trus pas kita buru-buru bawa ke toilet eh dia kayaknya udah hilang selera untuk pup lol. Jadi masih suka pup di celana juga.

Berasa makin nempel ke mamanya, apa-apa maunya sama mama. Manjaaa bener sama mamanya hehe.

Minggu lalu, ada percakapan dia sama papanya malem-malem sebelum tidur. Jadi kita bertigaan lagi di tempat tidur. Papanya maen handphone sambil tiduran, Mireia di tengah-tengah lagi duduk berdua gue karena lagi gue bacain buku.

Lalu papanya kentut.

Trus Mireia kayak pura-pura kaget.

Mireia: Hah! Hah! Hah! Siapa ituh?? Siapa yang kentut??
Koko: Reia yang kentut
Mireia: Papa yang kentut
Koko: Reia
Mireia: Papa
Koko: Reia
Mireia: Papa
Koko: Reia
Mireia: Papa
Koko: Reia
Mireia: Papa
Koko: Reia
Mireia yang udah mulai lelah papanya gak mau kalah: MAMA.
Koko: Nah iyaaa mama yang kentut.

Lalu mereka berdua menyudahi percakapan.

Gue: HEEHHH ENAK AJEEEEEE.

Tapi gak diladenin lagi oleh mereka berdua.
Hih. Sebel.

18

Mireia: Bicara – Tantrum

BUTUH TSURHAAATTT.

Hahahaha.

Hasil gambar untuk cry napkin gif

Oke pertama mau cerita soal Mireia dan kemampuan bicaranya dulu.

Nih anak bawelnya kadang suka kebangetan sampe-sampe gue takjub sama cara dia memposisikan kalimat/kata yang dia pelajari dengan situasi kondisi. Ato mungkin tepatnya, gue meremehkan kemampuan dia kali ya huahahaha 😀

Contoh:
Lagi di RS, ada yang jualan mainan ultraman. Dia nanya, ini apa? Sambil nunjuk ultraman.
Gue bilang, Ultraman.

Ada 3 kan ya yang semacam ultramannya, ditanyain satu-satu sama dia, dan gue jawabnya Ultraman semua.

img_7122

Trus dia tunjuk sosok yang kayaknya “musuh” si ultraman.
“Ini apa?”

Dan gue, seperti biasa, kalo gue gak tau ya gue jawab “Mama gak tau itu apa, Rei.”
Yang mana dia diem, mikir, trus akhirnya bilang, “Elephant kali.”

Hasil gambar untuk wow surprised meme gif

IYA JUGAK YAAA.

Kayak gajah itu ye ada belalainya hahahahaha. Tapi gue ga sangka aja dia bisa jawab kayak gitu, macem orang gede amaattt.

NAK BELUM DUA TAHUN NAK.

hahahahahaha 😀

Banyak banget hal-hal ga terduga kayak gitu, saking banyaknya dan gak gue catet satu-satu, jadi gak bisa gue ceritain karena saat ini nge-blank. Hahaha.

Trus gue kan kemaren kapan ini sempet nanya ke grup buibuk blogger, cara ngenalin alfabet ke anak gimana? Soalnya Reia kalo cuma suara doang mah bisa lah gue ngenalinnya, secara gue bawel bet pan yak.

Tapi secara visual itu loh yang jadi persoalan, gue ga tau kapan kudu ngenalin dan ga tau cara apa yang efektif. Gue belom mikir lebih jauh soal visual eehh.. tau-tau dia minta disetelin Badanamu yang ABC Sounds to Remember.

Sunguh sebenernya ku malash puter video ini karena karakter alfabetnya di Badanamu tuh serem menurut gue, agak disturbing gitu penampilannya. Di Badanamu mereka dinamain Nemies, contoh yang menurut gue gengges itu misalnya si huruf G, soang tapi ada mukanya di perut. Ugh.

Gambar terkait

Dia kasitau mau nonton dvd yang mana dengan niru cara ngomong phonicsnya si Badanamu “Ah. Ah. Ah. Apple.”
Gue kaget gitu kan dengernya, trus gue pancing, “B. Bah. Bah. Bah?” yang mana dia lanjutin “Bear”

Sekali lagi. “C. Cah. Cah. Cah?” Dia lanjutin lagi “Cactus”

WAH padahal terakhir dia nonton Badanamu yang ini udah lama! Ternyata yang dia dengerin di Badanamu ada yang nyantol sedikit banyak!! Hahahaha.
Meskipun Nemies nya kayak gitu, tapi ya mudah-mudahan secara visual juga ada lah ya yang nyantol lol.

Ah gue bangga bukan maen lol.

Nah sekarang mau cerita versi ga enaknya nih lol, yang mana bikin gue perlu tsurhat banget sesuai kalimat pembuka postingan ini.

Jadi yaaaa… belakangan iniiii…

Mireia makin suka tantrum.

Hasil gambar untuk animated crying hysterically gif

Sebelnya adalah seringnya tantrum menjelang mau tidur dengan alasan dia gak mau tidur. Entar dia masih mau turun lah, masih mau main lah. Sedangkan gue gak bisa ngeladenin dia terus karena besokannya kan gue kudu bangun untuk masak dan kerja.

Jadi gue maunya dia maksimal jam 22.00 udah kudu tidur.

Problemnya lagi, kalo dia tantrum itu bapake suka kesel. Jadi tar bapake marah sama dia. Gue ikut kesel karena bapake marahin dia gak pada tempatnya (menurut gue), apalah kalo udah melibatkan punishment yang gue gak suka.

Emang sih, Reia itu dari dulu tidur yang paling sering bermasalah. Dia suka banget soalnya digendong sambil jalan-jalan gitu.

Nah semalem dia jam setengah 9 malem dia minta digendong. Beberapa hari belakangan emang nempel banget ama gue dan minta digendong terus, soalnya kan lagi sakit. Jadi yaudah gue gendong, eh dia tidur ternyata. Tapi belom pules-pules banget, pas mau ditaro di tempat tidur, dia ngamuk dongggg. Maunya tetep digendong jalan-jalan gitu, ga boleh sambil duduk juga gendongnya. Gue gak mau turutin karena kalo udah di kamar, peraturannya tidur gak boleh gendong jalan-jalan ato gendong goyang sambil berdiri.

Alhasil dia tantrum dan baru tidur satu jam kemudian.

Hasil gambar untuk crying to sleep gif

Sebelum tidur, dia emang udah bilang “Gak mau matiin lampu.” jadi oke kita ga matiin. Tapi pas dia tidur ya kita matiin lah ya.

Jam 1 pagi dia kebangun dan ngamuk parah karena gelap. Dia meraung-raung bilang gak mau matiin lampuuu… Trus tantrumnya melebar sampe akhirnya jadi, Gak mau bobooo… Gak mau di ataasss.. Mau dibawah ajaaa…. Gak mau pake bajuuu…. Ampe cara gendong aja salah melulu. Bentar bilang cuma boleh satu tangan yang tahan pantatnya lah, maunya kepala ditaro di sisi kiri lah, gue ga boleh iket rambutlah, rambut gue ganggu dia lah (dan akhirnya bikin gue harus iket juga!), trus paling epic…

Gak mau dipegaaangg, aaahh gak mau pegangggg *lalu dia nangis histeris*
YAILAH CEMANA CARA MAMAKMU GENDONG KALO KAU TAK MAU DIPEGANG, SAYANGGG??

*telen lagi nih masukin ke perut*

Hasil gambar untuk frustrated gif

Duh pokoknya drama banget dan lelah hayati menghadapinya.

Tapi gue tetep setrong dan tetep berusaha ladenin dia. Berusaha ajak ngomong baik-baik.

Sementara di sebelah gue… Bapaknya marah-marah sama anaknya dan bilang kalo gue sia-sia banget deh ajak ngomong anaknya, trus mulai dah tuh bapaknya naikin oktaf suaranya dan ancem-ancem ngehukum kalo dia gak diem juga.

Gue?

STRESSSS.

Gue berasa kayak hadepin dua anak tantrum. Sungguh.

Gue gak setuju dengan cara koko marahin dia. Dan gue jadi sedih bangeett, berasa kasian ama Reia, meskipun di satu sisi ya sebel juga dia tantrum ga jelas gini. Sedihnya itu sampe gue liatin dia sambil nahan nangis gitu loh, berasa aduh nak you drove me crazy tapi juga oh poor little you, udahlah capek nangis ampe meraung-raung, dimarahin papa pula hiks hiks 😦

Dia beneran sempet dibawa koko keluar kamar dan mau dikurung, boro-boro efektif ya, udahlah tetep nangis-nangis, yang ada dia jadi sebel kali ama bapaknya. Cuma ada minus doang tapi ga ada plus nya hukuman satu ini buat Mireia.

Akhirnya setelah dia berhasil agak tenang, gue ajak bobo bareng, trus yaudah tidur juga deh dia. Sempet nangis-nangis dikit di tengah-tengah tidur, tapi bisa tidur lagi dengan di pok-pok, mungkin macem ngigo gitu.

Trus barusan ini gue langsung google baca-baca penanganan anak tantrum. Menyadari kalo cara gue banyak salahnya karena kadang gue teriak balik marahin dia dan sering gak konsisten kadang izinin dia untuk ke bawah sebelum tidur, kadang gak izinin.

Dan terutama, gue mencoba cari penyebab.

Dugaaan terbesar gue adalah… HANDPHONE.

Dugaan kedua, overstimulated.

Hasil gambar untuk busy with phone gif

Ngomongin soal handphone, gue rasa mungkin dia maunya gue fokus dan prioritasin dia kali ya, jangan main hape melulu. Sementara akhir-akhir ini gue bacain dia buku sebelum tidur aja suka ngecek-ngecek hape *tampar diri sendiri*

Selebgram juga bukan, tapi kok hape-an melulu sih lip. *tampar lagi*

Koko juga mungkin kurang perhatian ke dia, karena kayaknya cuma maen 15 menit trus udah deh, koko sibuk nonton tv atau maen hp ato ngapain aja tapi bukan maen sama dia lagi.

Malu gak ngaku gini? Ya malu sih.

Gue kayak gelar aib keluarga untuk dihakimi orang dan diliatin orang sambil bisik-bisik “Ih si Taz ama Olip ternyata kayak gitu”

Tapi gue mau ini jadi reminder buat gue sendiri, dan buat nanti Mireia kalo baca, papa mama made mistakes tapi kita mau usahain untuk berubah!

Gue tadi ampe evaluasi kira-kira salah dimana, penyebabnya apa, kudu gimana dan gue share semua kutipan-kutipan artikel yang gue baca ke koko. Biar sama-sama tau, ternyata penanganan kita banyak salahnya.

Ternyata punishment itu bukan jalan keluar dari temper tantrum.

Dan sama-sama menyadari jadi orang tua itu AJEGILE SUSAHNYA.

Hasil gambar untuk parenting is difficult gif

Tapi ya gak boleh malu mengakui dan mencoba berubah karena apapun yang kita lakukan itu demi Emotional Quotient dia juga. Gak cuma IQ yang kudu bagus, EQ juga harus bagus (tak lupa SQ alias Spiritual Quotient!)

Gue gak mau dia tumbuh besar jadi seseorang yang mudah marah gak bisa mengontrol emosinya sendiri, atau menjadi orang yang terlalu kompetitif dengan orang lain sampe merasa semua hal kudu dibandingin sama orang lain *ehem*, atau menjadi orang yang baru bisa merasa lebih hebat/baik/oke kalau ngeliat orang lain susah/kurang.

Ga mau dia jadi orang yang lebay blowing up masalah kecil gak penting dan koar-koar di sosmed *uhuk*

Ahahaha kok malah jadi julid sih ibuknyaaa 😛

Intinya gue pengen dia bisa jadi orang yang confident! Orang yang bisa happy dengan dirinya sendiri tanpa ngebandingin sama orang lain, bisa tetep kalem meskipun hati panas, yang kalau marah tetep rasional dan elegan, yang tau kapan harus jadi naga semprotin napas api, kapan jadi kukang yang selaw aja ngadepin segala sesuatu.

Duh analogi apa sih iniiii, segala hewan dari yang fantasi ampe yang banyak jamur dan bakteri juga dibawa-bawaaaa hahaha 😀

Hasil gambar untuk sloth gif

Gue sendiri sadar, gue bukanlah seseorang yang emotionally stable banget. Kadang pengendalian dan penyampaian emosi gue tidak bisa gue kontrol atau sampaikan sesuai porsinya. Seringnya serba meledak-ledak.

Tapi justru karena itulah gue pengennya Mireia bisa jadi lebih baik.

I think that’s how all parents are, ya gak sih?

We want our kids to be the better version of ourselves.

Makanya kadang tanpa sengaja mungkin kita jadi manjain anak kita, apalagi macem gue yang dulu jarang dibeliin mainan, sekarang jadi ada keinginan untuk beliin hal-hal yang bikin Mireia seneng. Meskipun tetep diusahain ga kelewat memanjakan.

Ngeliat kitchen set mainan, pengen Mireia bisa punya karena gue inget dulu gue pengen punya tapi gak dibeliin. Lah ini maksudnya jadi memenuhi kepengenan emaknya yang gak kesampean apa gimana sih??

Hahahaha 😛

Gak cuma secara materi, secara emosional pun gue pengen dia jadi orang yang lebih baik. Supaya gak terlalu drama kayak mamanya huahahaha 😛

Yah intinya semua harus melewati trial-error karena kita emang bukan orang tua terbaik, tapi kita harus berusaha sebaik-baiknya supaya anak kita bisa jadi orang baik!
(Godeliva Olivia, 2018)

Gimana, gimana? Kutipan yang cihuy kan?

Hahahahaha.

Sekian tsurhat hari ini yang diawali dengan pamer kemampuan Mireia dulu lol.

Hasil gambar untuk parenting is difficult gif

11

I Used To Think That Mom Is Great

I used to think that mom is great.

I still remember how I got mad at my mom.

I slammed my bedroom door, hard. Threw myself on the bed and cried like there’s no tomorrow.
Perhaps my teenager-hormones were raging, or I was just being an a$$hole, but I did that a lot when I was in my puberty age. After the rage faded away, I felt guilty.

But I was too exhausted from crying my eyes out, so I fell asleep.

When I woke up, it was dinner time.

I opened the door slowly, thinking of how guilty I was. But I would not say sorry. Because that was not a habit of our family back then. Lol.
So ill-mannered.

That was an excuse.

I was just too ashamed to say sorry. It felt so awkward to say sorry to my parents back then.

But then, I would see my mom preparing foods.

She looked at me, and just casually said “Here, have dinner, I cooked your favorites.”

Like I did not just shouted at her.
Like I did not just slammed the door and screamed at her saying how I hate being born.

There, I thought, mom is so great.
Even when your child is the one at fault, and then they yell at you, yet you still forgive them nonetheless.

And you still love them, much.

Heck. I shouted at my mom but she cooked my favorite foods in return. What kind of a person would do that?

Only a mom would.

I used to think a mom is so great.

They have such a huge heart, so huge that we could not comprehend.
I think not even a mom herself realize what a big heart she has.

And then, I become a mom.

When I wrote this, I have one daughter who is not even 2 yet.

But she already taught me a lot.

Being her mom is holding and rocking to her sleep, not matter how sleep-deprived I am.

Being her mom is dealing with baby blues which made me cried and feeling so depressed for few months.

Being her mom is having my heart overflowed with joy, only by watching her smile widely and brightly.

Being her mom is praying for her well-being every night, hoping that God will always looking out for her.

Being her mom is paying attention to her bowel movement and no matter how disgusting it is, to wipe her sh!t when thing gets messy.

Being her mom is getting angry at her and then getting so guilty for being angry at her.

Being her mom is looking at her asleep and hoping that she would have a great life ahead of her.

Being her mom is having zero privacy, like… having a shower with door open wide, or brushing teeth while she’s standing just beside my leg, or even pooping with her standing at the door looking at me.

Being her mom is getting so mad when she misbehaves, but easily melted away when she tries to make me smile.

Being her mom is dancing with her no matter how ridiculous it looks.

Being her mom is singing to her in public even though I have a terrible voice (and out of tune).

Being her mom is refraining myself from buying new bra even though I need it, but easily buy her new books even though she has a lot of them already.

Being her mom is deliberately bought Happy Meal for the sake of a toy to make her excited.

Being her mom is sometimes getting so fed-up of feeding her and just stop it mid-way thinking that later when she gets hungry she would ask for food herself.

Being her mom is reading her the same book for a hundredth time.

Being her mom is answering to her endless questions.

Being her mom is explaining things I don’t really understand.

Being her mom is wanting to make her have lots of fun, either by walking around the neighborhood, blowing out bubbles when we took a bath, or taking her to new places and experience things.

Being her mom is crying when she’s in pain and I felt hopeless, but trying not to cry in front of her no matter what.

Being her mom is having less quality time with her dad, but it’s okay.

Being her mom is watching her throws her tantrum and trying to ignore it (also ignoring how people stare and judge the situation) for her own good.

Being her mom is worrying about her when she’s not well, and hoping to have some kind of magic to transfer any pain she’s feeling to myself.

Being her mom is being proud of her, even over small things (and probably biased) like how she said her first words, or how she giggles.

Being her mom is teaching me to be more patient.

Being her mom is contently cuddling with her.

Being her mom is learning to speak better words, to refrain myself from cursing.

Being her mom is sometimes getting so upset that I pinched her hard and getting so guilty afterwards.

Being her mom is realizing that it’s okay not to be a perfect mom.

Being her mom is feeling so incredible everytime I see her and I remember how she used to be inside my womb (and started out as a very tiny thingy!)

Being her mom is spending my time with her and yet sometimes I wish for an hour or two being alone and enjoying my quality time.

Being her mom is screaming at her when she made me upset, yet has the urge to hug her immediately afterwards because I felt like a horrible mom.

Being her mom, is trying to be a better version of myself so that she could also be a better person than I am.

Being her mom is having my heart feels like bursting out happiness and rainbows and glitters sparkles and pastel-colored unicorns only by seeing her happy and excitedly laughing.

Being her mom still has a long way to go.

Being her mom means I’m going to experience more things I never know before.

Being her mom made me realize,

A mom is not just great.

A mom is beyond great.

She’s beyond awesome.

She’s beyond wonderful.

A mom is a hug you get everytime you feel sad.

A mom is a cupcake to cheer you up.

A mom is the clear vast blue sky after the storm.

A mom is the warm drink when weather is cold.

A mom is the bright light in our soul.

A mom,

..is love.

 

 

 

disclaimer: Analogies are all originally made-up by being mellow missing my mom who lives in a different city, and at the same time, being proud as a mom myself.
Jakarta, 30 May 2018.