3

Dan dia pun menangis

Dia sapose?

Ya Mireia lah. Siapa lagi.

Hahahaha.

Idup gue sekarang seringnya ngomongin soal Mireia soale muahahaha. *Koko siapa? Siapa itu koko?* Hahaha ๐Ÿ˜›

Anyway.

Jadi, menyambung dari postingan soal hari-hari pertama dia sekolah di sini,ย ternyata dia ga seanteng yang gue kira hahahaha

Satu setengah minggu berjalan dengan lancar tanpa drama dan anaknya suka banget ke sekolah, tiba-tiba di hari Rabu 24 Juli malem dia bilang dia ga mau pergi sekolah. Gongnya hari Kamis 25 Juli, dia pulang sekolah dan begitu keluar dari pintu pembatas, ngeliat mbak pengasuhnya jemput, langsung melukin dan nangis kejer sambil bilang kalo ada yang nakal sama dia.

Tapi ditanyain lebih lanjut, dia ga cerita apa-apa.

Sejak itu dia makin menolak pergi sekolah, Jumatnya kebetulan acara funwalk untuk memperingati Father’s Day jadi ga ada kegiatan belajar mengajar. Gue pake kesempatan itu untuk nanya ke gurunya, apa yang terjadi.

Miss K, homeroom teacher kelasnya Mireia, bilang kalo dia nangis karena ngeliat temennya nangis. Semacam tangis yang menular. Memang wajar terjadi di antara anak-anak bocah untuk ikut nangis saat temennya menangis, tapi kok gue merasa bukan itu yang membuat Mireia ga mau sekolah.

Anaknya tuh bener-bener sampe minta sekolah di tempat lain, sampe nangis-nangis tiap pagi malem bilang ga mau sekolah, dan bikin gue entah napa kok patah hati banget ngeliatnya. Apalagi pas Senin itu bener-bener nangisnyaaaa ya ampun. Potek hati mama, Rei! Sedihhh banget dan pake meraung-raung bener-bener kayak takut banget masuk sekolah.

Trus Senin malemnya, dia bilang kalo dia takut sama miss K. Dia ga berani. Miss K serem. Dia maunya sama Miss T aja. Miss T adalah assistant teacher di kelasnya Mireia. Nah makin bertanya-tanya lah ya gue.

Dari awal pas dia menolak sekolah, asumsi gue udah macem-macem. Mulai dari apakah ini fase mulai bosen sekolah karena kok tau-tau tiap hari sekolah? Ada kepikiran begitu tapi feeling gue kok bukan.

Trus dia bilang ada yang nakal sama dia, asumsi pertama gue sejujurnya ini dulu. Soalnya Mireia ini emang tipikal yang belum terlalu bisa membela dirinya sendiri, jadi kalo misal mainan direbut ya dia tipikal yang bakal diem dan menahan dongkol dan sedihnya sendiri. Bukan yang agresif ngerebut mainannya balik, ato mukulin si perebut mainan.

Bahkan kalo dia dipukulin aja, dia bakal diem.

Itu hasil pantauan ngeliat dia maen sama sepupunya dan saat dia maen di playground mall. Dan jujur, ini tuh hal paling gue khawatirkan saat dia mulai sekolah.ย Sempet gue bilang juga di postingan Mireia is officially a student.

Nah tapi begitu dia bilang takut sama Miss K, asumsi gue jadi nambah lagi. Apa sebenernya dia ga mau sekolah karena baper abis ditegur miss K?

Soale Reia ini kan anaknya mayan baperan, mayan sensitif dan kadang suka mendem. Jadi perkiraan Ada Apa Dengan Mireia itu makin banyak dan muter-muter aja gitu di kepala gue, bikin gue tiap pagi berangkat ngantor itu rada berat dan kepikiran.

Sementara itu, Selasa dan Rabu kita lalui dengan dia nangis-nangis menolak masuk ke pintu sekolah tiap pagi, tapi begitu disamperin miss T, dia jadi lebih terhibur dan mau bye-bye.

Kamisnya itu Parent’s Meeting. Kelar acara, niat hati mau ngobrol ama Miss K, tapi ternyata miss K lagi ga enak badan. Jadi akhirnya gue ngajak ngobrol miss T.

Dari Miss T ini gue merasa gue mulai dapat pencerahan apa yang terjadi. Meskipun miss T awalnya bilang “Saya ga yakin mom apa yang terjadi…” tapi justru dari informasi yang dia berikan, gue jadi ngeh kira-kira apa yang bikin Reia jadi baper ga mau sekolah.

Coba tebak. Apakah a) Berantem ama temen, atau b) Ditegur guru ?

Jawabannya adalah…

.

.

.

.

.

.

Setelah cerita berikut ini!

Hahahahahaha ๐Ÿ˜› *ditoyor*

Jadi yaaahhh sekolah Reia ini kan bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Guru-guru harus pake bahasa Inggris ke semua muridnya meskipun muridnya pake bahasa Indonesia balesnya.

Dan yang gue tangkep dari miss T itu, Miss K sebagai homeroom teacher kudu konsisten ngomongnya dalam bahasa Inggris. Jadi seandainya ada anak yang terpaksa banget harus diajak komunikasi dalam bahasa Indonesia, itu tugasnya assistant teacher.

Alias, kalau di kelasnya Mireia, tugasnya miss T.

Jadi pas Mireia nangis-nangis di sekolah pertama kalinya pas hari Kamis, miss T yang nanyain dia dalam bahasa Indonesia. Mungkin karena itu dia jadi merasa lebih comfortable sama miss T.

Karena sama miss K, mungkin, MUNGKIN LOH YAAA, dia merasa dia ga mengerti dan ga dimengerti juga oleh si miss K.

Sekali lagi, MUNGKIN YAAA.

Tapi gue lumayan yakin sih sama analisa gue lol.

Dan gegara hal ini, pas gue ngajak ngomong bahasa Inggris lebih intens di rumah, gue juga baru sadar ternyata Mireia sensitif banget pas ditegur dalam bahasa Inggris.

Jadi contoh ya.

Bahasa Indonesia
“MIREIA!ย HEH MIREIA! HEH GA BOLEH YA!”
Reaksi dia palingan: Nurut. Atau cuek ga peduli. Atau kalo lagi ngeselin, marah balik, “HIHHH!”

Bahasa Inggris
“HEY, HEY, HEY! DON’T DO THAT!”
Reaksi dia; Mewek.

Aneh kan? Aneh tapi nyata. Hahahahaha. Ini terjadi beberapa kali sampe akhirnya gue baru ngeh kayaknya dia lebih sensitif pas diomelin pake bahasa Inggris hahahaha.

Jadi ya bisa juga sih salah satu kontribusi dia ga mau ke sekolah karena dia ditegur gurunya dalam bahasa Inggris trus baper.

Mireia ini juga anaknya kan seneng kalo dia yang have control,ย ini udah keliatan dari dia agak kecil. Gue ga tau sih ada hubungan ga sih sama zodiaknya yang Virgo, wahai para Virgo, tolong deh apakah kalian semua bossy dan controlling? ๐Ÿ˜›

Contoh kecilnya; Kalo lagi main sesuatu dan dia merasa dia ga menguasai hal itu, dia jadi rada males dan suka frustasi. Okay let’s say semua anak-anak begini ya, contoh lainnya adalah dia suka banget milihin baju dia sendiri, DAN BAJU ORANG LAIN. Buset celana dalem gue aja kadang dia maksa loh mau milihin. Muahahahah.

Menurut gue, hal ini bikin dia jadi kesel karena dia merasa saat dia ga ngerti apa yang diomongin gurunya itu dia jadi kayak ga punya kontrol.

Dan ini lumayan jadi tamparan buat gue karena gue meremehkan hal ini banget. Meremehkan dia yang ga gue ajarin bahasa Inggris ya gak apa-apa gitu, pasti bakal bisa nantinya. Ya mungkin emang bakal bisa yaaaa, cuma ternyata awal-awal ini bikin anaknya agak stres karena ngerasa ga terlalu paham apa yang diomongin gurunya.

Selama ini dia diajarin beberapa vocabulary dalam bahasa Inggris, tapi gue baru sadar itu kurang banget dibanding saat kita harus speak English everyday and have basic conversation in English like this everyday. I thought just teaching her name of some body parts and colors and numbers in English is enough. Apparently, it’s not. It’s really another level, broh!

Lol.

Cuma ya dia yang bilang gak bisa-gak bisa itu, sebenernya ya begini di rumah:

Lagi maen bola. Trus bolanya ga sengaja ketendang ke balik pintu dan ga keliatan oleh dia. Mireia:ย “Hey. Where did it go?”

Lagi nyanyi Twinkle Twinkle Little Star tapi diganti Wawawawawa semua liriknya dan pake nepok-nepok tangan ke mulut kayak lagi mau menguap. Semacam permainan baru yang dia lagi demen. Trus begitu kelar, dia ngeliat gue sambil senyum bangga gitu: “Mommy, did you see that?”

Lagi ngeliat sesuatu yang lucu ato menurut dia menarik “Wooww, mommy, look! So prettyy~” (atau So cuteee~)

Jadi yaaa sebenernya bisa!! Hahah tapi saat udah kebanyakan mungkin dia keder juga. Apalagi pembendaharaan kata bahasa Inggris dia emang lebih terbatas dibanding anak yang udah biasa ngomong bahasa Inggris.

Btw lanjut dari Parent’s Meeting, setelah mendapatkan pencerahan dan menganalisa sendiri pake insting keibuan gue ((INSTING KEIBUAN)), gue memutuskan untuk ngajak ngomong Mireia pake bahasa Inggris dengan lebih sering. Gak cuma bilang “Rei, ini buku warna yellow. Rei, mana ear nya Reia? Mana nose? Mouth?”ย tapi bener-bener satu kalimat full in English.

Parent’s Meeting kan Kamis. Kamis siang ampe malem lebih gencar ngomong pake bahasa Inggris, Jumat dia ke sekolah…. kaga pake nangis! Muahaha

Tapi untuk menjawab pertanyaan awal kenapa dia nangis, kemungkinan besar karena mainan direbut temen. Karena miss T sempet nanyain dan dia bilang iya. Lalu dia bilang takut ama miss K ada kemungkinan baper ditegur miss K. Dan dia makin ga mau sekolah kemungkinan karena ya merasa… ‘pada pake bahasa enggres aku ga gitu ngerti auk ah aku kzl!’ย 

Nyahahaha ๐Ÿ˜›

Jadi semua jawabannya kayak combined menjadi one lethal result.

Tapi yang paling berasa emang ajak dia ngomong dalam bahasa Inggris, sekarang ke sekolah udah kaga pake nangis-nangis. Meskipun pagi-pagi masih suka terkesan males sekolah, bahasanya udah bukan “Aku gak mau school” tapi sekarang bilangnya “Besok aja ke school nyaaaa”

Yaahhh masih oke lah kalo kayak gitu ya Rei. Mama ga ampe kepikiran dan sedih mikirinnya hahahaha.

Baiklah hari ini sampai di sini dulu curhatnya! Sampe ketemu di edisi curhat tentang Reia selanjutnya! ๐Ÿ˜€

27

Mireia is officially a student

of a Pre-KG class! (alias playgroup)
Hurrayyy!

15 Juli 2019 akhirnya resmi jadi hari pertama Reia memulai perjalanan barunya yaitu BERSEKOLAH.

Hurray kedua kalinya!

Kalo di kartu identitas berarti bagian ‘pekerjaan’ udah bisa diisi: PELAJAR.

Hurray ketiga kalinya!

Nyahahahaha.

Sekarang gue cerita soal dia gimana ya di sekolah.

Dari hari pertama, udah gue wanti-wanti:

Nanti mama anter Reia, lalu Reia akan masuk ke ruangan kelas. You will play together with miss and your friends. You will be having fun. Be happy okay? Tidak perlu menangis karena mama akan ada di depan sekolah menunggu kamu. Nanti setelah selesai kegiatan di school, miss bilang boleh pulang, nah mama akan menjemput kamu. You just have to have fun with miss and your friends. Okay?

Anaknya bilang okay.

Kurang lebih emang demikian percakapannya, campur-campur enggres biar mamanya keliatan gaul. Eh bukan ya ๐Ÿ˜›

Tujuannya biar dia ngomong enggres karena emang di sekolahnya itu bahasa pengantarnya pake bahasa enggres. Dari berbulan-bulan sebelum sekolah, gue juga udah sering info ke dia kalau “Sebentar lagi sekolah yaaa, in school you have to speak English with teachers and your friends okay?”ย biar dia ga terbingung-bingung dan berasa dilempar ke planet lain yang berbahasa asing muahaha.

Trus kenapa gue ga full pake bahasa Inggris yang baik dan benar?
Karena…. Karena… Karena ku tak secanggih itu skill-nya hahahahaha.

Jadi yaudah campur-campur pake bahasa yang paling kukuasai dengan baik dan benar aja alias bahasa Indonesia. MERDEKA!!

Ehem. Maaf mulai melenceng.

Hari pertama berjalan dengan baik. Mireia termasuk anak yang suka jalan-jalan di kelas ngeliatin ini itu, merhatiin ini itu. Gue tau karena gue ngawasin dari luar kelas hahaha.

Entah napa sekolahnya (dan gurunya) kok ga teges ngelarang orang tua murid yang masih masuk ke dalem kelas videoin murid-murid. Padahal dulu waktu open house, salah satu presentasi mereka bilangnya anak-anak nanti harus belajar mandiri jadi orang tua cuma boleh ampe pintu besi, ga boleh masuk ke area belajar mengajar. Meskipun nangis-nangis, gpp biar ditangani oleh gurunya aja >> demikian info pas presentasi. Nyatanya ya ga gitu-gitu amat ternyata hahaha. Tapi yaiyalah ya guru udah 3 orang aja kewalahan ngurusin 20 anak yang baru masuk sekolah, mungkin mereka malah bersyukur ada mama2 yang masuk ke kelas nemenin anaknya hahaha.

Trus pas jam makan, mereka masing-masing harus ambil alas makan, piring dan sendok garpu yang disiapkan sekolah. Bekalnya sih pada bawa masing-masing tapi harus di taro ke atas piring dari sekolah itu. Anak gue… nyiumin piring dan sendoknya dong ada baunya apa ngga! HAHAHAHA.

Ini ibuk-ibuk yang terperangkap dalam tubuh anak-anak apa gimana yak lol.

Selama videoin dia itu gue ngumpet-ngumpet biar dia pikir ya memang ga ditemenin, meskipun banyak temennya yang ditemenin oleh orang tua mereka. Kocak sih ngeliatnya, kayak pas baris buat cuci tangan, dia bisa jalan-jalan sendiri liat ini itu sampe kayak terpisah dari rombongan dan gurunya mesti nyamperin narik dia buat balik ke barisan hahah ๐Ÿ˜€

Pas mereka pada turun buat maen perosotan, gue sempet iseng diem2 masuk ke kelas buat ngeliat roti bekalnya sisa berapa, karena gue bawain 15 potong kecil gitu hasil cetakan daiso tema mickey mouse. Sisa 2 potong. Waktu udah kelar sekolahnya, gue tanya ke dia, rotinya abis ga? Rencananya ngetes nih kira-kira kalo ditanya sesuatu itu dia bisa jawab dan cerita dengan bener apa ngga.

Dia jawab “Sisa dua. Aku kan mau makan, trus eehh aku main perosotan, jadi ketinggalan 2 deh rotinya.” hahaha ๐Ÿ˜€

Dan hari pertama pun selesai dengan sukses! ๐Ÿ˜€

Hari kedua, Mireia udah bilang bye-bye tanpa noleh ke gue. Hahahaha. Hari kedua sebenernya dimulai dengan sedikit drama pas pagi karena dia bangunnya itu dibangunin jadi masih ngantuk. Disuruh mandi jadi kesel dan pake bilang ga mau. Pas sarapan juga rewel. Tapi setelah itu untungnya malah dia yang ngajakin berangkat sekolah sambil bilang “Ayo. Aku mau sekolah. Ayo ke sekolah.”ย ๐Ÿ™‚

Hari kedua ini sebelum masuk kelas, gue wanti-wanti:

Mireia, do you remember what I said? Be happy, okay? Have fun. Trus kalo ada yang nakal sama Mireia, harus bilang apa? You say, NO NO NO! NO HITTING! Be kind and be nice! Okay? Kalo temennya tetep nakal, harus gimana? Kasih tau miss ya. Gak ada papa mama karena kan papa mama kerja, jadi you have to tell miss about it.ย 

Gue ngomong gini karena dari hari pertama emang udah sempet curhat sama buibu blogger soal kekhawatiran gue sama Mireia yang diem aja pas ditendang dan dijambak sepupunya hahaha. Trus dapet masukan-masukan yang akhirnya bikin gue berusaha ‘doktrin’ Mireia untuk ga diem-diem aja pas ada temen yang lebih agresif/kasar.

Trus hari kedua gue udah ga nungguin, abis dia baris berbaris buat masuk ke kelas, gue tinggalin buat ke kantor. Pas tadi udah pulang, gue telpon dan tanya,

“Gimana tadi di sekolah? Seru ga?”
“Seruuu. Ini sekarang aku lagi makan oreo ma, yang kemarin kita beli.”
“Oohh. Iya. Trus donatmu abis ga?”
“HABIS!”
“Ada yang nakal sama Mireia ga?”
“Gak ada”
*jawabnya mulai gak fokus sambil makan oreo*
“Maen apa aja tadi?”
“Aku lagi makan oreo nih.” >> SECARA GAK LANGSUNG MINTA UDAHAN.
KZL.

Hahahaha.

Jadi yaudah.

Hari kedua berakhir dengan sukses lagi! ๐Ÿ˜€

Hari ketiga gimana kah? Belum tau, karena kan masih besok ya. Hahaha.

Tapi dengan 2 hari pertama yang sangat baik ini, gue optimis sih untuk hari-hari selanjutnya ๐Ÿ˜€

MIREIA BABY, CONGRATULATIONS ON BEING A STUDENT!

Ini sebuah awal dari perjalanan panjang buat kamu (juga papa mama *sambil lirik dompet*) karena status pelajar ini akan terus ada selama belasan tahun ke depan.

There will be a time when you can’t play slide anymore at school.

There will be a time when you feel like you don’t want to go to school.

There will be a time when you feel some kind of pressure, I don’t know whether it’s because you would be the awkward-nerdy one of the bunch, or because you needed to aim higher and better academically, or simply because you hadn’t have your own cell phone while all of your friends have owned one.

There will be a time when you have to stay at home because you have a lot of homework, or because the day after is an exam day.

There will beย  a time when you have different teacher to each subject. (YES, not only 1 teacher who teaches every subject! ๐Ÿ˜€ ) and know that when this happens, things are getting a whole lot more serious (or difficult??) LOL!

There will be a time when you need to buy something for your art & craft class and you just remember about it. IN THE MIDDLE OF THE NIGHT.

There will be a time when your pen or pencil went missing after your friend borrow it. (LOL)

There will be a time when you feel like you hate your teacher. Or the subject s/he’s teaching.

And I hope, I really really hope,

You will always enjoy school, despite of everything.

I hope you will always have the curiosity to learn something new, to have fun, to be happy, to get excited with a new project and knowledge, to have a lot of good friends, and always remember that being able to go to school…

is a privilege.

One that you should cherish well.

Let me repeat that.
GOING TO SCHOOL IS A PRIVILEGE THAT YOU SHOULD CHERISH WELL.

Lastly…

Exams are things that you don’t have to worry about.

Well, not now, not for the time being. (LOL)

SO ENJOY WHILE IT LASTS AND GET ON THAT SLIDE! โค

WOOHOO!

 

9

Seminggu Lagiiii

….Reia mulai sekolah.

Agak deg-degan secara di rumah kan pake bahasa Indonesia, sedangkan di sekolah ntar bakal pake bahasa enggres. Agak kuatirย karena sejauh ini keliatannya kalo dia bisa mendem keinginannya untuk nangisย saat diintimadasi anak seumuran. Agak kepikiran ntar kira-kira bakal enjoy sekolah atau bakal drama dulu awal-awal sekolah.

Agak stresssss karena bakal mesti pikirin bekal sarapan dia tiap pagi ke sekolah. Untung cuma sarapan jadi cincai-cincai can do lah ya. Susu sekotak ama roti pake telor dadar gitu misalnya. Muahahaha.

Sebenernya banyak juga loh yang mau di update mengenai Mireia.

Apalagi akhir bulan depan dia udah ulang tahun ke-3.

Tapi gue saat ini lagi radang tenggorokan dan kepala kleyengan jadi rasanya entah napa ga mood aja buat nulis kebanyakan.

Jadi ampe jumpa di postingan berikutnya, semoga segera membaik dan mood nulis segera balik โค