Enakan Sotoy apa Soto?

Pernah gak sih lo dengerin anak nangis trus merasa terganggu dan sebel dan mikir ih ini orangtuanya ke mana sih, kenapa anaknya ga didiemin sih. Gimana sih.

Ato pernah gak lo ngeliat anak makan sambil nonton youtube nonstop di gadget dan mikir kalo anak gue ntar ga akan gue kasih gadget demi perkembangan otaknya, kasih nonton youtube terus-terusan gitu kan berbahaya.

Ato ini nih yang paling ultimate, pernah gak lo denger cerita dari seorang ato dua orang ibu mengenai parenting trus sambil lo dengerin sekalian lo catet dan simpen dalem note di otak lo, trus suatu waktu ketika lo lagi dengerin seorang ibu yang lain bercerita tentang anaknya atau cara parenting dia, eh lo dengan sotoynya bilang ke ibu itu“Kok segitu doang?/Kok begitu?/Bukannya mestinya begini?/Kok ini?/Kok itu?” dan komen lainnya seakan-akan lo lebih ngerti dan lebih tau.

Gue pernah.

Dulu waktu belum hamil. Waktu belum punya anak.

Dan setelah gue kemudian merasakan pengalaman hamil dan punya anak, gue perhatikan kok banyak ya orang yang belum punya anak, belum pernah hamil tapi ngasih komen super sotoy kayak mereka udah berpengalaman.

Pengalaman yang didapatkan melalui ‘pengetahuan’ mereka dari cerita-cerita orang. Entah dari emaknya, dari tantenya, dari neneknya, dari kakaknya, dari temennya, dari bosnya, ato dari tetangganya.

Gue gak lagi nyinyir, gue cuma ketawa aja inget kalo dulu GUE SENDIRI pun pernah sotoy begitu. Beuh macem yang paling tau, “Kata nyokap gue, anak tuh jangan selalu diturutin.. tar ngelunjak. Diemin aja kalo dia kayak gitu. Tar laper juga makan sendiri.”

YA LO GAK TAU YA RASANYA KALO ANAK SUSAH MAKAN ITU KAYAK APA.

“Setau gue kalo anak dikasih gadget terus tar kurang bagus loh, mending dialihkan aja perhatiannya”

YA LO GAK TAU RASANYA NYUAPIN ANAK SAMPE EMAKNYA SENDIRI GAK MAKAN-MAKAN KARENA SIBUK NGALIHIN PERHATIAN ANAK YE.

Yep. Gue pernah sesotoy itu kok. Guilty as charged. Hahahaha.

Jadi gue tulis blogpost ini buat apa sih.

Buat ngingetin diri sendiri aja. Kalo belum ngalamin, ga usah sotoy. Ga usah banyak komen. Orang cerita, yaudah dengerin aja. Senyum, kasih support bila dibutuhkan. Ga usah berasa lebih tau dehhh. Mencakup untuk semua hal dalam kehidupan ya lip.

Bahkan untuk hal yang sama aja, pengalamannya berbeda ye kan.

Contohnya kalo soal punya anak deh. Cara dan proses lahiran beda, karakter anak berbeda, kebiasaan anaknya berbeda, cara mengasuh dan latar belakang keluarga berbeda, pasangan untuk bikin anaknya juga (alhamdulilah) berbeda. Ya masa kita mau sotoyin orang merasa kita lebih tau cara dia ngurusin anaknya ato ngasih makan anaknya?

Jangan sotoy ah. Mending ngesoto. Soto ayam bening panas-panas pake kucuran jeruk dan sambel. Yuk.

*slurp*

 

 

8 thoughts on “Enakan Sotoy apa Soto?

  1. Iya sejak hamil n pny anak jg jd belajar ga sotoy, dulu suka sotoy walo mngkn ga ngm ke orangnya (ato jgn2 gw amnesia aja haha). Jd inget wkt abis lahiran alisha trus ada mutual friend (she’s not even my friend, just my friend’s gf), yg sotoy banget, udalah belom merit, belom pny anak, belom hamil jg, tp yakin se yakin2 nya, sampe pas gw berusaha jelasin dia blg “emm, ga gitu sih” ISH! Sebel bener. Sampe gw blg “Yauda nanti lo cobain aja kalo uda punya anak” haha. Ditambah abis lahiran hormon ga stabil yakan haha. Msh sebel kl inget2 tp yasudahlah jd pelajaran aja spy jgn jd kaya dia. *ehjadicurhat

    Like

    • ih gw aja bacanya emosi! sungguhlah klo soal anak itu orang harus lebih ati2 komen. anak kesatu sama anak kedua aja bisa beda sifat. jadi jangan samakan diriku dan dirinya don! #ehgimana

      Like

  2. gua dulu juga sebel sih kalo liat anak orang lari2 ga jelas sambil teriak2, trus mikir koq orangtuanya biarinin aja sih….. dan anak gua pun ternyata sama! hahahaha… gua bukan biarinin, cuma uda males ngomong, jadi kalo dirasa masih aman buat lari2 di tempat umum, ya udahlah sana lari2 hahahaha….

    Like

  3. Ngasih makan anak, setiap hari, sehari beberapa kali, serasa buang2 waktu percuma dalam hidup ini. Tapi kalo anak makannya abis, kayak abis mendaki puncak tertinggi dan tiba di atasnya. Bahagiaaaaa hahahahah. (Masih mengalami sampai sekarang…)

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s