8

Enakan Sotoy apa Soto?

Pernah gak sih lo dengerin anak nangis trus merasa terganggu dan sebel dan mikir ih ini orangtuanya ke mana sih, kenapa anaknya ga didiemin sih. Gimana sih.

Ato pernah gak lo ngeliat anak makan sambil nonton youtube nonstop di gadget dan mikir kalo anak gue ntar ga akan gue kasih gadget demi perkembangan otaknya, kasih nonton youtube terus-terusan gitu kan berbahaya.

Ato ini nih yang paling ultimate, pernah gak lo denger cerita dari seorang ato dua orang ibu mengenai parenting trus sambil lo dengerin sekalian lo catet dan simpen dalem note di otak lo, trus suatu waktu ketika lo lagi dengerin seorang ibu yang lain bercerita tentang anaknya atau cara parenting dia, eh lo dengan sotoynya bilang ke ibu itu“Kok segitu doang?/Kok begitu?/Bukannya mestinya begini?/Kok ini?/Kok itu?” dan komen lainnya seakan-akan lo lebih ngerti dan lebih tau.

Gue pernah.

Dulu waktu belum hamil. Waktu belum punya anak.

Dan setelah gue kemudian merasakan pengalaman hamil dan punya anak, gue perhatikan kok banyak ya orang yang belum punya anak, belum pernah hamil tapi ngasih komen super sotoy kayak mereka udah berpengalaman.

Pengalaman yang didapatkan melalui ‘pengetahuan’ mereka dari cerita-cerita orang. Entah dari emaknya, dari tantenya, dari neneknya, dari kakaknya, dari temennya, dari bosnya, ato dari tetangganya.

Gue gak lagi nyinyir, gue cuma ketawa aja inget kalo dulu GUE SENDIRI pun pernah sotoy begitu. Beuh macem yang paling tau, “Kata nyokap gue, anak tuh jangan selalu diturutin.. tar ngelunjak. Diemin aja kalo dia kayak gitu. Tar laper juga makan sendiri.”

YA LO GAK TAU YA RASANYA KALO ANAK SUSAH MAKAN ITU KAYAK APA.

“Setau gue kalo anak dikasih gadget terus tar kurang bagus loh, mending dialihkan aja perhatiannya”

YA LO GAK TAU RASANYA NYUAPIN ANAK SAMPE EMAKNYA SENDIRI GAK MAKAN-MAKAN KARENA SIBUK NGALIHIN PERHATIAN ANAK YE.

Yep. Gue pernah sesotoy itu kok. Guilty as charged. Hahahaha.

Jadi gue tulis blogpost ini buat apa sih.

Buat ngingetin diri sendiri aja. Kalo belum ngalamin, ga usah sotoy. Ga usah banyak komen. Orang cerita, yaudah dengerin aja. Senyum, kasih support bila dibutuhkan. Ga usah berasa lebih tau dehhh. Mencakup untuk semua hal dalam kehidupan ya lip.

Bahkan untuk hal yang sama aja, pengalamannya berbeda ye kan.

Contohnya kalo soal punya anak deh. Cara dan proses lahiran beda, karakter anak berbeda, kebiasaan anaknya berbeda, cara mengasuh dan latar belakang keluarga berbeda, pasangan untuk bikin anaknya juga (alhamdulilah) berbeda. Ya masa kita mau sotoyin orang merasa kita lebih tau cara dia ngurusin anaknya ato ngasih makan anaknya?

Jangan sotoy ah. Mending ngesoto. Soto ayam bening panas-panas pake kucuran jeruk dan sambel. Yuk.

*slurp*