Ih pake duit bokap nyokap aja bangga

Pernah denger gitu ga?

Gue sendiri pernah melontarkan kalimat begitu pas lagi ngomongin temen yang suombonggggggnya ampun-ampunan dan temen lain yang melimpahi pacarnya dengan hadiah mewah.

Kalo yang pertama itu tentu saja murni karena sebel.

Kalo yang kedua, tentu saja karena sirik. Muahahahahahaha 😂

Gara-gara lagi ada keributan soal privilege di sosial media, jadi pengen nimbrung dikit.

Oh btw kalo lo bingung awal mulanya dari mana, setau gue karena ada yang nyinyirin pemilihan staf khusus presiden teranyar, bahwa yang dipilih adalah orang-orang berprivilege dan ga bener-bener mewakili rakyat banyak. Tapi trus berkembang jadi beberapa orang ber-privilege tau-tau melemparkan komen-komen rada “kontroversial” karena menganggap apa yang mereka miliki itu bukan privilege, tapi intinya mah semakin mereka mau komen malah semakin salah deh. Itu aja 😂

Nah balik lagi ke pembahasan gue yang gak penting.

Gue inget gue sering banget cerita dengan bangga ke orang-orang bahwa:

  1. Gue nikah pake biaya gue dan koko doang, ga minta orang tua
  2. Koko dan gue beli rumah pake usaha sendiri, ga nyusahin orang tua

Pantes gak sih gue bangga gitu? Menurut gue ya pantes!

Dulu koko itu berpikiran bahwa yang namanya biaya menikah adalah tanggung jawab orang tua, jadi saat kita menikah akan dibiayai orang tuanya.

Gue gak mau. Ayo nabung sendiri. Kalo untuk menikah harus pake nyusahin orang tua dulu, buat apa? Kalo emang ngepas yaudah ga usah resepsi. Pemberkatan aja trus lanjut catatan sipil. Wes. Simpel.

Koko akhirnya menuruti maunya gue, tapi tetep dia usahakan untuk resepsi. Eh kebeneran menjelang hari H kita nikah, keluarga koko sempet ada problem yang mana kalo kita mengandalkan orang tua doang untuk nikah, bisa-bisa batal kali tuh acaranya.

Jadi gue pantes gak bangga? Ya panteslah!

(Harus diulangi. Hahahaha)

Karena gue bilang kudu pake biaya sendiri, alhasil problem keluarga itu ga membuat acara gue batal.

Dan ada nikmat tersendiri untuk bisa membiayai kebutuhan kita sendiri tanpa merepotkan orang tua.

TAPIII~~

Here comes the big capitalized TAPIII…

Itu karena gue emang dibesarkan dalam keluarga yang pas-pasan. Ga sampe kekurangan, tapi juga ga berlebih. Jadi buat gue ya wajar kalo harus mengusahakan hal-hal tersier macem resepsi pernikahan dengan biaya sendiri.

Wajar kalo gue punya pemikiran untuk menikah harus pake duit sendiri.

Koko juga berasal dari keluarga pas-pasan. Jadi ya gue otomatis ga mengharapkan untuk dibiayain orang tua dia juga.

Nah cuman kalo misal gue boleh berandai-andai, gue maunya tetep pake uang sendiri apa kaga?

Ya kalo bisa punya orang tua yang tajir melintir, cencu sajah ku maunya pake uang orang tua 🤣

Ga usah pusing, ga usah mikir. Kalo bisa milih yaaa.

Jadi gue juga berusaha untuk ga mengecilkan bahagianya orang lain hanya karena…

Ah nikahnya mevvah tapi kan dibiayain orang tua. Iya punya mobil tapi kan ih itu duit bokapnya. Oh langsung punya rumah sendiri ya tapi kan dibeliin orang tuanya.

Yaaaaahhhhh trus kenapa??

Gue juga kalo bisa mau kerja keras supaya Mireia entar nikah ga pusing, dan bisa gue beliin mobil dan rumah buat dia.

I mean…

Secara jujur gue akui tentu ada masanya gue yang ga menikmati uang berlimpah-limpah ini rada sirik dan ngenyekin orang tajir melintir dalam hati. Kalo lagi bitter aja sih biasanya 🤣

Tapi apakah mereka yang punya rezeki berlebih dari orang tuanya itu pantes untuk denger nyinyiran gue? Ya kagak lah.

Panteskah mereka untuk gue rendahkan atau kecilkan kebahagiaannya hanya karena itu pake duit orang tua, bukan pake uang sendiri? Ya kagak lah.

Lucky for them untuk memiliki orang tua yang punya harta banyak.

And wouldn’t I like that for my kid too??

Jadi kalo lagi negatif karena sirik, gue berusaha banget keep that inside myself or my inner circle (halo grup mahmud tercintakuh dan grup suka-suka kesayangankuh! Hihihihi)

Please ini jangan dicampuradukkan sama “Ah tapi kaya ga menjamin kebahagiaan” yaaaa. Karena oh saudara-saudara, realistis ajah, ga ada duit bisa bikin gampang berantem ama suami loh!

Hahahahahahaahahahahahahauglytruth.

Dan gue rasa penting juga saat lagi kayak negatif sirik gitu untuk menyadari kalau gue itu sebenernya udah berlebih.

Gue punya privilege banyak dibanding orang-orang lainnya di Indonesia. Meskipun tumbuh besar dalam keluarga yang bahkan motor saja tidak punya, tapi sekarang at least suami bisa beli mobil sendiri. Bisa punya rumah sendiri meski KPR belasan tahun. Bisa sekolahin anak di sekolah swasta national plus.

Hahahah sungguh sebuah cara untuk menghibur diri sendiri 😆

Tapi terlepas dari pembahasan tak berfaedah ini, besar harapan gue semoga staf khusus presiden, meskipun punya privilege, tetap punya rasa simpati, empati dan bisa mengusahakan kesehahteraan rakyat kecil.

Karena memang harus diakui, sulit untuk memikirkan, merasakan, ato membayangkan kesulitan orang lain ketika kita tidak pernah berada di posisi sulit tersebut 🙂

Boleh bangga punya privilege, tapi semoga tidak membuat kita lupa dengan orang-orang yang tidak seberuntung kita.

Sekian dan terima dibeliin mobil baru.

3 thoughts on “Ih pake duit bokap nyokap aja bangga

  1. HAhahahaasamaahhahah.. Gw juga kalo ketemu orang kaya somvonk ya begitcu.. DIhh.. Duit ortu aja belagu..wkwkwk.. Tapi kalo dianya baek, ku juga baek kok… hahahah XD

    Like

  2. Gue termasuk yang mayan seneng gue dan suami dilepas ortu untuk mandiri dengan modal pendidikan yang sudah lebih dari cukup mereka kasih ke kita. Ada masa2 rasanya pengen juga kayak bbrp temen yang belum apa2 dimodalin ortu berbagai hal. Tapi untungnya ga pernah bikin sirik sih, cuma memacu kita utk berusaha dan bekerja lbh baik lagi dan pada akhirnya beneran spt yg lu bilang, ada kebanggaan tersendiri di dlm hati kita, dan gue yakin kita jg bikin ortu bangga dengan kemandirian kita.

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s