Tampon vs Menstrual Cup

Sesuai judul, gue bakal ngomongin seputar menstruasi dan pakai bahasa straightforward tanpa sensor, jadi kalau kurang nyaman silakan di skip πŸ™‚

TAMPON

Dulu pas masih abegeh unyu, gue selalu penasaran tampon itu kayak apa. Soalnya gue pernah baca buku novel impor tentang abege yang baru akil balig dan belajar pake tampon, sementara saat itu gue taunya ya pembalut biasa semacam softex, charm, laurier, dll.

Gue bingung apa sih kok katanya ada tali-talinya. Kok kayaknya ribet ya cara pakenya. Tapi dari kata-kata di novel itu, gue tetep ga bisa memvisualisasikan seperti apa bentuk tampon dan cara pakenya.

Sekarang mah apa-apa tinggal google aja ya untuk cari tau, lah dulu pas gue SMP, handphone gue itu Nokia 3310. Kemampuannya bukan buat ngegoogle, melainkan buat ngelempar buah mangga mateng biar lepas dari pohonnya huahaha πŸ˜›

Nah pas udah kerja, gue sempet ketemuan dengan temen yang kuliah di luar negri, trus dia cerita bahwa sebelum balik ke sana dia mesti beli pembalut dulu dari Jakarta. Soalnya di sana agak susah nyari pembalut yang nyaman, kebanyakan orang sana pada pake tampon.

Gue jadi inget lagi sama rasa penasaran gue. Tanya-tanya tampon kayak apa, kok ya tetep aja belum terlalu ngeh macem apa sih ini tampon bentukannya. Mau beli di Century tapi kok malu. Entah kenapa gue harus malu untuk beli tampon hahahaha.

Selain malu, gue juga bingung sih buat apa beli tampon kalo belum bisa dipake. Kan katanya tampon ada kemungkinan bisa ngerusak selaput dara, jadi ya mendingan kalo mau coba-coba pake tampon ntar aja, setelah nikah.

Ato lebih tepatnya, setelah melakukan coitus.

πŸ™‚

Gue inget beli tampon itu pas lagi honeymoon di Bali. Ke apotik buat beli obat tetes mata eh ada tampon. Yowis beli dulu, ntar kalo udah haid baru coba pake. Kalo pas hanimun sih ya ga haid dong yaaa, kan udah diatur jadwalnya biar ga bentrok mihihihihihihihihihihihi *ketawa cekikikan sok malu-malu minta ditabrak barongsai*

Setelah beli, rasanya excited. Pengen segera unboxing itu kotak tampax biar misteri bentukan tampon segera terselesaikan.

Fast forward ke pengalaman setelah nyobain tampon: Lumayan juga. Enaknya karena ga ‘belepotan’ kayak pas pake pembalut biasa, trus awal-awal pake emang berasa rada aneh karena gue sadar ada sesuatu di dalem vagina. Tapi lama-lama ya biasa aja, cuma kalo udah penuh berasanya kayak agak ganjel.

Baru pake beberapa kali, gue cari tau soal TSS alias Toxic Shock Syndrome yang merupakan salah satu resiko pemakaian tampon. Sebenernya kasus TSS ini langka (katanya brosur merk tampon yang gue pake), tapi di brosur juga tertulis bahwa untuk menghindari resiko TSS ini ya lebih baik pake pembalut biasa.

Atau, gunakan tampon low absorbency.Β Kalo dari hasil gue menclak menclok sana sini di beberapa artikel berusaha memahami TSS, gue menyimpulkan tampon high absorbency lebih tinggi resikonya untuk bikin TSS karena katakanlah darah menstruasi kita 100 ml, sementara si tampon yang kita pake bisa menampung hingga 200 ml. Nah “sisa” kapas yang ga menampung darah itu rawan bakteri dan bisa menyebabkan TSS karena proses kimia endesbra endesbre (maap otak mulai ga nyampe untuk ngejelasin).

Jadi ya better pake tampon yang daya serapnya rendah, tapi sering ganti setiap beberapa jam. Cuma karena gue keburu keder (TSS bisa menyebabkan kematian) dan harga tampon juga cukup mihil dibanding pembalut biasa, akhirnya gue ga lanjutin pemakaian tampon.

Naaahhh berhubung banyak temen kantor yang ternyata belum tau bentukan tampon, gue iseng coba ngasih liat di mari juga. Daripada dibuang begitchu saja, ya lebih baik gue membantu memecahkan misteri bentukan tampon, siapa tau ada yang penasaran juga macem gue.

Siapa tauuuuu. Ada kan ya yang penasaran? Ah pasti ada deh. Ah jangan sok ngga-ngga gitu deh, gue tau pasti ada yang belum tau dan pengen tau bentukan tampon kan? Ah ngaku aja deehh.

Huahaha yuk mari kita tengok sama-sama. *keburu di close-tab oleh yang baca*

Tampon yang gue beli ini merk Tampax tipe Pearl Super Plus. Isinya macem bungkusan gula gitu hahaha, tapi kalo dipegang berasa kayak ada semacam pulpen di dalemnya

Buka bungkusannya gampang banget, warna biru itu aplikatornya berbahan plastik, Di ujung aplikator bagian bawah ada tali menjuntai, di bagian atasnya keliatan semacam kapas gitu (foto ketiga). Aplikator itu dimasukin ke vagina (biasanya bakal ada yang baca ini sambil ngilu-ngilu gimana gitu, tapi gue bakal ulang lagi kalimat yang selalu gue ucapin ke temen-temen gue yang ‘ngilu’ pas gue kasih tau cara pake tampon: JAUUUHHHHH lebih ngilu malam pertama, shay~~~ Jadi yang udah nikahΒ pernah ML ga usah eeww ewww, lebih gedong punyanya lakik kok muahahahaha), setelah aplikator dimasukin ke vagina, bagian bawah yang lebih langsing itu semacam kita dorong trus plastik aplikatornya bakal keluar dari vagina jadi kapas putihnya ‘tertinggal’ di dalam dengan sisa tali menjuntai (tidak mengganggu), buat ditarik ntar pas udah penuh tamponnya.

Gue iseng coba basahin kapas dengan air, ternyata mengembang jadi kayak foto terakhir hehe. Pantesan kalo udah penuh berasanya kurang nyaman.

img_3552img_3553img_3554img_3555img_3556img_3557img_3559

MENSTRUAL CUP

Setelah serem sama TSS dan memutuskan berhenti pake tampon, gue ketemu alternatif lain untuk pake menstrual cup. Eh? Apa itu menstrual cup?

MC ini semacem cup untuk nampung darah haid. Jadi kalo tampon dan pembalut biasa menyerap darah, MC ini menampung. Bahannya biasanya latex ato silikon, tapi seringnya silikon.

Keliatan agak lebih serem dibanding tampon ya?

Awal-awal pake MC gue juga ngerasa kagok, tapi setelah beberapa kali akhirnya jadi lebih fasih makenya dan….

GUE SUKA BANGET. *insert emoji lope-lope di udara dan gue yang lagi nari balet di sini*

Ih gokil deh, pas udah di dalem bisa ga berasa ada sesuatu di dalem, nyaman banget berasa kayak lagi ga mens. Gue takjub. Udah gitu entah sugesti apa ngga tapi rasa sakit di bagian abdomen jadi berkurang sejak gue pake MC.

Beruntungnya lagi, gue udah mulai pake MC sebelum gue dan koko ke Singapura. Di SG, toilet-toilet umumnya ga ada tuh semacem jet spray air buat ngebasuh kayak di Indonesia. Sementara pipis pas lagi haid tanpa dibasuh air itu….. berantakan dan menjijikkan banget kan yaaa. Hiiii geli 😐

Nah tapi gue ‘terselamatkan’ karena pake MC ini bersih-sih-sih-sih-sih kayak gak lagi haid. Enak lah pokoknya.

Cara masukinnya sedikit lebih ribet dibanding tampon, tapi begitu udah ‘ahli’ ya jadinya ga problem. Trus gue pernah pake cukup lama pas lagi heavy flow,Β bisa tahan belasan jam tanpa bocor loh. Kalo pake pembalut biasa yangΒ night, biasanya paling lama gue udah mesti ganti setelah 4-5 jam. Cuma ya ini tergantung jumlah darah haid setiap orang juga, jadi dikira-kira sendiri aja ya hehe πŸ˜›

Pas dikeluarin ada kemungkinan bisa tumpah/netes, jadi harus dikeluarin pas duduk di kloset ato di kamar mandi. Gue sendiri ga geli sama darahnya karena ya darah biasa aja sih menurut gue, tinggal buang, cuci bilas, udah deh bisa pake lagi. Pas udah kelar haid, gue rendem di air mendidih selama beberapa menit baru disimpen lagi.

Kalo dibayangin mungkin berasa geli dan serem dll ya. Gue punya temen yang pas gue ceritain 2 tahun lalu, merasa menstrual cup itu mengerikan banget, tapi sekarang malah sangat tertarik untuk pake.

Buat beberapa temen yang bilang MC itu serem dan bikin ngilu, jawaban gue sama kayak buat jawaban tampon tadi. Gak ngilu kok, awal-awal emang bisa berasa kurang nyaman karena pengalaman pertama. Tapi dibanding coitus alias sexual intercourseΒ pertama kali, percayalah ini ga ada seujung kukunya hahaha πŸ˜›

Gue pake MC merk Mooncup, belinya dengan email ke momselect@gmail.com.

Gue ga tau masih bisa beli via Mom Select apa ngga, soalnya di Indonesia kayaknya belum ada distributor resminya. Harga mooncup sendiri cukup mahal, 500an ribu.

Tapi karena bisa dipake terus dalam jangka waktu lama, ditambah dengan kenyamanan yang diberikan, menurut gue harga segitu sih worth it.

Pokoke MC ini recommended banget hehe πŸ˜€

 

 

Advertisements

44 thoughts on “Tampon vs Menstrual Cup

  1. Wkwkwk td nonton trailer film bule, Mother’s Day klo gak salah. Ada bapak2 mo belanja di supermarket yg nyatet pesenan anaknya . Trs anaknya nitip Tampon. Kata bapaknya: “I’ll just write it out here as T. Yes yes I think I’ll know what it means….” πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

  2. gw kaget pas baca judulnya, kok ada yg tau menstrual cup juga wkwkwk. soalnya gw cuma tau MC dari si dina. gw jg punya MC berkat nitip dia pas ke yurop, dia punya juga beli disana. gw ga pake survey2 langsung manut aja nitip beli karena katanya dia rekomen banget. dan selain dina, gw ga pernah denger ada temen lain yang ngomongin soal MC ini, makanya pas lo nulis gw cukup surprised hahaha. eniwei, gw juga ga tau cara pake tampon, baru nyoba beberapa bulan yang lalu trus salah pulak pakenya, aplicatornya masih di dalem donk, pantesan sakit LOL *tutupmuka. trus gw ga pede juga, takut bocor, jadi gw tetep pake pembalut lagi. dan soal MC gw juga suka banget. berasa ga kaya lagi haid. tapi tetep si, kalo lagi banyak gw juga dobel pake pembalut. karena gw masih ‘belepotan’ kalo harus lepas MC, kalo di toilet umum yg minim air takut kotor kemana2, jadi gw prefer buang isinya dirumah. trus gw jg tetep pake pembalut kalo malem, kalo lagi heavy flow, lagi2 karena takut kepenuhan hahaha. tapi diluar itu, emang rekomen banget sih pake MC, ga usah takut2 pakenya, lama2 juga biasa hihih

    Like

    • Deaaaa yaampun ngilu euy baca pas aplikator masih di dalem :s iya lepas MC itu emang agak susah ya kalo mau bersih hahaha, tetep belepotan. Tapi kalo di atas kloset gue masih gpp sih πŸ˜€

      Like

  3. Yg MC gue pernah dijelasin Lip sama temen gue yg gawe di oz tapi tetepppp nyali gue cemen πŸ˜‚ ga beraniiii buat pakenya padahal enak ya, ga serepot kalo pake pembalut

    Like

    • Iya, yang bikin males dari pembalut itu sih sebenernya kalo pas pipis gitu belepotan hahaha. Jadinya begitu coba MC kok rasanya jadi “I feel freeee~~” macem syahrini hahaha.

      Like

  4. MC ini gua liat di postingan org kok masukinnya kek ribet ya wkwkwk.. en masukin sesuatu selain anunya cowo gimana gitu rasanya yaaaaa hahahahahaha.. tp beneran enak ya? Pertanyaan bodoh sih, kalo pipis bisa lepas ga? LOL siapa tau saking nafsunya pipis kedorong dan byarr πŸ˜…

    Like

    • Kalo udah masuk mah ga berasa loh ci. Kayak ga lagi mens πŸ˜€ Ga lepas karena saluran kemih sama vagina kan beda letaknya πŸ˜› Selain itu dia ketahan kok di dalem πŸ˜€

      Like

  5. Lip… MC ini ribet menurut gue lho ya hahaha apalagi kalo lagi di kantor… secara toiletnya minimalis (kalo butuh air dll harus keluar cubicle) gue pengguna setia tampon. Pertama kali pake tampon gue merasa tertampar πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ selama ini bego banget pake pad! Apalagi nih kulit sensitif jadi kalo pake pad bisa kena nappy rash kayak bayi2 pake diaper lol. Soal selaput dara dan tampon btw gue sering ceritain ke temen2 di sini dan alhasil reaksi mereka… selaput dara itu apa ya huahauahua. Gue pribadi sih nggak mikirin ttg itu pas gue pake yang penting nyaman πŸ™‚

    Like

  6. Merk Mooncup kayaknya the best y Ci banyak yg recommend juga soalnya πŸ™‚
    Tapi belum berani pake ha..ha..ha..tapi kalau disurun milih bakal milih menstrual cup daripada tampon sih he..he..he..

    Like

    • Diva Cup juga banyak dibahas kayaknya, cuma pas aku cari tau soal MC ini kebetulan nyasar di The Urban Mama dan pada bahas mooncup semua jadi yowislah aku beli mooncup aja hahaa

      Like

  7. Tampon pernah denger tapi gak ngerti juga mksdnya apa XD makasi penjelasannya Lip, Klo MC gk pernah denger, keknya daku tipe jadul ttp pada pembalut aja trus kan sekarang pembalut ada yg super tipis tuh jadinya gk berasa lagi pake hahaha~

    Like

    • Lol, kalo mooncup bukan berasa ga lagi pake, tapi berasa kayak lagi ga mens, Nie. Saking nyamannya ya πŸ˜€ Bener2 pas pipis itu kita ga ngeliat darah2 belepotan, bener2 ga berasa mens deh hihihi. Dan beraktivitas juga bisa ga berasa ada sesuatu dalem vagina πŸ˜€

      Like

  8. Gw ndk pernah denger semua ahhahha…baru tau dari blog lu
    Duhh gw mental tempe lip, jd pake pembalut aja dah…pembalut aja gw udh gerah

    Like

  9. Nice info Lip, gw jg dulu sempet liat2 di google soal tampon sama mc. Dari segi praktis memang mc no 1 ya.
    Cuma memang cemen gw hahahaha ga berani obok2 trs gw malah takut mc atau tampon itu nyangkut di dalem *horor bgt ya fantasi gw* wkwkwkwk. Gw better menstrual pad aja deh, biarin dah cuci2.

    Like

  10. Aku bacanya ngilu ngilu gremet gremet gitu.. Hahahaha.
    Belom kepikiran make dua itu. Bayanginnya aja udah keringet dingin.. πŸ˜‚
    Kalo udah nikah aja kali yaa. Dan kalo berani juga..wkwk

    Like

  11. KECEEE! dari bulan lalu penasaran pengen nyoba tampon, karena kulit gw super sensitif jadi biasanya hari ke-3 udah lecet semua bagian bawah karna pake pembalut seharian jadi pengen nyoba opsi lain.
    ternyata setelah baca ini, NO WAY! :)))

    menstrual cup kok gw sama sekali ga kebayang gimana makenya ya. mungkin ada di youtube (meluncur) (yakaliii divideoin)

    thanks Lip! nice info siiiss

    Like

  12. Ak juga pernah pake tampon.. Kejadian nya sama persis kaya ci oliph,, pas honeymoon d bali.. Beli tampon biar hisa tetep berenang.. Tapi ga enak pakenya.. Kaya ada yg ganjel.. Entahh makenya yg ga bener ya..

    Soal menstrual cup,, ai baru denger dari cc nih.. Ga kebayang gmn pakenya.. Apa ga ngeganjel gitu?

    Like

    • Kalo tampon iya entah kenapa aku juga bisa berasa ganjel pas penuh, mgkn karena dia ngembang ya di dalem.
      Kalo MC sih setelah terbiasa ga berasa apa2 sama sekali loh Na, makanya aku demen banget haha

      Like

  13. Gw tau MC ini dari postingan Dina deh.. Terus sebagai orang yg katanya mendukung lingkungan bersih kok tertarik tapi ya ga ketemu2 karena kalo ga salah waktu itu dia beli di Eropa.. Mau ih kalau ada yg jual dimari.. Makasih lho ses infonya πŸ˜€

    Like

  14. Ternyata dirimu memang lebih maju daripada saya dik…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Ce ga pernah kepikir mau coba tampon. Mencari tahu aja ga.
    Apalagi yg mc itu… hahahaha.

    Menarik untuk dicoba.
    Tapi, belum dulu deh. Ahahaha

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s