13

Mireia’s 3-5 Months

Kali ini cukup 2 bulan aja, ga borongan ampe 3 bulan πŸ˜›

Mireia’s first quarter bisa dibaca di sini.

3-4 BULAN

Pertama kali Reia kena alergi. Kayaknya karena gue makan udang yang ga fresh, soalnya gue sebenernya udah pernah hajar makan ikan, udang, kepiting dan cumi sejak Reia baru 2 bulan. Dan dulu Reia ga kenapa-kenapa hehehe.

Mulai makin sering ngakak.

Bisa diliat di instagram gue @olivivia3 video dia ngakak karena maen cilukba ama si koko πŸ˜€

Pertama kali batuk pilek juga. Duh gue sedih bukan main, berasa kok bisa-bisanya anak kena batuk pilek padahal kan full asi. Bukannya bayi full asi itu daya tahannya bagus ya katanya? 😦

Tapi yang namanya virus ya mau gimana lagi. Emang lagi musim juga sih, di kantor pada batuk pilek semua.

Gue mulai balik ngantor. Apakah ada perasaan kangen anak? Ada, tapi ga lebay. Ga ampe telpon-telpon ke rumah melulu gitu. Ga mellow kepikiran anak terus juga.

Soalnya… perasaan mellow udah dirasain sejak dia sebulanan hahaha. Saat gue udah ga dipingit lagi, gue dan koko langsung capcus ke mall buat nonton. Jadi meskipun gue masih cuti melahirkan, tapi gue udah ngerasain mellow ninggalin anak di rumah hahaha πŸ˜›

Pertama kali Reia diajak berenang dan pijat baby di Mom n Jo PIK. Gue cukup suka service di Mom N Jo. Biaya untuk baby swimming + massage 275 ribu. Sebelum berenang, ditimbang dan dicek suhu badan dulu. Ditanyain juga apakah ada hal/kondisi yang perlu diperhatikan oleh terapisnya.

Handuk udah disediakan dari Mom N Jo. Wajib pakai kaos kaki untuk masuk ke ruangannya. Kalo kita lupa bawa, mereka udah sediain kaos kaki untuk kita. Tapi bayar dong kakaakkk hahaha. 25 ribu kalo ga salah.

Satu kamar untuk satu bayi. Interiornya beda-beda tiap kamar.

img_8433

Pengalaman pertama ini bisa dibilang cukup gagal karena Reia ngantuk dan laper huahaha. Salah gue ga nidurin dan nenenin dia dulu sebelum berenang. Alhasil 2/3 dari waktu berenangnya nangis lol. Sisanya gue distract supaya dia bisa nikmatin berenangnya tapi… gimana ya namanya juga orang ngantuk, mamihhh πŸ˜›

img_8429

Pemanasan sebelum berenang

MassageΒ nya lumayan, soalnya dia dipijet sambil nemplok nenen sama gue. Jadi ya otomatis kalem-kalem aja, ketiduran πŸ˜€

Pertama kali juga menang giveaway loh di IG hahaha *tebar confetti* Thank you @littleattire. Sayang ampe sekarang belum ketemu momen pas untuk dia pake bandananya.

img_8586

Mulai makin heboh ngenyot tangannya. Ngencesnyaaaa ampun-ampunan. Jadi sekarang kemana-mana pake bib alias slaber alias tatakan iler, lol. Bahkan di rumah aja pake. Daripada ganti baju mulu karena basah oleh iler, mending ganti bib deh πŸ˜€

img_8347 img_8189

Suntikan BCG mulai keliatan ‘mata’nya saat dia 3,5 bulan. Sekitar sebulanan setelah vaksin.

img_8402

Ga gue apa-apain. Beberapa hari kemudian pecah sendiri dan akhirnya berbekas sampe sekarang. Mudah-mudahan makin gede bekasnya ilang sendiri.

Saat dia genap 4 bulan, pas hari Natal πŸ˜€

img_8628

4-5 BULAN

First Christmas!

Pertama kali juga gue ajak ngumpul sama keluarga besar gue πŸ˜€ Langsung jadi pusat perhatian karena ngegemesin (self-proclaimed oleh mamanya lol)

img_8671

img_8676

Ipho Imel dan Ipho Elisa paling semangat πŸ˜€

img_8665

Si little elf sama suster W

Lumayan banyak yang nanyain soal suster alias babysitter ke gue. “Susternya dari yayasan mana?”

Mohon maaf gue ga bisa bantu banyak karena suster gue ini kebetulan bukan dari yayasan, ini susternya temen koko – yang memutuskan ga pake suster lagi karena istrinya resign. Jadi tanpa pake balik yayasan dulu, nih suster udah gue book buat Reia.

Gue berharap banget bisa pake suster ini karena rumahnya deket rumah gue, jadi bisa pulang hari. Si suster kerjanya jam 8-17 saat weekend. Kalo weekday, dari jam 8 pagi dan pulangnya nunggu gue pulang sampe rumah dulu, sekitar jam 7 malem. Jadi malem gue tetep handle Reia sendiri. Saat weekend juga biasanya gue handle Reia sendiri, sus sifatnya membantu aja. Dalam sebulan, ada satu kali weekend (Sabtu Minggu) suster cuti. Sejauh ini masih baik-baik aja dan gue pun lumayan cocok sama si sus. Mudah-mudahan untuk seterusnya si sus bisa awet kerja sama gue dan koko πŸ™‚

Reia mulai bisa tengkurap sendiri di umur 4 bulanan. Tapi baru bisa ke sisi kanan doang. Sampe sekarang belum bisa ke sisi kiri. Huahahah πŸ˜€

Kalo udah tengkurap, mulai bisa mundur-mundur juga. Niatnya sebenernya maju ke depan, tapi jadinya malah mundur. Hahaha.

img_9046

Sekitar hampir dua minggu setelah bisa tengkurap sendiri, dia bisa terlentang sendiri tapi masih accidentally. Hahaha. Jadi sesekali aja kayak ga sengaja eehhh tau-tau terlentang πŸ˜›

Mulai mau anteng bobo di dalem ergo. Tapi kalo di stroller, cuma bisa bobo sebentar trus sekitar 10-20 menit kemudian bangun. Kadang malah baru di taro di stroller udah langsung bangun. Ga terlalu suka tidur telentang sih, tapi gimana caranya tidurin tengkurap di dalem stroller, sayangggg πŸ˜›img_8877

img_8720

Ngocehnya makin pinteerrr. Ngomelnya juga makin pinter huahahahaha πŸ˜› Udah bisa teriak-teriak excited dan teriak-teriak karena kzl.

Udah bener-bener ngenalin gue. Kalo ngeliat gue pulang, langsung ketawa hepi. Kalo lagi nangis rewel pas digendong orang lain, trus ngeliat gue dan akan gue gendong, bisa langsung diem karena ngerti bakal gue gendong.Β Kalo lagi nangis rewel mau nenen, trus gue ambil posisi mau nenenin, dia juga udah ngerti. Bisa diem nungguin.

Bosenan. ContohnyaΒ papanya becanda pake trigger word “Prot prot prot”, awal-awal pas denger, dia ketawa lebar. Kedua kali, dia ketawa agak lebar. Ketiga kali dia mulai ketawa biasa aja ato senyum heee gitu doang. Selanjutnya dia mulai natap datar meski diulang-ulang. Huahahahahahahah πŸ˜€

Anak siapa sih iniii gemesin amat.

img_9056

Kenaikan berat badan mulai ga heboh-heboh banget πŸ˜€

Oh ya sempat ga pup 2 minggu juga lol. Anehnya dia dia tetep ceria, perut ga kembung, ga keras, dokter juga bilang ga ada yang aneh. Tapi tetep dikasih microlax dan akhinrya pup buanyaaak. Selama seminggu dikasih liprolac berupa kuman hidup untuk memperbanyak kuman baik di flora ususnya dan obat tetes untuk bantu kelancaran pup. Tapi… tidak membantu lol. Tetep aja pupnya 3-6 hari sekali.

Berhubung masih full asi, jadi kata dokter gak apa-apa deh selama perutnya ga keras ato tegang dan anaknya juga hepi-hepi aja, aktif-aktif aja πŸ˜€

Ngencesnya makin menjadi jadi hahaha. Mulai bisa ngenyot jari tangan tapi bukannya jempol dia malah lebih sering isep telunjuk. Ato kadang maruk 3 jari sekaligus, jari telunjuk, jari tengah ama jari manis. Duileh satu-satu juga gak apa-apa kali, ga ada yang ngambil jarinya πŸ˜›

Menjelang 5 bulan, gue cobain Reia buat duduk posisi tripod. Eh ternyata bisa! Dia bisa bertahan sekian detik sebelum akhirnya oleng dan jatoh hahaha.

 

 

Foto genap 5 bulannya agak telat jadi ntar masuk postingan 5-6 bulan ya mihihi πŸ˜›

Sebagai pengganti foto 5 bulanan, gue pamer kasih liat fotoΒ the cutest bear on earth:
(Lebay tingkat dewa hahaha, biarinlah yhaaa, aku kan sekarang bergabung dalam komunitas #mamakbias huahahaha)

Gimana, gimana, lucu khan khan khan sharukkhan?

Meskipun difoto pas lagi ngantuk dan rewel-rewel mau tidur, tetep aja lucu. Pasti nurun dari mamanya deh ini lucunyaaaa.

*sediain ember buat yang perutnya eneg seketika*

πŸ˜›

IMG_8844