Baby Blues

“The postpartum blues, maternity blues, or baby blues is a transient condition that 75-80% of mothers could experience shortly after childbirth with a wide variety of symptoms which generally involve mood lability, tearfulness, and some mild anxiety and depressive symptoms.” – Wikipedia

Dulu… gue kira baby blues itu sebuah kondisi di mana ibu pasca melahirkan jadi sebel ato acuh tak acuh ato bahkan benci sama bayinya.

Jadi setelah gue ngelahirin, gue pikir gue aman, ga mengalami baby blues.

Tapi kok gue mau nangis melulu ya bawaannya. Kok gue jadi sensitif banget ya. Kok dikit-dikit baper dan jadi sebel, kesel, marah, ato sedih ya. Kenapa ya?

Ternyata… gue lagi mengalami baby blues.

Temen-temen di grup (yang isinya mami-mami muda kece nan gaul) bilang kalo apa yang gue alami itu wajar, normal dan akan berlalu setelah 3-4 minggu.

Tapi masa 3-4 minggu itu jadi terasa super panjang buat gue.

Baby blues gue akhirnya berlalu setelah Reia genap sebulan. Meskipun setelah itu ternyata dampaknya cukup traumatis dan masih ada luka batin yang belum bener-bener sembuh akibat semua pergolakan emosi gue saat lagi baby blues.

Hal-hal yang membuat gue baby blues mungkin karena:

1. Deep down inside gue sebenernya mengkhawatirkan kondisi Reia yang jaundice. Gue berusaha tenang, berusaha ga panik, berusaha kuat. Tapi nyatanya pas suster Yeti dari RS Hermina dateng, gue sempet nangis beberapa kali sambil curhat kekhawatiran-kekhawatiran gue.

2. Masa confinement. Dalam bahasa indonesia mungkin semacam pingit. Jadi kalo tradisi orang chinese biasanya ibu yang baru melahirkan itu ga boleh kemana-mana selama sebulan ato 40 hari. Selama dipingit ini,si ibu juga bakal ciakpo ato makan-makanan yang sehat dan biasanya dicampur herbal cina. Selain soal makanan, banyaaaakkk banget pantangan-pantangan dalam masa confinement, meskipun beda-beda tergantung suku apa (Tiociu, Hokkian, Khek/Hakka dll) dan tergantung keluarga juga.
Contohnya di gue, nyokap gue termasuk yang ga banyak aturan ini itu. Sedangkan kalo mertua gue banyak banget aturannya (menurut gue).
Pantangannya ga boleh keramas, ga boleh kena air dingin, ga boleh kena angin apalagi angin malem, mandi cuma boleh sekali sehari, ga boleh nangis, ga boleh ini ga boleh itu ampe puyeng dah gue sebenernya.
Dan gue mengikuti masa confinement dengan setengah hati, meskipun mertua menekankan bahwa semuanya demi kebaikan (kesehatan fisik) gue. Biar nanti tua ga gampang sakit-sakitan.
Tapi yang dibilang untuk kebaikan gue malah ga baik untuk kesehatan psikologis gue hahahah 😛
Gue stres berat hehe.

3. Jadwal pompa. Di saat gue berusaha nenenin Reia secara direct, gue dapet komentar dari orang-orang deket kalo Rei ga bisa kenyang dengan nenen langsung sama gue. Gue jadi patah semangat dan akhirnya memilih untuk pompa setiap dua jam sekali. Ternyata pumping dengan sering ini bikin gue kurang istirahat dan akhirnya gue malah jadi stres dan gampang uring-uringan. Ini nanti akan gue ceritain secara terpisah di postingan lain aja ya. Yang jelas karena gue ngerasa kerjaan gue cuma mompa melulu, gue jadi merasa kayak sapi perah. Ditambah dengan mertua yang over excited menyambut cucunya, jadinya setiap Reia lagi melek, mertua selalu berusaha supaya Reia maen sama mereka. Gue tambah merasa merana karena jadi negative thinking, mikir “Tugas gue itu hamil, ngelahirin dan nyediain susu doang ya kayaknya. Semacam surrogate mother gini ya jadinya gue.”
Duh pokoke kalo inget masa-masa ini, sungguh masa yang kelam deh. Otak mikir negatif melulu dan hati campur aduk kalo bukan kesel, marah. Bukan marah, sedih. Bukan sedih, stres. Itu aja bolak balik. Hahaha.

Selain 3 hal di atas, gue ngerasa kalo hormon pasca melahirkan gue juga berperan besar bikin gue baby blues.

Jujur aja… masa sebulan pertama setelah melahirkan ini terasa seperti nightmare.

Saking pengennya gue supaya masa ini cepat berlalu, setiap hari gue bener-bener countdown “Oke tinggal sekian hari lagi. Oke tinggal sekian hari lagi. Oke tinggal sekian hari lagi.”

Dan karena tiap hari gue kerjanya cuma begitu, gue merasa ingatan gue tentang apa aja yang dilakukan Reia selama sebulan pertama ini jadi samar-samar.

Gue merasa seakan-akan setiap hari itu kayak potongan fragmen-fragmen dari film drama yang membosankan dan melelahkan. Reia kuning. Gara-gara gue dan koko pake kapur barus. Reia mesti sering nenen. Tapi nenen sama gue ga cukup. Gue harus pompa pompa pompa biar produksi asi gue makin banyak. Gue kurang istirahat. Cape. Gampang uring-uringan. Nangis almost every day.

And here comes the shameful part (menurut gue, menurut kalian mungkin biasa aja dan gue terkesan lebay lol):

Bukannya sebel sama baby (pengertian gue dulu tentang baby blues), gue justru merasa takut baby gue ga bakal sayang sama gue.

Hampir tiap hari kerja gue saat gendong Rei adalah nangis-nangis bilang ke dia bahwa gue sayang dan cinta banget sama dia. Dan gue selalu nanya “Rei juga sayang mama kan? Iya kan Rei, iya dong ya Rei, Rei sayang mama kan ya Rei…” sambil terisak isak kayak orang gila.

Hahahah. Aib bener dah cerita beginian. Tapi gue kok ya merasa gue mesti cerita supaya kalo ada mama-mama di luar sana yang merasakan hal yang sama, tenang mom, you are not alone! 🙂

Hal-hal yang menolong gue saat baby blues adalah:

  1. Suami. Support dari suami itu penting banget. Suer dah. SUPER DUPER PENTING. Koko ga serta merta langsung paham dan pengertian saat gue baby blues. Dia sempet bingung kenapa sih kok gue negatif melulu. Kenapa sih kok gue nangis melulu. Dia jadi ikutan sebel karena merasa kayak semuanya salah terus di mata gue. Tapi setelah dia cari tau soal baby blues ini, akhirnya dia lebih pengertian dan bisa support gue. Dia dengerin saat gue ngoceh-ngoceh, dia berusaha becandain gue, dia berusaha mengangkat hati dan perasaan gue, dan dia selalu berusaha nyuruh gue istirahat.
  2. Kehadiran nyokap. Dengan adanya nyokap yang tinggal di rumah mertua gue selama masa confinement, gue merasa jauhhhhh lebih baik karena ada yang bisa gue curhatin dan ajak ngobrol. Kebetulan nyokap gue tipikal yang ga terlalu banyak ngatur soal jaga anak, ga banyak ikut campur. Jadinya gue ga perlu berantem karena beda cara asuh hahaha.
  3. Support group. Ini adalah salah satu penolong gue dengan segala ilmu pengetahuan ((hahahah)) yang gue dapatkan dari mereka. Sampe sekarang, gue ga bosen bilang gue sangat bersyukur masuk ke dalam grup ini sebelum gue lahiran. Seringkali chat di grup ini juga membantu membuat mood gue lebih baik. Kebingungan-kebingungan gue pun banyak terbantu oleh mereka. Mami-mami muda super cihuy, you all know who you are 🙂

Tanpa ketiga ini mungkin baby blues gue bisa jadi post partum depression alias PPD. Google sendiri ya kalo mengenai PPD 🙂

Gue suka mikir, mungkin hal yang gue bilang jadi penyebab gue baby blues ini, buat ibu-ibu lain ada yang jadi terkesan lebay ato ah masa gitu aja jadi baby blues sih. Tapi sama kayak toleransi sakit orang yang berbeda-beda, toleransi kesensitifan dan kebaperan ibu yang baru melahirkan juga beda-beda kali ya.

 

Huahahahah 😛

Maap itu gue sotoy 😀

Buat yang baru melahirkan dan merasa terus-terusan sedih ato gampang kesel dan sejenisnya, sini pelukan yuuukkk. Gue tau setiap hari, jam bahkan detik jadi terasa panjang, tapi gue cuma bisa bilang kalimat yang sama yang diucapkan oleh ibu-ibu di support group gue: “Nanti juga bakal lewat kok.” hehehe 😛

Karena beneran bakal lewat kok, mom. So hang in there. Please (at least, try to) be happy for your baby, and for yourself.

Cari hal yang menurut lo bisa mengalihkan perhatian lo dan bikin lo lupa sama semua yang negatif-negatif.

Kalo gue hal-hal itu adalah:

  1. Online shopping barang bayi. Saat scrolling ngeliatin produk-produk itu rasanya semangat dan saat kiriman udah sampe rasanya hepi 🙂
  2. Nonton film korea yang lucu ampe bikin ngakak-ngakak.
  3. Chat seru sama suami dan support group.
  4. Ngobrol sama nyokap mengenai hal-hal yang konyol
  5. Ngobrol sama cici gue.

Dan inget, gue ulang lagi ya kali ini dalam bahasa enggres (hahaha),

THIS TOO SHALL PASS.

 

Beneran deh 🙂

 

25 thoughts on “Baby Blues

  1. Ini jd catatan bgt lip buat aq. Walau blm hamil dan kawin yak hahaha.
    Tapi stidaknya perlu tau soal beginian.
    Bahkan nyokap juga termasuk wanti2 katanya klo punya anak nti kudu ngASI, semoga beliau sehat selalu jd bs bantu support soal kasih ASI. Tau sndiri kan kdg2 giliran kita mau ngaASI eh org2 sekitar malah nyuruh sufor.

    Like

    • Kalo menurut gue yang penting ga maksain diri sendiri ampe stres 🙂 Seandainya karena satu dan lain hal memang sulit ngasih asi, mix sufor juga gak apa-apa hehehe Tapi ya selama masih bisa asi, coba diperjuangkan asinya 🙂

      Like

  2. Hai Liv..
    Gw juga ngalamin !! Hahahaha..
    Gw juga nangis2 sambil nyium anak gw.. gw juga nangis2 selama sebulan !! Lagi nyusuin aja gw nangis sesengukan.. hahaha..
    Gw nangis2 waktu di suruh pompa susu , dan sampe sekarang baby gw gk mw pake botol susu..
    Gw nangis2 waktu steril pompaan dan botol susu.. hahaha

    Semangat Liv !!

    Like

  3. Hahaha been there juga siiiss, sebulan yang (eh lebih dikit sih) gila gilaan. Sampe K umur sebulan lewat baru gw berani mandiin dia dong. Tiap ditinggal Nuwis kerja gw nangis nangis ketakutan gak bisa ngurus K :))))

    sekarang bisa ketawa ketawa, dulu waktu ngalamin rasanya mules.
    Sayangnya waktu itu temen temen gw gak ada yang udah beranak (((BERANAK))) jadi support system gw ya Nuwis dan kakak yang melahirkannya beda sebulan sama gw.

    emang penting banget punya support system sih, bikin kita ‘waras’ 😀

    you’re doing great, Lip! ❤

    Like

    • Aih makasih ibuknya K 😘 Gue sama cici gue saling jd support system hahaha. Dia juga ngelahirin sebulan setelah gue, tp bedanya dia anak kedua dan anak kedua ini ga seanteng anak pertama, jadi ya gitu deh 😁

      Like

  4. Yaaaa yaaa sounds familiar ( karena ngalamin juga) you did a great job lip.

    Akan ada banyak fase2 menjadi ibu yang bikin kita amazed ama diri sendiri…. nikmatin semua fase lip….kiss for baby R

    Like

  5. Halo salam kenal, hehehe akhirnya lewat juga ya. Aku juga ngalamin baby blues pas anak pertama. Persis kayak gitu dah, cuma kebalikan kalo mertuaku yang cuek, mamaku yang banyak aturan. Dan bener, setelah hampir sebulanan, ilang sendiri hehehe

    Like

  6. Hi mommy…. *smoochh*
    Gue paham rasanyaaa….
    Sangat… Hahaha…
    Apalagi bagian sapi perah doank..
    Dan gw takut bangget anak gw gak sayang sama emaknya.. Akibat sering di gendong orang… Dan ini sampe skrg masi suka kepikiran… Wkwkwk….

    Its true!! Kehadiran emak sendiri bner2 jd mood booster…
    Membuat segala sesuatu terasa lbh baik n lbh ringan buat di jalanin…
    Dan itu bner2 bikin gw bersyukur sama Tuhan dan semoga si mami diberikan kesehatan serta umur panjang…

    Sehat terus ya….
    Mommy n baby Rei 🙂

    Like

    • Bener banget ampe sekarang gue juga masih suka kepikiran Li! Muahahahaha *ngaku* Trus sedih2 khawatir gimana gitu lol. Insecure abis hahaha. Amin amin sama sama yaaa 😘

      Like

  7. Ce justru pas Dud ga baby blues. Pas Theo sih ga jelas. Baby blues apa stress krn ngurusin 2 bocah.
    Ngerasa Dud lbh sayang ama Ibu justru pas lg hamil sih. Bbrp kali ada kejadian Ce ngambek pas hamil Theo. Hahahaha.

    Mudah2an Dud ga kepahitan atau trauma krn ce terusan dan pukul pas masa kelam itu. Sampe skrg jg masih berusaha ga pukul sih klo dia lg rewel.

    Ce terbahak2 pas baca yg km ngomong sama Rei utk sayang kamu.
    Ce krn 2 anak cowok, uda pasrah klo ntar mereka cuek ama emaknya.

    Like

    • Iya vi tau pas Dud ce selow karena dud kuai kuai banget hehe. Semoga ga jadi bisa niru gitu juga ya, soalnya temen vi ada yang bisa mukul anaknya gitu trs anaknya jadi mukul anak lain juga saat dia kesel.

      Like

  8. gua amat sangat paham perasaan “takut babynya ga sayang sama gua” apalagi dulu jayden lahir dengan berat di bawah normal, kanan kiri pada bilang suruh kasih botol, seakan2 nenen langsung ga akan cukup buat naikin berat badannya… walaupun akhirnya tetep kasih botol campur nenen langsung, tapi setidaknya keputusan itu diambil dengan pikiran jernih hehehehe…. dan buat aku, ngeblog termasuk salah satu cara ngatasin baby blues loh… semangat mommy!

    Like

  9. ini udah jadi suatu ketakutan sendiri buat aku yg lg hamil loh ciii ..
    udah kebayang rasanya.
    huhh ..
    finally semuanya uda lewat ya cii, skrg uda bisa nikmatin ngeliat pertumbuhan reia yg lagi lucu2nya yaaaa

    Like

  10. Hahhahah gw jg ngalami baby blues kok plus budi jg ngalami baby blues trus dirumah tak ada sapa2 hanya gw , budi dan olive jd komplit banget dah 1bln pertama habis lahiran bener2 mimpi buruk. Lama2 mulai biasa dan jd bisa menerima keadaan gw hahhaha, gw jg sempet masuk dimasa megang pomsu aja nangis n marah liv kr capek banget n udh muak dg urusan mompa yg 2jam sekali hahaha pdhl olive br umur 2bln pas it

    Like

  11. Pingback: Ngasih ASI | Koko Taz & Cece Olip

  12. Pingback: Mireia’s First Quarter | Koko Taz & Cece Olip

  13. Been there done that. I feel you. Masa2 kelam sebulan pertama. Bener, tiap hari rasanya negatif banget dan waktu 24 jam itu bener2 berasa karena kurang tidur banget. Kalo gw kata2 yg gw pegang tiap harinya adalah one day at a time. Kalo mikir2 kejauhan rasanya ga sanggup jd berusaha mikir sehari demi sehari aja. Try to survive day by day. Miris ya, tp bener itu yg gw alamin juga hehe

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

