Yang tidak biasanya

Hal-hal yang tidak biasanya selama gue hamil antara lain:

1. Ketek.

Ada yang masih inget ga sama iklan deodoran yang dibintangi Shandy Aulia pake seragam sekolah, trus gebetannya berubah jadi kambing karena bau badan?
Kalo gue ga salah inget, iklan itu ngehits pas gue masih SMP. Dan bisa dibilang, tiba-tiba semua remaja jadi ga malu-malu pake deodoran. Temen-temen gue pada pake deodoran merk itu. Malahan, pake deodoran jadi hal yang kekinian (pada masa itu) dan wajib pake meskipun ga punya masalah bau badan. Singkat kata, iklan itu sukses abis untuk menanamkan pentingnya mengoleskan deodoran ke ketek setelah mandi.

Gue, meskipun tidak umum, adalah salah satu remaja yang ketiaknya masih perawan tak pernah terjamah oleh deodoran. Niat sih ada, keinginan untuk beli juga pernah gue sampein ke nyokap. Tapi disahutin demikian, “Hih, kamu jangan pake deodoran! Tar bikin ketek item! Kalo udah item ga bisa diputihin lagi loh! Mau pake segala macem hal juga ga bakal mempan! Hih.”

Reaksi nyokap itu bikin gue langsung batal beli deodoran, dan memutuskan ga akan make deodoran seumur hidup karena takut ketek gue jadi item.

Yang mana, kalo gue inget-inget lagi sekarang, dulu pas masih SD gue pernah ngolesin deodoran pembantu gue ke punggung tangan dan tangan gue karena gue pikir deodoran itu semacam Yoko-Yoko yang diolesin buat ngehilangin rasa pegel dan saat diolesin bakal terasa semriwing mint pedes-pedes asyik gimanaaa gitu. Tapi ternyata waktu itu yang ada cuma rasa basah di tangan dan punggung tangan. Gue ga tau, rasa basah itu sebenernya nyampur sama olesan bekas ketek si mbak. Ah, ketololan kepolosan masa muda.

Yoko-Yoko, bukan untuk dioleskan di ketek

Selama belasan tahun tidak terjamah deodoran, ketiak gue putih bersih kadang berbulu kadang tidak, sampe akhirnya pas hamil ini… hitam juga dengan sendirinya.

Dan gue baru sadar… ya ampun ketek hitam itu jelek banget yaaaaaaa. Kayak dakian ga bisa bersih-bersihย hahahahaha ๐Ÿ˜›

Gue sekarang jadi gak pede banget sama ketek gue. Sampe-sampe pake baju berlengan aja gue khawatir orang-orang bisa ngeliat tembus pandang melewati baju dan merhatiin ketek hitam gue #YAKALIKDEHAAAHHH

Huahahaha.

Tapi yah katanya kan ini bakal kembali seperti semula setelah ngelahirin kan ya. Iya kan ya, pasti kan ya, tentunya dong ya. Jadi yasudahlah ya mihihihi.

2. Buku mewarnai dan buku soal matematika.

Gue ga suka matematika. Gue ga bodoh berhitung sih, tapi ga suka aja. Mungkin karena dulu lebih sering dapet guru Math yang nyebelin, jadinya menurut gue Math juga jadi pelajaran yang nyebelin. Padahal pas dapet guru yang menurut gue nyenengin, nilai Math gue bisa di atas 8 semua (skala 1-10) *sekalian nyombong*

Mewarnai juga salah satu hal yang gue ga suka. Gue ga telaten dan tiap harus mewarnai sebuah bidang, baru kewarna 3 cm aja gue rasanya udah pengen buang pensil warnanya. Bosen. Ga bisa ya kayak Ms. Paint aja, tinggal klik langsung keisi penuh warna sebuah bidang? *bilang aja males*

Tapi berhubung selama hamil ini gue hobinya masih sama seperti sebelum hamil yaitu baca komik dan maen game Candy Crush, gue kok jadi agak khawatir ya otak gue tidak berfungsi maksimal dan bikin si M jadi secetek gue. Huahahaha.

Akhirnya muncul niat gue untuk lebih mengasah otak.ย Meskipun udah telat sih nyadarnya, pas udah hamil 6 bulan lebih.ย Tapi kan kata orang Jawa better late than never ya, jadiย akhirnya gue beli juga buku mewarnai yang lagi ngehits di Gramedia beserta buku bank soal matematika untuk anak SD. buku mewarnai

Iya, Math level SD kelas 4,5,6 aja.ย Ga usah muluk-muluk lah sampe level olimpiade math. Yang SD aja belom tentu bisa ngerjainnya. Huahaha.

Buku mewarnai juga gue beli yang paling murah yang ada di rak aja karena gue sendiri skeptis sama niat gue untuk mewarnai mihihihi.

Sampe sekarang, setelah seminggu berlalu, itu buku bank soal belum dibuka plastiknya, dan buku mewarnai hasilnya baru segini:

buku mewarnai 2

Yah setidaknya mama ada usaha lah ya dek. Dan, tenang, itu buku bank soal pasti bakal dibuka dan dikerjain sebelum kamu lahir. Kita belajar Math bareng ya. Biar ntar lahir kamu bisa langsung masuk SD ya.

Okesip.

3. Placenta Anterior

Letak plasenta gue ternyata anterior loh.

Kalo gue baca-baca, umumnya letak plasenta itu ย posterior. Tapi plasenta gue memilih untuk nempel di depan alhasil namanya plasenta anterior hahaha. Ga berbahaya dan ga masalah sih sebenernya, tapi letak plasenta ini menjawab rasa kuatir gue soal gerakan baby.

Gerakan si M jadi kurang terasa karena si plasenta ‘meredam’ gerakan dia. Semacam jadi bantalan antara dia dan perut gue.

Gue juga baru sadar kenapa gue lebih sering ngerasain tendangan M di bagian bawah deket abdomen sama di sisi samping. Karena kalo di depan ya ada si plasenta ini hehehe. Tapi sekarang M udah lebih aktif, mungkin karena dia makin gede juga ya, udah sekilo, jadi makin kenceng nendangnya dan makin berasa. Koko juga udah beberapa kali bisa ngerasain dia nendang dari dalem. Untuk saat ini, rasanya masih menyenangkan karena lebih berasa “Beneran ada dedek bayi loh dalem perut gue, lagi jumpalitan seru sendiriiii” Si lucunya mama papaaaaa, uwuwuwuwuwuw *mama yang gemes sama anak sendiri* hihihi ๐Ÿ˜€

Letak plasenta anterior ini juga bikin gue jadi becanda bilang ke temen-temen yang suka ngelus perut gue, “Kalian kira kalian lagi ngelus anak gue? Yang kalian elus itu plasentanya kaleeeeee” Huahahaha ๐Ÿ˜›

Sejauh ini, rasanya baru itu hal-hal yang tadinya ga ada, lalu jadi ada. Ato yang tidak biasanya, tapi di gue malah terjadi. Ato hal yang sebelumnya ga bakal gue lakukan, eh hamil ini malah ngelakuin.

Besok si M 27 weeks. Semoga sehat terus ya dek meskipun mamanya masih suka makan mecin.

Mama papa cinta banget sama M ๐Ÿ™‚

38 thoughts on “Yang tidak biasanya

  1. Gw jg ga pk deodorant dulu jaman sekolah, bkn apa2, gw ga demen hahaahhaaha

    Awww baby M udah 27w aja.. Semoga lancar yah hamilnya dan sehat2 baby M nya ๐Ÿ™‚

    Like

    • Berasanya becek-becek gitu kali ya di ketek kalo pake deodoran. Hahahah. Tapi sekarang ada yang modelnya ga becek sih, kalo ibarat lipstik kayak model matte gitu hihihi. Amin, makasih mba yeye :*

      Like

  2. daripada ngerjain soa matematika atau mewarnai, mending dengerin lagu hehehehe… kalo mau pengaruhnya ke baby ya… tapi kalo mau pengaruhnya ke otak kita sendiri, kayaknya better ngerjain sudoku.. gua kadang kalo iseng suka main sudoku, tapi yang versi cetek hahahaha…

    Like

    • Aku pernah baca kalo lagu lebih bantu mempengaruhi baby jadi lebih kalem. Ini lebih ke memacu kerja otakku sendiri sih ci. Sudoku juga bisa ya? Aku kira sudoku sama kayak game gitu jadi ga terlalu membantu hahahah. Donlot game sudoku ah kalo gitu di hape ๐Ÿ˜€

      Like

  3. beculll, nanti item itu akan ilang Lip selepas qta melahirkan tar balik cling cling putih lagi ๐Ÿ˜€

    btw gue juga pernah loh mau beli deodorant en nyokap gue bilang “tar jadi bau badan loh” abis itu urung beli, hahahaha jadi akoh pun masi suci keteknya dari deodorant, blm terjamah lip, hahahahaha

    Like

    • Lah bukannya deodoran justru membantu biar ga bau badan? Hahahaha. Kita gampang ditakut-takutin bener ya kalo dipikir-pikir ๐Ÿ˜›
      Btw kalo ketiak hitam ga otomatis leher pasti ikut item kan ya? Sejauh ini leher gue masih biasa aja soalnya. Mereka mesti sepaket ga? hahahah

      Like

      • kalo sekarang gue mikir iya ya harusnya mah jadi ga bau badan donk ya tapi pas dulu ga pake mikir, hahaha percaya aja :p

        engga kok Lip, ga sepaket karena mereka bukan paket hemat *apa c ini* wkwkwkwkw. pas gue hamil B, ketek gue juga item Lip en sama selangkangan, leher aman ๐Ÿ™‚

        Like

  4. ikutan eneg pas baca deodoran ketek si mbak…hahhaaa….

    eh iya emangnya ngaruh ya lip, klo ngasah otak bikin anaknya ikutan pinter?mihihihi telat dong gua, nanti deh anak kedua #lhoo…hahaa
    soalnya gua pernah dengernya katanya klo sering denger musik klasik yang bikin anak pinter… #yg ada g malah ketiduran, tp yang penting si babynya denger…hehe

    Like

    • Ga tau ngaruh ngganya Nat, itu cuma pemikiran iseng aja karena ngerasa otak gue sendiri kurang berfungsi lol. Dengerin musik klasik gue malah bosen banget, trs jadi kesel sendiri karena bosen. Hahahaha.

      Like

  5. Hahaha, selalu ngakak tiap x baca postingan baru nya mama M.. ๐Ÿ˜˜
    Gw jg bukan tipe orang yg suka pake deodorant. Cuma pernah pake sekali dua kali, berasa becek2, ogah pake lg. Wkwkwk.
    Tebak gender baby M, kayaknya feeling baby girl.. tar tunggu postingan update nya soal gender baby M ya.. hihihi..

    Like

  6. Byuh byuh tobat gw ama trakhedi ketek item pas hamil. Alhamdulillah di bulan ketiga usia B, ketek gw sudah kembali ke warna aslinya, bhahahaha. Ini pengaruh hormon yg hanya sementara sahaja kok!

    Like

  7. hahahahaha.. ngakak baca postingan Olip.. :))
    Tapi emang bener sih katanya pengaruh hormon jg thu ketek dan kawan2nya item gt Lip.. cuma tar kalo uda melahirkan sih bisa balik normal lagi..
    Ahh,,kamu sama banget ama aku ga demen matematika dari dulu.. eh tapi beneran pas dapet guru math yg baek sih nilainya ikutan baek lho.. herannya malah sekarang tiap hari ketemunya angka mulu pulak.. *benci jadi cinta judulnya* lol

    Like

    • Wah kalo aku malah pas mau kuliah ampe nyari tau kira-kira major apa yang ga perlu belajar matematika ato itung-itungan biar pas kerja juga ga usah ngitung2 huahahah ๐Ÿ˜›

      Like

  8. Liv, baca postingan elo gw jd inget soal deodorant. Gw pake sebelom hamil. Skrg saking lamanya dah ga pake (sejak tau hamil) jd lupa pernah pake. Haha. Gw pake yg stick krn yg roll on basyah. Hahaha *penting*
    Ide lo boleh jg yg asah otak emaknya. Secara org hamil suka jd telmi *at least di gw kayak gt* hahaha..
    Dan gw lebih parah, pas hamil mah mecin jalan trs. Denger lagu jg ga pernah klasik. Malah streaming D*lta FM hahhaa.. *ga elit*

    Like

    • Si koko juga pake yang stick karena ga suka efek basah yang roll-on. Gue baru tau ada yang stick kayak lem gitu dari si koko hahahah. Malah sekarang ada yang spray gitu ya, sungguh luar biasa inovasinya deodoran ๐Ÿ˜€
      Aduh ga sangguplah pisah sama mecin hahahah

      Like

  9. Mama M bahas ketek :))
    Kita samaaa. Akupun ndak pake deodoran dari dulu. ih sory ye gue emang udah wangi dari sananya. Haha. Dulu sempet mau pake karna temen-temen pake, eh kata mama “jangan, nanti kalo berenti malah bau” tau deh bener apa engga :p
    Tapi bener loh, ketekku putih bersih karna tak terpapar zat kimia deodoran *halah*
    Selamt belajar mama & M. Aku sayang M juga… uwuwuwuwuu..

    Like

    • Ga tau sih ya sebenernya semua yang diomongin para ibuk-ibuk untuk nakutin anak gadisnya ini bener apa ngga, tapi kita mah percaya dan nurut aja ya huahahah.
      Makasih ya cupah :*

      Like

  10. hihihi sama gw juga ga pake deodoran gara2 perkataan mami gw: “jangan pake deodoran nanti bisa bikin kanker payudara, kan ketek letaknya deket payudara, klo ketek diolesin kimia2 gitu lama2 bisa numpuk jadi kanker”. serem ga tuh. kayanya sama ni ama yg diatas2 ga pake deodoran gara2 perkataan nyokap hahahah

    Like

  11. Semoga lancar yaa mbaa lahirannyaa ๐Ÿ™‚

    Salam kenal… anyway, itu soal ketek, aku setuju utk ga pake deo karena bneran pemicu sel kanker lho mba menurut penelitian yg disebar di gugel2 tuh heheh

    Like

    • Aminnn makasih ya, salam kenal juga ^^
      Iya banyak artikel yang bilang gitu ya, tapi sekarang mah emang banyak hal yang serem saking zat2 kimia udah dicampur aduk aja buat tujuan komersil.

      Like

      • Iyaa mba, setuju… aku sih blom pernah jadi bumil yak tpi termasuk org yang ikutan parno sama gangguan pada bayi akibat zat2 bgituan (mngkin ga sengaja ngaruh ya karna gaya hidup sang ibu), mkanya browsing2 jugaa haha *persiapan jadi bumil, entah kapan*

        Like

Write your thoughts or questions here! :)

