Pentingnya Gerakan Baby

Hari ini M genap 23 minggu di dalem kandungan gue.

Selamat 23 mingguan, cintanya papa mama! *tumpengan*

Biasanya nulis throws confetti tapi kali ini tumpengan karena emaknya lagi laper huahahaha. Entah laper beneran ato laper mata karena abis liat foto makanan. Soalnya 15 menit yang lalu baru kelar makan apel, masa sekarang udah laper lagi?

Barusan tiba-tiba kepikiran untuk nulis ini karena sampe sekarang gue masih suka ngerasa ragu sama gerakan-gerakan M di dalem perut. Gue tau dia udah mulai gerak-gerak, tapi kadang gue suka rancu apakah itu beneran dia yang gerak ato cuma gejolak ga jelas yang terjadi di dalem pencernaan gue šŸ˜›

Gue suka mikir mungkin dia itu termasuk kalem, karena kalo denger cerita bumil lain kok baru 20 weeks aja udah bisa ngerasa anaknya macem akrobat di dalem. Ato nendang yang bener-bener kenceng ampe bisa dirasain bapaknya juga pas megang perut mamanya. Si M? Boro-boro hahaha. Entah emang dia gerakannya ga kenceng ato gue aja yang kurang peka kali ya.

Sejujurnya soal gerakan baby ini sempet bikin gue agak was-was.

Soalnya temen kantornya koko, tinggal tunggu hitungan hari buat ngelahirin anaknya, eh tau-tau sadar kok kayaknya anaknya ga gerak-gerak ya. Entah udah berapa lama tepatnya, dia baru ngeh setelah sehari semalem kayaknya. Pas ke dokter….

…Udah meninggal di dalem aja dong anaknya :”(

Koko ampe ga ngelayat karena tau gue bakal stres. Cara dia ngasitau gue pun perlahan-lahan dan berusaha ngomong dengan kasual “Anaknya si X temen kantorku, meninggal di dalem perut”

Sekitar seminggu setelah kejadian temen kantornya itu, pas banget ada artikel di whattoexpect.com mengenai pentingnya ngecek gerakan baby di dalem perut setelah 28 minggu. Dan ada kisah nyata seorang ibu bernama Kelly, yang dapat dikatakan tertolong oleh artikel itu.

Ceritanya mirip dengan si X, dia tiba-tiba ngeh.. eh, kok kayaknya bayiny daritadi ga gerak ya. Padahal sebelumnya kan aktif. Dia inget sama artikel di whattoexpect.com itu, trus berusaha mancing gerakan anaknya dengan makan.

Sempet ada pikiran bahwa mungkin anaknya lagi bobo, jadi dia pikir yah mungkin mereka cuma butuh istirahat aja. Besokannya masih belom gerak. Kalo langsung ke RS, dia khawatir keliatan kayak bumil yang panik berlebihan alias lebay, jadi dia tetep tunggu.

Sampe akhirnya dia ke RS juga buat USG. Dia cuma pengen tau apakah anaknya masih bernapas apa ngga. Jawabannya iya. Dia lega. Dia kira udahan dong ya.

Tapi sama RS ternyata masih ada rangkaian test lain trus tau-tau dia disuruh segera hubungi suami dan keluarga, karena bakal langsung dilakukan emergency c-section.

Syok dong yah.

Ternyata setelah anaknya lahir, baru ketahuan fungsi plasentanya udah tinggal 25% doang.

Dan tau gak kenapa anaknya ngga gerak?

Karena dia nyimpen energinya untuk mompa jantungnya sendiri!

Pas baca, gue ampe merinding dan terharu banget. Sungguh luar biasa ya Tuhan dalam menciptakan segala sesuatu. Bahkan bayi masih di dalem kandungan aja bisa berjuang untuk bertahan hidup dengan caranya sendiri :”)

Cerita Kelly ini happy ending. Tapi ngga dengan temen kantornya koko šŸ˜¦

Sama kayak dokter yang nanganin Kelly, dokter si X pun kurang bisa menjelaskan persis apa yang menjadi penyebab bayinya berhenti gerak (dan akhirnya meninggal kalo di kasus X) tapi dokter menduga ada problem sama plasenta.

Meskipun gue sempet agak was-was, tapi sekarang selama masih ada berasa kayak butterfly effect dalem perut gue, gue lumayan lega. Gue pikir, toh masih ada 5 weeks sampe dengan saatnya gue mesti ngitungin jumlah gerakan dia dalem perut ya.

Jadi gak apa-apalah hehehe.

Sehat-sehat selalu ya M. Cintanya papa mama banget loh kamu itu šŸ™‚

Untuk artikel fetal movement di whattoexpect, klik di sini.

Untuk cerita nyata Kelly mengenai pentingnya counting kicks, klik di sini.

48 thoughts on “Pentingnya Gerakan Baby

  1. Lip. Emang perlu bgt buat ngecej gerakan janin. Gw pun jg disuruh. Dan dokter jg bilang mancing gerakan janin bisa dgn minun teh manis. Pokoknya yg manis2. Semoga semuanya lancar yah.

    Like

    • Ho’oh tapi sekarang meskipun gue makan minum yang manis, dia tetep termasuk kalem loh. Apa lemak perut gue ketebelan ya jadinya ga berasa huahaha *liposuction*
      Amin, makasih ya poiii :*

      Like

  2. Iya harus rutin cek gerakan janin. Dulu gua dikasih kertas yg harus dicentang tiap babynya gerak. Males bener dah gua kira2 aja. Sekadang emang tiba2 baby suka diem dan bikin was2. Kalo gua, gua kitik2 perut gua sambil senggol kiri kanan. Gak lama ada yg geser2. Jengkel kali si sophie ya pantatnya ditoel2 dr luar wuehehehee.. sehat selalu ibu dan baby yaaaa.. *kiss2 perut mommy*

    Liked by 1 person

    • Ribet juga ya pake kertas hahaha, sekarang udah lebih praktis karena ada di aplikasi henpon.
      Huahahahahah sophieee, pantes aja kamu sekarang suka jahil balik ke mama ya šŸ˜›
      Makasih ci Nad mami cantikkkk :*

      Like

  3. Lipp..ini juga kejadian banget sm tmnku lip. Pas hamil anak pertama udh 36 minggu. Dia ngeh anaknya ga gerak dr sblm magrib, trs ditunggu smp magrib ga gerak2, akhirnya ditunggu smp suaminya pulang abs isya baru ke rmh sakit dan ga taunya udh ga ada dong šŸ˜¦ katanya terlilit tali plasenta.
    Sedih banget dgr ceritanya, alhamdulillah ga lama tmnku isi lagi dan akhirnya berhasil melahirkan anak keduanya dg selamat.

    Km sehat selalu ya lip sm si baby..
    Kami doakan kalian terus šŸ˜˜šŸ˜˜šŸ˜˜

    Like

  4. Kalo ga salah gue pas lewat 20 week juga baru berasa kok liv tendangan si baby di perut. Itu juga belom berasa yang kenceng gimana, suka kesaru sama gas di perut hahaha. Tp memang penting banget sih buat ngecekin gerakkan baby di perut. Dulu kata spog sih disuru minum air dingin atau makan yg manis2 buat ngecek sendiri si baby begerak atau nggak. Semoga dede M (eh inisial nya sama kayak marco hahaha) sehat2 terus ya di perut dan mami nya juga sampe due date nya nanti šŸ˜‰

    Like

    • Huahahah iya kan ci nyaru banget sama gas di pencernaan kita heheheh šŸ˜›
      Iya, saking napsunya sekarang aku juga suka makan manis dan minum air es biar dia gerak, tapi tetep aja kalem-kalem gitu huahahah *mamanya kuciwa*
      Aminnn makasih ci šŸ˜€

      Like

  5. tentang gerak bayi ini emank buat deg2an Lip, gue sendiri suka parno *ga maksud nakutin ya*. pernah pas lg gawe itu gue baru sadar kok gerak B ga ada ya, ga terasa di gue. Gue sampe panik sendiri terus inget buat makan yang manis en buat teh manis, Puji Tuhan abis itu B gerak. Jadi emank kudu rajin2 Lip buat monitor gerak bayi di perut ya kayak jadi calon emak lebay tapi emank harus šŸ™‚

    sehat2 buat baby M ya Lip, gt juga buat lo šŸ™‚

    Like

    • Tapi emang mending parno trus lebay ya Ping daripada kita cuek-cuek aja tapi tar malah terlanjur kenapa-kenapa *amit amit choi choi choi*
      Makasih Ping :*

      Like

    • Iya kasian banget, apalagi aku ga sengaja ngeliat foto anaknya. Cakep banget, kayak bayi newborn lagi bobo biasa gitu aja huhuhu šŸ˜¦
      Makasih ya Yol šŸ™‚

      Like

  6. Sehat selalu ya baby M..
    Iya denger cerita temen kantor juga gitu. Malah temen ada yang bbrp hari sekali CTG.
    Soalnya takut kl ga ada gerakan tkt kecolongan katanya.
    Bnyk doa ya Lip semoga semua lancar smpe persalinan ^^

    Like

  7. Bukan mau nakutin, kejadian temennya koko juga terjadi sama temenku šŸ˜¦
    Dulu aku nganggep kalo suka pada lebay bayinya gerak2 doang. Tapi ternyata itu indikator penting bgt. Ampuni aku Tuhan….
    Semoga sehat selalu M dan mamanyaahh…
    Kalo M kalem pasti tak diragukan dia benihnya koko :))

    Like

    • Iya ternyata penting banget ngitung gerakan baby, dulu aku kira gerak ya gerak2 gitu doang. Sesuka dia aja mau gerak kek, diem kek. Ternyata harus diperhatiin.
      Makasih ya cupaahhh :*
      Ihhh kok gitu sihhh kan akoh juga kalem banget tauk orangnyaaahhhhhhhhhhhh hahahahahahahboongbanget šŸ˜›

      Like

  8. Jaman sekarang kalau baby lahir sehat tanpa kekurangan apapun beneran anugrah yah Liv. Yang penting tetep dipantau aja semuanya.

    Tapi tiap baby dalam perut beda2 deh model gerakannya sama waktu gerak pertama mulai kapan. Jaman Clarissa berasa gerakan pertama tuh 5 bulan (lupa minggu berapa) gerakannya biasa dan kalem, pas Conrad ini 3 bulan (lupa minggu berapa juga) ini rasanya alamak gerakan pertama dia rasanya kaya kesetrum serius…makin gede hamilnya makin suka nyetrum sampe2 kalau nggak pegangan yah bisa gusruk jatuh lantai loh (nggak lebay) jalan juga jadi susah, tulang sakit semua dan pernah gak bisa bangun dari kasur hahahaha…emang nih anak dari dalem perut suka ngagetin sampe skrg šŸ™‚

    Like

  9. Tmn g jg nih kmrn pas hamil dy itungin intensitas geraknya si baby tiap hr. walau mnrt dokter hrs lbh dr yg baby dy, tp nyatanya babynya sih sehat2 aja. lahir malah kepo abiiiz. ga bs diem. wkwkwk..
    sehat selalu yak, lip..
    n rasanya klo baca tu cpt juga tuh ud 23 weeks. tar dlm sekejap muncul dah baby M nya. (yg baca sih cpt, yg carry sih lama2 berasa tar^^)

    Like

    • Syukurlah ttp sehat ya Shal, yang penting sih masih ada gerak kayaknya. Makasih Shal, iya nih sekarang berasa cepet kok tau-tau udah lebih dari setengah usia kehamilan tapi katanya tar perut makin gede makin berasa waktu berjalan lamban hahaha.

      Like

    • Puji Tuhan masih sehat, meskipun kadang-kadang tetep aja parno, bawaannya pengen bisa nerawang ke dalem ngeliat baby lagi ngapain hahahaha. Makasih ya, amiinnn ^^

      Like

  10. Lip, emang penting banget ngecek pergerakan bayi kalo udah lewat week 20. Aku selalu diingetin bidan untuk ngitung setidaknya 5x dalam sehari kita ngerasain si bebi. Kalau kayaknya ga kerasa, coba bangunin dengan minum air yang super dingin supaya babynya bangun kalo lagi bobok (ini tega yaaa.. hahaha).

    Tapi kalo berdasarkan pengalamanku pribadi, untuk hamil pertama rasanya emang kita masih kurang peka deh sama pergerakan si kecil di perut. Karena belum familiar dengan sensasi gerakannya kali yaa.. Soalnya pas hamil kedua ini aku udah ngerasain si kunyil dari week 18 deh kalo ga salah. Dan tiap kali aku ngerasa si kecil diem, langsung panik minum air dingin.

    Semoga sehat selalu ya bumil dan baby M…

    Like

    • Nah iya mba bebe, ciciku juga bilang gitu. Dia sekarang lagi hamil anak kedua juga dan udah ngerasain gerakan babynya dari 18 weeks. Pas aku cerita ngerasa perutku grucuk-grucuk, dia langsung ngmg “Lah itu babymu! Itu dia lagi gerak!” hehehe mungkin karena buat first-timer kayak aku, masih rancu banget ya antara gas perut ato baby šŸ˜›
      Aku udah coba minum air dingin banget, tapi berasany kok tetep aja dia kalem lol. Tapi dua hari ini mulai bisa lebih berasa dia nendang, aku senangggg hahaha. Semoga sehat selalu juga ya bumil cantikkk dan dedeknya neng Jo :*

      Like

  11. gw rasa gak mungkin gas di perut deh. Coba deh kalo pas gak hamil, pasti gak akan merasakan gas sesering itu kan šŸ™‚
    gw juga pas hamil pertama gak ngerti, sampe pas hamil ke2 ini baru 3 bulan udah kerasa siyer2 di dalem hehee. Sehat2 terus yaah bumiiilll

    Like

    • Tapi ngerasain ‘gas ato dia’ itu juga ga sering ci hahahah jadinya makin rancu itu gas apa dia šŸ˜›
      Mungkin karena first timer ya, jadinya aku masih ragu-ragu sendiri šŸ˜€
      Sekarang sih udah jelas banget nih dia kalo nendang, bikin mamanya hepi hihihi
      Makasih ci, sama-sama sehat selaluuuu ā¤

      Like

  12. Live, gue malah cuek bebek loh, ngga pernah ngitung week brapa mesti gimana dll. Enjoy aja ngga mikir aneh-aneh. Biar babynya juga ikutan sante kayak emaknya huahahahah. Pas kontrol, dibilang semua fine, ya udah, abis gitu gue bawa seneng. Lagian Live, tendangan baby kuat-kuat juga bukan berarti apa-apa. Kadang2 parents jg suka melebih-lebihkan gerakan baby. Dulu gue jg biasa aja rasanya, mungkin karena lemak di perut gue berlebih, jadi ya tebal aja gitu samcannya hahahah.

    Like

    • I wish I could be like that ci Le. Huhuhu. Aku dalam hidup sehari-hari aja kadang suka banyak mikir ini itu yang belom kejadian hahaha, pas hamil ini jg terkadang suka parno sendiri dan mikir yang ngga2 deh šŸ˜¦ Seringkali sih dismiss pikiran negatif begitu, tapi tetep aja pasti ada sekelebat šŸ˜¦
      Aku ga berharap dia nendang kuat-kuat sih ci, cuma pengen bisa lebih sering ngerasain aja *bumil norak* hahahaha Mungkin karena jarang berasa jadinya ngarep bisa lebih sering ngerasain šŸ˜› Samcanku ketebelan juga nih, jadinya meredam gerakan dia kali ya hahahahah

      Like

  13. Sedih banget deh baca ceritanya si x ituuu šŸ˜¢šŸ˜¢ semoga sehat trus ya M dan emaknya M ampe kapanpun juga šŸ™‡ brarti emang kl ngerasa ada yang ga beres lgs pegi cek ke RS aja kali ya bodo deh mo dibilang lebay yg penting kt juga jd tau jelas ga tebak2 buah manggis *calon bakal jd bukibuk parno*

    Like

  14. liv, bagus banget isi tulisan nya.. jadi nambah pengetahuan buat gw yg emang masih blur seputar kehamilan.. šŸ˜€
    sehat2 ya mommy & baby M.. hihihi

    Like

  15. mungkin karena gendernya cewe? eh…gendernya uda dikasih tau belom ya? hehehehe…. kalo jayden sih dari 3 bulan uda berasa kayak geli2 di perut, begitu 20 weeks uda mulai berasa ada yang nendang2… tapi mungkin karena dia cowo ya… tapi gua ga pernah ngitungin gerakannya sih, abis gerak mulu hehehehe… positive thinking aja… berarti nanti kalo uda keluar anaknya bakal kalem hehehe…

    Like

    • Belom ciiii gender belom aku publisshhh hahahah.
      Tapi ga ngaruh ke gender sih kayaknya, anak cici aku cowo, waktu di perut mamanya termasuk kalem dan anteng juga, sampe-sampe emaknya ga ngerasain kontraksi sama sekali, baru pertama kali ngerasain kontraksi pas mau ngelahirin doang hahaha. Pas lahir sih anaknya memang termasuk yang kalem kalo udah jam bobo ya bobo aja gitu semaleman ampe pagi šŸ˜€

      Like

  16. serem baca kelainan-kelainan seperti cerita mbak. semoga baby M dan maminya sehat selalu sampai tiba saatnya persalinan. jaga kesehatan mbak dan makasih banyak sudah menambah wawasan lewat ceritanya mbak.

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

