Friendless?

Entah kenapa, sejak beberapa minggu terakhir gue jadi berasa sedih-sedih sendiri gak jelas.

Entahlah ini karena fluktuasi hormon yang tak menentu ato memang lagi dramatis ga jelas ato karena Raffi Ahmad digosipin selingkuh sama Ayu Ting-Ting. (Ish, ngikutin infotainment banget buukkk??) πŸ˜›

Gue tiba-tiba berasa…. gak punya temen yang bener-bener temen baek.

Rasanya semua yang dibilang temen itu cuma temen sekedar hahahihi sebentar, ato temen saling tuker cerita ringan, ato bahkan temen yang penuh basa-basi.

Gue tiba-tiba berasa sendiri.

Seakan-akan semua orang ninggalin gue. Ga ada yang bener-bener mau temenan sama gue.

Drama banget yak gue dan pikiran gue?

Iya.

Tapi ga bisa gue hentiin.

Akibatnya gue gampang sedih sendiri, gampang gusar sendiri dan jadi kesel sama diri sendiri.

Gue ngerasa mungkin gue kurang seru sebagai temen. Kurang asyik. Apa mungkin gue kurang banyak mendengarkan orang lain? Ato mungkin gue terlalu egosentris tanpa gue sadari? Mungkin… gue emang nyebelin dan ngeselin aja di mata orang lain. *lalu self-loathing*

Gue berusaha ga terus-terusan negatif danΒ mikir ke diri gue sendiri, ini cuma perasaan-perasaan bego sementara aja. Nanti juga akan berlalu. Toh gue emang orangnya terkadang suka rada drama. Jadi yaudah, seperti biasa simpen aja sendiri drama ini, toh sebentar lagi kelar.

Seminggu dua minggu berlalu ternyata perasaan ini masih ada.

Merasa dejected.

Sebenernya di sisi lain, gue ngerasa gue kok jahat banget juga ya merasa gitu. Kalo orang-orang yang menganggap gue temen deketΒ baca ini, mungkin mereka akan tersinggung. Kok gue kayak ga nganggep mereka. (Ecieee “mereka”,Β kayak beneran punya banyak banget temen akrab aja lip)

Tapi yaaa… itulah apa yang gue rasakan akhir-akhir ini.

Berasa kayak ga punya temen.

Merasa perasaan sedih ini semakinΒ nyesekin dada.

Dan akhirnya, gue memutuskan untuk menulis di sini.

Menuangkan pikiran. Perasaan. Semua yang berkecamuk sampai bikin gue nangis diam-diam di meja kerja.

Barusan, sebelum memutuskan menulis ini, gue baru aja menangis lagi.

Tapi kali ini dengan perasaan agak lega. Dengan perasaan geli dan sambil tersenyum bahagia, setelah akhirnya gue memutuskan ngomong ke koko apa yang gue rasain.

Gue tadinya memilih untuk mendem sendirian karena gue tau buat orang lain curhatan begini bakal terkesan “Ih apa sih.” ato “Drama banget sik.”

Apalagi kalo cerita ke koko yang lagi sibuk-sibuknya sama kerjaan. Tapi akhirnya karena ga tahan dan merasa dia satu-satunya temen baik gue di dunia yang masih bisa gue andalkan, gue ambil handphone gue.

Ngetik di aplikasi messenger.

“Akhir-akhir ini aku kok ngerasa sedih-sedih gitu ya, ko. Gak jelas. Aku ngerasa kayak ga bener-bener punya temen gitu.”

Gue taroh lagi handphone gue. Browsing internet. Harap-harap cemas nunggu balasan koko. Cemas karena… khawatir gue bakal dapat message yang meremehkan perasaan gue, message yang bikin gue tambah sedih dan tambah merasa sendirian.

CurhatΒ soal perasaan melllow di saat suami lagi mumet sama kerjaan jelas bukan langkah yang bijak. Tapi gue berasa lagi berada di puncak-puncaknya sedih, udah ga tahan, udah ga bisa mendem sendiri.

Notifikasi messenger bunyi. Gue ngelirik ke handphone dan baca balasannya koko.

“Kan kamu ada aku. Aku juga gak punya temen.”

Gue diem dan membaca ulang lagi balasannya.

Lalu gue nangis sambil ketawa.

Nangis karena perasaan sedih tadi pelan-pelan terangkat dan ketawa menyadari kebodohan gue.

Iya ya, temen koko kan cuma gue.

Dibanding gue, koko bisa bener-bener disebutΒ ‘ga punya temen’. Ada sih temen deket, tapi ga deket banget ampe bisa curhat ato sering nongkrong bareng gitu. Dalam setengah tahun paling sekali dua kali dia nongkrong ama temennya. Sedangkan gue sebenernya masih punya temen yang bisa gue curhatin dan ajak jalan-jalan.

Temen curhat koko, temen nongkrong-nongkrong ga jelas, temen nyobain makanan baru, temen maen kesana kemari, temen nontonnya koko… cuma istrinya.

Ya abis emang orangnya begitu sih. Introvert. Cuma depan istrinya doang dia bisa apa adanya ga pake jaim. Melakukan hal-hal yang mungkin ga bakal disangka-sangka orang kalo ngeliat mukanya yang jutek dan galak itu.

Gue tiba-tiba merasa konyol sendiri. Lalu hati gue yang tadinya nyesek, tiba-tiba jadi terasa lapang.

Ah, apa sih yang gue khawatirin. Gue selalu punya temen baik kok di sisi gue.

Gue bales message koko di tengah uraian air mata sambil senyum-senyum.

“Iya, untung aku punya kamu, ko.”

Balasannya muncul ga lama kemudian.

“Mmuaaahhh.”

Untunglah gue nikah sama orang yang bisa jadi temen baik gue juga. Setidaknya di saat gue merasa gue ga punya siapa-siapa,

…gue tau gue selalu punya dia.

Advertisements

50 thoughts on “Friendless?

  1. Olipp, sini peyukkk..
    Kadang kala aku juga ngerasain hal yg sama, gak itu dilingkungan kantor ataupun dikeluarga..
    Tapi dengan sendirinya semua ilang gitu aja sih, coba untuk tenangin pikiran aja soalnya kalau lama-lama yg ada stress sendiri..
    Aku biasanya ngehibur diri dengan nonton komedi πŸ˜€ tapi emang tergantung case nya sih, tapi cerita sama pasangan emang bikin lebih lega Lip
    Sabar-sabar ya..

    Like

  2. Aaaawwww.. oliiippp.. so sweetttt si koko dan kamu…
    Emang sekadang eike juga muncul perasaan macam ga ada temen gitu lip. I feel u bgt dah. Tapi kita ga boleh negatif thinking yaa.. baby di perut harus happy terussss
    Nonton aadc2 aja lip, katanya bagus. Hihihi..

    Liked by 1 person

  3. Gw juga skrg ga ada temen yang bs dibilang temen deket sih, apalagi gw pendatang baru di jakarta jd temen gw ya si pacar doank πŸ˜… i can totally relate to ur story sih, besties gw seumur idup cuma ada 2 bijik saja dan skrg diluar kota so kita contact via message doank, sedangkan gw orangnya ga demen basa basi ngobrol ama orang, jadi makin susa lah punya bestie baru 😒😒 apa kita bestian aja kali ya lip? πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

    • Aaaakkk “ga demen basa basi” itu bener bangeeetttt! Gue pun merasa gitu, jadinya kalo LDRan ama temen, gue siap kapan aja dia mau cerita, tapi ga bs basa basi nanyain kabar nanyain hows life gitu. Huhuhu.
      Hahahaha bisa die bisa 😁😁

      Like

      • Iyaaa gw ga bisaa kalo sm kenalan baru basa basi ga jelas gituuu, kecuali klop yah bisa ngobrol ga abis abis, cuma kalo small talk gt susyeeeh akakaka.. Sini sini bagi line id lu kita linean aja akakakakak

        Like

  4. Hormon buuuu.. Gue dulu jg pas hamil sempet nangis bombay ngerasa temen2 gue ninggalin. Cm gara2 mereka pengen makan seafood kaki lima, sementara gue lg hamil jd mereka ngga ngajak gue, dan gue sedih ya mnt ampun. Gue kepinginnya mereka yg ikut gue makan di tempat “aman”. Pdhl biasa aja ya mestinya, tp krn lagi hamil, sedihnya menjadi2. Tenang aja, abis ini jg ilang lagi tuh perasaan sepi.

    Like

    • Lol, aku pernah ngerasain ‘left out’ kayak cerita cici tapi sebelum hamil :)))
      Itu pun sedih bener ampe nangis curhat ke suami huahahahahahhahahaha *aelah emang drama nih si olip
      Tapi ya mudah2an yang kali ini emang hormon ya ci hihihihi

      Like

  5. Dulu wkt hamil, gw jg suka gt.. Apalagi pas msh kerja dikantor kita ituuuu.. Ya ampunnn.. Pdhl gw punya genk maksi yah, tp tetep aja gw merasa ga punya temen hehehehe

    Semoga cpt berlalu yah bumillll πŸ™‚

    Like

  6. Sini bantu nyalahin hormonnnn!!! Ih. Tengah malem gini gw jadi pengen pelokin laki. Ahahahhaa.. Emang bener. Sahabat terbaik kita memang ujung2nya suami yaaa.. Hihihi.. So sweeeeeet!!!

    Liked by 2 people

    • Hahahahahahahaha *rajam si hormon*
      Mungkin karena sama suami kita bisa bener2 cerita semua2nya ya, trus abis itu bisa dapet bonus dimanja2 disayang2 pulak. Huahahahaha

      Like

  7. olippp pas bagian kk jawab pertanyaan u gw jd ikut berkaca2 sndr donk. berasa nyesss.. aduh scorpio mah bener2 yaaaa.. *toyorpalasendiri*

    tapi gw terkadang juga kaya gtu loh. suka mellow2 sndr suka mikir sbnrna tmn gw tuh siapa sih. makin ksini kok kyna makin ga punya siapa2. πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

    tapi perasaan itu pasti ilang kok. malah justru bgus kl temen terbaik itu yg sama hubby sendiri.. semangat ya lippp..

    klo soal d kantor. gw jg bingung tuh gw pernah alamin hal yg sama persis kaya lu. gw dkt sama tmn gw. n atasan na ga demen klo tmn gw itu dkt sama gw n sering jalan bareng sama gw. ga suka gt. gw jg ga ngerti kenapa. pdhal gw sm atasan dia tu jg ga ad msalah ap2.

    ah klo soal kantor mah biarin aja lah lip. anggep aja angin lewat.yg penting kita harus ttp bisa jdi diri sndiri. semangat yaaa 😊😊😊

    -siska-
    zeesskaa.blogspot.sg

    Like

    • Hello Siska, aduh makasih ya ampe udah ikutan berkaca-kaca hehehe.
      *kasih tissue *duduk bareng berpelukan
      iya bingung ya, perasaan kita ga ngapa-ngapain tapi kok ga dikasih temenan huhuhu, ini kantor apa sekolahan sik *pake seragam putih biru*

      Like

  8. I think ya every woman akan pernah merasakan begitu deh once in a while liv,.
    There was moment in my life jg sih. Dan itu g ga hamil tuh . hahaha

    tp dipikir2 tidak akan ada org lain didunia ini yg bs bnr2 relate n ngerti isi hati kita ini kan? sekalipun ada pasangan yg ngertiin sptnya banget2 tp tetep yg tau g mau apa bnr2 deep down sih diri qta sendiri sepertinya. so, our best friend number 1 is our self deh ^^

    and my husband jg ga pny temen yg bnr2 gmn loh.. dy cuek aja seru dgn dri sndr n hny ngumpul klo pas dicariin. >.< Tp gmnpn co berbeda kn dr ce kebutuhan batinnya.hehehe.
    Semoga segera get over it ya, liv. *hugs*

    Like

    • Berarti bukan karena hormon dong ya? Karena kita perempewi aja? Hahaahaha *oke salahkan hormon perempuan kalo gitu πŸ˜›

      Gue ga bisa berpikir gitu sih, mungkin karena gue haus kasih sayang kali ya huahahahah Jadi rasanya tetep merasa lebih baik dan lebih bahagia saat gue tau gue punya seseorang yang bisa support gue, sayang2 gue, meluk gue saat gue butuh. Kalo suatu hari gue sampe merasa bener2 sendirian, mungkin gue bakal stres banget. #oliptakbisasendirian
      Huahahaha

      Buat gue, gue dan koko itu “It’s us against the world, baby!” πŸ˜€
      Jadi biarin deh seisi dunia berbeda pendapat sama kita, yang penting kita berdua tetep sehati sejiwa sevisi semisi hihihi

      Kayaknya beda orang beda juga kebutuhannya sih Shal, tergantung karakternya hahaha.
      Amin, makasih ya Shaall πŸ˜€

      Like

    • Maap gue baru ngeh gue bales komen lo agak ga nyambung lol. *salahin preggo brain*
      Iya sih, emang pada akhirnya kita yang paling tau apa yang kita rasain, karena they don’t walk in our shoes ya. Tapi gue ga menuntut temen baek gue untuk ngerti apa yang gue rasain juga ^^ Selama gue tau mereka ada untuk gue dan selalu siap support gue apapun yang terjadi… itu aja cukup πŸ™‚

      Like

  9. lip, sini hayati pelok dulu, come come to hayati!! *pelukan*

    mgkn ya Lip yg lo rasain sekarang lebih banyak gegara hormon, biasanya pas lagi hamil emank jadi lebih sensitif perasaannya. semoga perasaan en pikiran kayak gini cepet ilang ya Lip, lo kudu happy2 lip πŸ™‚ ada koko en gue kok*ishh Ping2 sok ngaku2, wkwkwkwkwk..

    kalo ttg atasan kantor, gue ga abis pikir c kok dia bisa nguarin omongan kek gitu. anggep aja Lip dia sirik sama lo yang supel di kantor πŸ˜‰

    Like

    • HAYATIIIIII *lari-lari dari padang rumput seberang* *menghambur ke pelukan hayati*
      *lap ingus di pundak hayati* πŸ˜›

      Iya besok mau nnton AADC2 semoga happy ending biar gue happy juga. Kalo ngga… gue bakar si cinta dan rangga. Hahahahah *ekstrim*

      Makasih ya mamud super cantikkk :*

      Like

      • Amiiin makacihh lip. Makasiihhh.
        Kamu juga kudu setrooong..
        Soal yg kasus kya km, aq juga ngalamin kok lip.
        Malah skrg jd krisis percaya sm teman nyata di lingkungan sndiri. Saking takuuuuut banget tau klo aq diomongin di belakang.

        Like

  10. Selamat lip. Kamu beruntung punya suami yang sweet kygt.
    Mgkn bner comment2 diatas krn hormon juga jadi maikin sensi.
    Tapi ya begitulah manusia. Udah lama aku mengapus kata kepercayaan sama manusia dan teman dekat dalam hidup karena cm kecewa karena qt berharap mereka mengerti kita, mereka ada, dll. Bukan sok ga butuh temen tapi menhindari dan melindungi hati dari kecewa ^^

    Like

    • Makasih Sel.
      Aaawww kok sedih banget Sel 😦
      Dulu aku juga gitu, sempet sok ga butuh siapa-siapa dan sok bisa sendiri. Tapi emang pada dasarnya aku ga bisa, jadi tetep merana deh. Semoga selvi bisa punya orang yang bisa dipercaya dan bisa diandalkan ya, orang yang bisa jadi tempat kita nyender dan ‘pelukan di tengah badai’ πŸ™‚

      Like

  11. Ci olippp… akhir2 ini aku juga ngerasa kayak gitu. Hehehe kita sama2 queen drama πŸ™‚
    *HUG CI OLIP* cup2. Hehehe..
    Temen cuma datang dan pergi semaunya, tapi yang beneran sahabat bakal selalu ada untuk kita apalagi pasangan, pasangan tempat kita mengaduh πŸ˜€
    aku suka banget cerita2nya ci olip, karnaaa cc orang yg kuat :p *cielah*

    Like

  12. Iyess.. sempet mikir gt juga lip. Tp ak untungnya masi punya twin sister dan brown. Emang cm mereka berdua sahabat plg setia. Haha. Setuju ama koko. Koko sll ada buat cece.. gausa sedih yaa cece olip.

    Like

  13. heuheuheu romantissnyaa suami istri ini..
    gw juga pernah merasa ditinggalin temen2 , mereka hang out tanpa ngajakin gw, tp mereka emang bukan temen2 gw yg deket secara personal sih. Dalam hidup gw ada temen2 sejati yang gw kenal udah puluhan tahun dan meski jarang ketemu, we always trust and can talk everything, sayang mereka semua di luar kota.
    tapi ya ada temen2 yg cuma activity partner, pegi2 bareng, tanpa pernah curhat2an. Dengan menikah, emang bener sejak saat itu sobat kita satu2nya yg selalu bisa dicurhatin apapun dan selalu available di sisi kita ya cuma suami. Hihihi dinikmati aja kali ya, mungkin lu hormon itu πŸ˜€

    Like

    • Iya teph, trs mungkin kalo sama suami itu berasanya dia udah tau luar dalem semua busuk2nya juga, jadi kalo mau cerita apapun berasa lebih enak, ga khawatir di judge hahahaha.
      Nah soal ditinggalin itu gue juga pernah, padahal cuma ditinggalin makan siang sama ‘geng kantor’ tapi gue baper bangettt lol. Padahal mestinya mah biasa aja ya, tapi ntah napa kok gue sedih banget hehehe. *salahin hormon lagi* πŸ˜›

      Like

  14. Olip… gue beberapa tahun yang lalu juga sempet ngerasain kayak gini. Gak punya temen deket yang bener2 cuma satu or dua and stay gitu. Datang dan pergi. I understand how you feel and untungnya ada si Koko ya bisa dijadiin temen curhat hehe

    Like

    • *peluk mariska*
      Iya gue bersyukur sih punya orang yang masih bisa gue senderin tanpa malu2 hahaha. Kalo cici, sibuk ama keluarganya juga. Kalo nyokap, tar dia jadi ekstra khawatir dan mikir macem2. Jadi emang paling bener ama pasangan deh πŸ˜›

      Like

Write your thoughts or questions here! :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s