Keluh Kesah Bumil Sensi

Halo. Kembali lagi bersama KELUH KESAH BUMIL SENSI.

Bila anda tidak ingin membaca keluhan-keluhan ga penting yang penuh pikiran negatif oleh bumil seksi sensi, lebih baik segera stop membaca dan lakukan kegiatan lain yang lebih penting seperti menghitung ada berapa jumlah bintang di langit.

Ehem.

Jadi gini ya. Gue ga tau gue akhir-akhir ini jadi gampang sensi karena lagi hamil, ato emang dari dulu sebenernya gue sensian tapi denial. Huahahah 😛

Sejak hamil ini gue sadar gue memang membesar dengan cukup signifikan. Terakhir nimbang sih nunjukin kalo gue naik 3 kg dari sebelum hamil (kehamilan 17 weeks). Tapi kalo diliat secara fisik, berasanya kayak naik 6-8 kg. Perut pun gedenya kayak orang lagi hamil 6 bulan, padahal baru 4 bulan.

Otomatis hal ini bikin banyak orang komen kok perut gue gede banget. Kok gue gendut. Kok gue kayak hamil 6 bulan. Termasuk pertanyaan apakah gue hamil anak kembar, sampe ke pertanyaan “Dua ato tiga bulan lagi mulai cuti dong ya?”

Awalnya sih gue biasa aja. Malahan kalo ditanyain soal anak kembar gue selalu bisa becanda balik. Temen kantor (yang udah nikah 3 tahun tapi belum punya anak) juga ada yang becandain “Kembar aja dong plis, jadi ntar satu buat lo, satunya lagi buat gue.”

YAKELEUS DEH ANAK GUE DIBAGI-BAGI. LO KATA CAKUE?

😆

Muka gue juga dikomentarin. Ada yang terus terang kaga pake sensor bilang “Muke lo jelek banget sih. Anak lo pasti laki.”, ada juga yang masih dengan halus bilang “Kalo diliat dari penampilan kamu sekarang sih, kayaknya anak kamu cowo, Liv…”

Sejujurnya, gue juga biasa aja dengernya. Iya gue memang sengaja ga mau dandan karena waktu untuk menghapus make up sekian menit itu mendingan gue pake buat tidur-tiduran. Selain itu udah pernah coba pake BB cream doang, eh abis itu kulit muka langsung mengelupas dan jadi makin kering (dari yang sebelumnya udah tambah kering sejak hamil).

Tapi dari yang biasa-biasa aja itu, lama kelamaan…..

KOK MALESIN JUGA YEH DENGERNYA?

Kok bikin gue insecure juga yaaaa??

Udah ntah berapa kali malem-malem sambil ngaca gue nanya ke koko, “Aku gendut ya ko? Aku gendut ya ko.” *sambil mulut jadi manyun sedih gimana getchu*

Awalnya pertanyaan. Tapi abis itu bikin pernyataan sendiri. Hahahahaha 😛

Koko selama ini selalu jawab sambil separuh ngomel “Yang namanya hamil ya gendut lah! Namanya juga ada baby di dalem kamu kok, wajar dong kalo gendut. Masa hamil ga gendut.” 

Btw itu cara dia berusaha menghibur loh, meskipun kayak ngomel-ngomel LOL.

“Tapi… tapi… Orang lain aja hamil sekian bulan ga segendut akuuuuhhh. Ini aku mah isinya lemak ko, baby M kan cuma segede jeruk sunkist saat ini!”

“Loh ya baguslah. Anak kita jadinya merasa empuk di dalem. Berasa kayak tiduran di atas spring bed di dalem perut kamu.”

……..trus istrinya malah ngikik ngerasa lawakan suaminya lucu banget, lupa kalo tadi lagi ngeluh. Padahal perutnya kan lagi disamain ama springbed *bekep suami pake ketek*

Gue kadang ga habis pikir aja sama orang-orang yang memutuskan untuk komen secara negatif mengenai fisik seseorang ke orangnya langsung. “Eh kok lo jadi jelek.” “Kok lo gendut banget sih sekarang.” “Kok lo begini. Kok lo begitu.”

First of all, NOT EVERYONE HAS PREGNANCY GLOW ALL OVER THEIR FACE.

Iya, surprise! Gue jelas banget ga punya pregnancy glow. And I was totally fine with that.

Until you slammed it on my face by keep reminding me how ugly I look now.

Ugh.

Kenapa sih mesti bikin gue insecureeee huhuhu. Manalah adek ini gampang insekyur banget loh abang kalo dikomentarin negatiffff *lap ingus di pundak suami*

Sampe-sampe kemaren ini kan gue sempet makan malem bareng Irene si temen baek gue dan temen kantornya. Dua temen kantornya ini cowok. Satu bapak-bapak 50an tahun dan satu hampir 30 tahun gitu kayaknya.

Kesamaan dari kedua laki-laki ini adalah, meskipun sebenernya mereka tuh baik dan asyik, tapi mulut mereka berdua sama-sama ‘pinter’ banget ngomentarin cewek secara fisik. Padahal fisik mereka sendiri standar banget. Tapi kalo udah ngomentarin cewek, berasa macam mereka seganteng Hugh Jackman gitu lah gayanya.

Sepanjang makan malem sama mereka sampe gue pulang ke rumah, gue udah mikir negatif terus bahwa mereka besok pasti bakal komentar ke Irene betapa jeleknya gue setelah hamil. Gue bisa mikir gitu karena mereka juga pernah komentarin orang lain (dan bumil lain) di depan gue, komentarin mereka jadi jelek, jadi gendut, jadi ini, jadi itu. Kebetulan mereka berdua juga sama-sama kurang suka cewek gendut.

Gue mikir negatif sendiri lalu kesel sendiri.

Gue jadi pengen marah-marah rasanya. Emang kenapa sik kalo gue jadi lebih kucel setelah hamil?? Urusan lo? Masalah buat lo? Bikin sepet mata lo? Laki gue aja gak komplen kenape lo yang banyak komentar? Badan gue telanjang juga bukan untuk diliat lo kan? Muke gue pucet juga bukan yang bakal lo liat saat bangun tidur kan? Jadi nape lo yang sibuk?? LO GA PERNAH HAMIL GA NGERASAIN CAPENYA GA ENEG MUAL MUNTAH, GA USAH KOMENTAR LAH!

*nyemburin api*

Hufh. Padahal belom tentu juga mereka komentarin gue. Hahaha.

I totally let my insecurity eats me.

*ngusir si insekyuriti*

Satu sisi gue sebel banget sama diri sendiri yang udah insekyur begini. Sisi yang lain membenarkan gue untuk merasa insekyur, seakan-akan itu hal yang wajar, emosi yang normal. Padahal kan capek hati atuh abang, bikin adek pengen nyender melulu jadinya ke dada bidang abang. *ngomong sama Hugh Jackman*

Kemaren pagi gue sempet curhat ke temen kantor. Trus siangnya ternyata cici gue kirim foto baby bump dia pas hamil anak pertama sama baby bump sekarang saat lagi hamil anak kedua. Lalu gue baru sadar….

TERNYATA BABY BUMP DIA JUGA GEDE! Lol.

Lalu gue hore-hore merasa punya temen. Merasa mungkin punya baby bump gede itu genetik. Lol 😀

Malemnya pas scrolling di IG juga ketemu foto cewek yang lagi hamil 20 weeks tapi baby bumpnya kayak udah hamil 32 weeks. Makin hore-hore.

SEE, IT’S NORMAL TO HAVE A HUGE BABY BUMP! IT’S OKAY, IT’S FINE, NOTHING IS WRONG WITH THAT! *keliatan beud lagi menghibur diri sendiri LOL* 😛

So yeah. I have a big baby bump with zero pregnancy glow. But my baby is growing healthily so nothing else matters! *blowing kisses to M*

Well, kalo lagi ga insecure, gue sebenernya suka loh punya baby bump yang oh-so-big-and-visible begini.

Pertama, karena gue aslinya pecicilan suka lari sana sini loncat sana sini, punya baby bump yang udah mencuat indah dari hamil muda itu bikin gue lebih sadar diri. Lagi hamil lip, jangan pecicilan ica kaleeee.

Kedua, karena gue keliatan udah hamil gede padahal masih trimester pertama, gue berasa banget nerima ‘kebaikan’ dari orang-orang asing. Ada supir ojek yang bawa motornya 20 km per jam, dari gue naik motor sampe gue turun di depan rumah. Gue sendiri ampe komentar “Bang, boleh loh dicepetin dikit bang. 60km per jam juga masih gak apa-apa.” “Jangan mbak, kasian bayinya ntar. Kalo ketemu gajrukan ntar dia kaget. Pelan-pelan aja.”

OH-SO-SWEET BANGET GAK SIHHHH? Hahahaha 😀

Banyak juga strangers yang jadi suka senyum sama gue. Saat gue jalan cepet biar ga ketinggalan lift, orang-0rang dalem lift langsung pada bilang “Eh santai ajaaaa, ditahan kok liftnya, tenang aja, pelan-pelan aja.” 

Coba kalo ga hamidun, mungkin mereka diem-diem mencetin biar pintu lift makin cepet ketutup huahahahah 😛

Ke restoran berdua Irene, tapi cuma gue yang ditarikin kursi sama waiternya sambil mata dia ngelirik ke baby bump gue dan senyum-senyum manis. Nyebrang jalan pun mas security yang bantu ‘menahan’ mobil jadi lebih ramah dan nyuruh gue untuk ga usah buru-buru, pelan-pelan aja.

Jadi di samping rasa insecurity ga penting itu, gue sebenernya cinta kok perut gendut hamil gue ini. Ciyus deh.

Apalagi sama yang lagi tumbuh berkembang dengan sehat di dalemnya 🙂

Tapi ya pelajaran bagus buat gue sendiri, kalo ada komen negatif ke orang lain, mending dalem ati aja deh. Ato kalo ga tahan ya komennya di depan temen lain aja. Ga usah ke orangnya langsung. Karena bisa aja kan ternyata tuh orang jadi kepikiran dan merusak kepercayaan dirinya.

62 thoughts on “Keluh Kesah Bumil Sensi

  1. Mulut orang memang pada dasarnya suka gatel keluarin komentar2 yg (kayaknya) dia ga sadar udah nyakitin orang lain ya. Dulu gue pas hamil malah dikira ga lagi hamil sangkin kurusnya 😀 ditanya “lo hamil apa engga si? Itu perut isi nya nasi doang ya sama p*p?” Atau “lu boongan hamil nya ya?” Wkwkwkwkw waktu itu sakses nangis abis dikomentarin gitu. Mo hamil gede atau hamil kecil tetep aja dapet komentar2 negative :p yang sabar ya dekk hihihi, salam kenaall btw *salim*

    Like

    • Salam kenal ci Epiii. *tarik tangan sebelum disalim* *salim ke ci epi*
      Iya padahal yang kurus juga punya kekhawatiran sendiri ya, temenku juga ada yang kurus banget kayak ga hamil padahal udah 5 bulan, dia jadi ketar ketir takut bayinya ga berkembang. Kalo udah ketar ketir trus dapet komen-komen kayak ci Epi sih beneran nyembur api dah kayaknya hahahaha.
      Ampe nuduh orang boongan hamil juga kok ya agak ngeselin yaaaa *jitak yang komen*

      Like

  2. SAMA ! tapi bedanya klo akoh gr2 mo merid trus masih aja gendot >.<

    Swt banget sama org yg ngmg gk pake mikir, kadang kitanya selow, laki kita selow eh tuh orang maen nyembur aja ngmg "elo gendot banget sekarang", so what? masalah banget buat situ ya? kan situ gk kasi kita makan juga *nyembur api*

    I feel you Lip, udah abaikan yg gini2, bused deh orang lg hamil mah wajar x gemuk justru ak suka kasian sm yg hamil tp badan kurus gitu, macem busung laper, lagian bener juga faktor genetika berperan sepertinya

    Sehat trus lip dan abaikan yg gini2 *ngmg ke diri sendiri*

    Like

    • Udah coba ngurangin karbo Nie? Aku pas mau nikah kurangin makan nasi, ga makan mie dan roti sebisanya, sama makan malem cuma makan buah pepaya/apel. Ditambah rajin pilates. Hehehe.
      Tapi Nie yang sekarang juga cakep dan menggemaskan kok *peluk Nie erat*
      Iya mamanya mau kurus gemuk yang penting babynya sehat ya Nie.
      Kurus gendut pasti ada aja kok komentarnya orang, LOL. Ora uwis-uwis. *sumbat mulut yang komen pake kolor*

      Like

  3. Huahh.. Gw juga nggak glowing selama hamil, malah jadi kumel gegara lepas semua makeup dan embel2nya gegara takut ngefek ke baby.. Haha

    Pernah dapet sindiran dari salah satu ibu2 lewat FG “Ko, maaph si cici nggak pernah make up ya, enak loh ko hemat banyak, duitnya bisa buat yang lain, ini anak saya sebulan aja berapa cuma buat make up..”

    Entah apa maksudnya tapi gw yakin maksd dy, lu punya bini jelek amat ya, masa polos begitu aja.. hahaha.. Entah ini efek hormon bukan bikin sensi sama omongan orang.. wkwk

    Like

    • Iyaaaa aku juga aku jugaaaa. Abisnya serem ya Val kandungan komestik katanya begini begono, jadi ga pake juga gak apa-apalah. Hahaha.
      Hahahaha bikin pengen nyautin agak sinis sok cantik gitu ya “Iya soalnya saya begini aja bikin suami klepek2 sih, kalo saya dandan takutnya makin banyak yang klepek2…” *dicoret ibu itu pake lipstik*

      Liked by 1 person

  4. i feel u lip.
    dulu gw juga pas hamil masih semester pertama perutnya udah gede. Sama juga sempet dikira hamil anak kembar dan ‘yang 1’ nya mau diminta. Dikira anak kucing kali yaa.
    kalo komentar negatif sering banget, cuma buat gw jadi pelajaran aja, biar gw gak gitu ke orang lain, soalnya rasanya sakit ya boo

    Like

    • Ho’oh cedih hatiku 😦
      Seringnya sih hahahihihi, tapi tetep ada aja masanya insecure sendiri trus kepikiran sendiri hahaha. Bener-bener pelajaran deh biar ga gampang komenin orang juga.

      Like

  5. Gua dulu baru 10 weeks sama ipar gua dikomentarin udah kek hamil 5 bulan. Idung gua dibilang gede banget pdhl masih hamil muda. Dari dulu juga idung gua dag lebar perasaan. Tapi ya emang gitu lah. Maen tancep gas aja ngomongnya gak pake perasaan. Gua sih ketawa2 aja, pulangnya nangis. Pengen oplas. Gua juga jelek banget pas hamil, liip. Tenang aja gak sendirian kok. Makanya gua hiatus lama dr ngeblog. Wkwkwkwkw.. mau apdet kehamilan apaan. Boro2 glowing.

    Cara mengatasi semua sentimen negatif itu adalah: menjadi kurus setelah melahirkan dan piawai ngurusin anak sendiri. Jangan lupa pake lipstik.

    Soalnya yg komen2 jelek gitu biasanya ga ngurusin anak, lip. Ngurusinnya diri sendiri.

    Liked by 1 person

    • Hahahahah maap ci tapi aku kok ketawa ya yang pas bagian “pulangnya nangis, pengen oplas” 😛
      *pelukan sama ci Nadia temen sesama saat hamil jadi jelek* 😀
      Nah tapi aku juga ga mau terlalu ngasih beban ke diri sendiri untuk segera kurus abis ngelahirin sik, daripada ntar jadi stres ngurus anak dan stres ga kurus-kurus hahahah.

      Like

  6. Hahahaha gw jg Lip, gw kucel and kusem bgt pas hamil. Org2 ud pada prediksi anak cowo eh lahirnya cewe hahahaha.
    Masih mending koko Taz, biar gt2 masih ada niat menghibur biarpun ngaco becandanya, nah laki gw klo gw tanya dulu gw gemuk atau kucel pas hamil. malah blg gini “ud terima ja, punya anak harus mau berkorban” jiahhh bknnya itu malah mengakui klo gw gemuk & jelek huhuhuhu *sedih hati adek, bang*

    Like

    • Iya beneerrrr. Aku ampe sensi juga loh sama setiap orang yang nebak cowo karena menurut mereka aku jadi jelek. Rasanya kalo ampe nih anak cewe, hasil print USG mau aku tamparin ke pipi mereka “TERNYATA CEWEK KOK! MAU APE LO!” hahahaha *mulai sensi berlebihan*
      Hahaha kadang kalo Taz jawab “Yang namanya hamil ya wajar kalo gendut lah…” gue juga suka nyautin “BERARTI IYA DONG AKU MEMANG GENDOT?” Ini kalo lagi maen kuis di TV udah ada bunyi tetoottttt tanda kalo jawabannya koko salah. Hahahahahaha. Tapi abis itu dia sih langsung meluk2 menghibur gitu, ato nyubit gue karena tau gue sengaja ngerjain dia hahahahahahaha.

      Like

  7. Sabar bumil.. Dikantorku juga suka di comment gitu. Kalo bumilnya cantik, suka dandan pst dblng anaknya cewe, klo bumilnya dekil pasti dibilang anaknya cowo. Hahaha
    Ntah knp kygt ya..
    Pasti bosen dan cape sh klo bnyk yang komentar kygt. Dari santai bisa sampe kluar tanduk juga..
    Tapi susah sh namanya mulut orang.
    Yang penting mom n baby sehat Lip. Terus suami bs support dan terima apa adanya.
    Semangat Lip..
    Apalagi ntar abis lahiran dan pny baby pst bnyk yg komentar dan nasehatin ini itu. Siap2 lbih pusing lagi.

    Like

    • Iya kalo bule mitosnya kebalik, kalo cewe malah jadi dekil kalo hamil cowo baru jadi cakep. Padahal mah tetep aja itu cuma mitos, ga ngaruh hamil cewe/cowo sama emaknya jadi glowing apa ngga. *menurut ik sih* hihihi
      Iya syukurlah si koko bisa seneng2 aja dan ga komplain. Kalo komplain, mau suruh dia aja dah yang hamil. *Lah emang bisaaaa?*
      Makasih ya Sel ^^

      Like

  8. Sabar-sabar ya lip…lagi hamil banyak omongan negative, tar pas lahiran ada juga tar pas ngegedein anak juga ada…ga akan pernah ada habisnya… yang terpenting kita menanggapinya dengan positive thinking…. bumil harus happy selalu supaya dede bayinya juga happy….sehat selalu ya lippp 🙂 *Hug…

    Like

    • Iya sih ya Nat, ra uwis-uwis ya. *hufh*
      Maunya positive thinking sambil jahitin mulut orang, boleh ga? Huahahahah *diguyur sambel*
      Makasih Naaattt *berpelukan*

      Like

  9. Gua juga kok liv pernah dibilang ih kok tambah jelek pas hamil. *bearti sebelum hamil jelek donk???? -nangis dipojokan-*

    Trus temen kantor juga pernah bilang.. bilang pura2 hamil lu yah, karena ada 2 orang yang diatas gw udah hamil beda 1 bulan sama gua. ish.. eek banget lah. ahhahahahaha.. ngapain juga gua pura2 hamil. wkwkwkwkw

    Like

  10. Gede kecil perutnya tetep orang pasti komen kayanya udah budaya yah hahahhaa kl gw pernah dikomen tetangga pas hamil 7 bln katanya kecil kaya 5 bln tar bayinya kurang beratnya kasian dll dll yg bikin sebel…..ini tetangga udah emak2 dan nggak kawin trus tau dr mana perut kecil berat bayi kurang padahal namanya dokter juga bilang berat normal hahahahaha

    Ini omongan belom ganasssssss nanti bakalan lbh banyak lagi omongan2 ganas berikutnya LOL dan nggak akan berhenti mgkn sampe ge meninggal T_T

    Like

    • Yaolo itu tetangga sotoy banget padahal hamil aja belom pernah.
      Selalu ada pertanyaan sejenis normal/caesar, bakal asi/sufor, dll dsb dst sampe anak gede punya anak lagi dan anaknya punya anak lagi ya ci hahahahah *pura-pura pingsan*

      Like

  11. “Pyyy.. Perut lo gede banget ya”.. Dari yang senyum2 sampe pen gw cocolin sambel mulutnya.. Dihh.. Gemes.. Apalagi yg ngomong lagi hamil atau pernah hamil.. Cuma mungkin tingkat sensi ibu hamil beda ya.. Mungkin mereka dulu digituin ga ambil pusing, atau malah balas dendam? wkwkw.. sabar2 ya mamah M.. Perjuangan kita masih panjang.

    Like

    • Iya kita pun ikut senyum tapi tangan kayak mau cabein mulutnya ya Py hahahahah.
      Iya samaaa, gue pun kadang bingung mereka kan pernah ngerasain, kok ya ga bersimpati dan lebih milih2 mana yang perlu dikomen mana yang ngga ya.
      *ngelus dada* *yang mulai membesar* hihihi 😛

      Like

  12. Mau gede en kecil, duanya mampir lip di gue, huhuhuhu terus omongan “ih gendutan ya skrg” pun mampir juga *nangis kenceng* emank ya kalo komenin org tuh enak bgt, ga diayak. Ga mikir qta yang denger kek gmn rasanya tapi uda lip jgn dimasukin ati. Yang penting lo en baby M sehat2 terus 🙂

    Like

  13. Temang lippp ur not the only one. Hihihi aku juga drastis dari cungkring sampe mbulet dan idung mekar kek jambu aer. Hahahaah tapi kulit emang kenyel2 glowing (both yg ce n co)…

    Tukang ojeknya sweet banget ya..mungkin bininya lagi hamidun juga kali ya dirumah.

    Sehat2 ya liv

    Like

  14. Omongan orang emang gak akan pernah ada abisnya.. sampe anak lahir dan gede jg adaaaa aja…
    Jangan masukin ke hati cape soalnya.. bumil harus happy.. 😉

    Dan bener bgt.. keuntungan2 jd bumil tuh banyak orang yg jd lebih perhatian.. 🙂

    Semoga mommy and babynya sehat terus..

    Like

  15. gua waktu hamil ga terlalu sensi, masih bisa menerima kalo hamil itu emang bikin gendut… yang bikin gua sensi malah pas abis lahiran… jayden kan beratnya dibawah normal… tamu2 yang nengokin, terutama tante-tante, ngomongnya pada ga disortir… seakan2 gua gendut buat gua doang, bukan buat anak… manalah abis operasi bekasnya masih sakit… stress dah hahahaha…

    Like

    • Issshhhhhhh. Emang bisa ngatur gitu sekian persen asupan makanan buat bayi, sekian persen buat kita? *sensi lagi* Kalo bisa juga kita maunya dia yang montok sedangkan kita tetep singset ya ci hahahaha.
      Siap-siapin golok ah di samping tempat tidur pas abis lahiran. HUAHAHAHA 😛

      Like

  16. Wahahaha sama kayak aku ce.
    Kalo abis dikatain gini gitu, pasti akhirannya bakal galao nangis sendiri. n tnya ke Tuhan knp gue gini gitu..
    padahal kan Tuhan udh nyiapin rancangan yg trbaik buat hidupku:p *kebanyakan mengeluh* wkwkkw

    Like

  17. Pas aku hamil ya, gendut kayak kudanil. Parahnya, di sekitarku banyak orang hamil juga tapi langsing2, cantik2, lengannya lencir2, perutnya kecil2, perutku dong kayak tong mau meletus. Jadi mereka semua foto hamil di studio dengan sukses, aku? ngaca aja males.
    Orang hamil memang beda2, enjoy your pregnancy, enjoy the attention lah, macem seleb gratis gitu kan hehehe

    Like

    • Yaampun aku juga suka merasa kayak kuda nil ciiii. Hahahaha. Kuda nil seksih *teteup* hahahaha 😛
      Sip,nikmatin perhatian yang positif aja ah *sambil asah pisau* *teteuuupp* Hahahaha 😛

      Like

  18. Gw pas hamil jelek banget kek pembokat, kucel abis dah jd pada blng gw hamil anak cow wkwkkwkw ternyata baby girl yg keluar…
    Yahh ginilah hidup ya lip, klo ndk komen ttg org lain duhh mulut kok gatel banget ya, trus pas komen kok malah keluar kata2 bikin org sakit ati ya…cuekin aja lip yg penting babyny sehat, yg komen ini itu boleh di tanya sudah pernah hamil kah? yukk cob hamil dulu baru komen.

    Dan banggalah perut membesar saat hamil artiny baby d dlm perut lu berkembang artinya, bnr ndk? *nyir2 banget ya gw* hahahah

    Like

    • Hahahahahah ujung-ujungnya tetep mesti ada bumbu nyinyir emang ya biar seru 😛
      Tapi kayaknya karena perut gede ini, kalo dia gerak aku ga terlalu ngeh. Ketutupan lemak kali ya huahahahha

      Like

  19. gak lg hamil aja kalo ada yg ngomongin kyk gitu bawaannya pasti kepikiran n sensiii sendirii ..apalagi hamil ya ci ..
    nahhh mikirr bonus plus2 nya aja deh cii ..jd enak kan dapet ‘prioritas’ teyuss ..hihi ..
    yg penting Baby M harusss sehattt terus yaaa ..nikmatin aja bobok2an di springbednya mama :p

    Like

  20. Di bawa santai aja.. Dulu aku hamil Malah kebalikan, naek total cuma 9 kilo. Sampe pas ke dokter kandungan kontrol pas 6 bulanan, nurse nya nanya, ibu mau periksa apa?? Pas aku bilang periksa hamil lah, langsung nurse nya salah tingkah ngomong ‘Ohh lg hamil ya bu’ wkwk.. Kalo ada yg ngomong, makanya makan yg banyak, lagi hamil jangan diet2, rasa nya pengen gue jejelin susu ibu hamil tuh orang.

    Aku setuju naek banyak atau dikit, kayanya ada faktor genetik. Yang penting mama n baby sehat aja sih.

    Like

  21. Kalau yg belum pernah hamil komen nyinyir gitu ya mau-gak-mau dimaklumin ya Ci Olip, sambil komat-kamit dlm hati “rasain sendiri loh pas nanti hamil” wkwkwkwk… Tapi kdg sirik juga loh ci liat ada buibu yg hamil kok yang gendut cm peyut doang, trus dandanannya kece bgt. Aku yg gak hamil aja jd ngerasa kucel *loh?
    Anw, sehat-sehat ya Ci Olip dan dedek dlm peyutnyaaa… Kl sempet mampir blog akyu ya hihihi mrandmrsleonard.blogspot.com

    Like

    • Iyaaaa aku pun siriikkk hahahahahah. Tapi ya emang ada effort buat dandan sih ya mestinya, kalo aku mau effort juga susyeh soalnya tar kulit muka mengelupas. Yasudahlah aku pasrah aja lol.
      Ho’oh ntar aku mampir yaaaaa, makasih Nichole ^^

      Like

  22. Nikmati privilage hamilnya aja, lip. G mau nyebrang jalan biasa susah klo sndr, tp klo bareng tmn bumil g beeuhh pd berhenti mbl. 😀😀. Wkwkkwkwk.
    Malah tmn g yg gandeng g ” sini sini nyebrang bareng g, liat deh. ” #senangnya

    Mau hamil gede, hamil kecil, hamil glowing or hamil not glowing pn intinya proud to be pregnant aj.
    I’ve seen a lot of my friends yg walau hamilnya ga glowing tp mereka super proud of their pregnancy and that’s make them glowing more. So, Olivia, Be a super more Proud Mom to Be so that those women will feel that they wanna to be one also!
    For those men, not worth a sec for ur insecurity. They r not ur hubby or someone special. Just the ordinary middle age and aging men. Hehehe..

    Like

    • Hahahahaha mejik ya Shal. Tapi syukurlah setidaknya berarti para pengemudi mobil itu masih baek, soalnya temen kantor cerita di dalem commuter line ada juga loh orang-orang tertentu yang ga mau ngasih bangku buat ibu hamil. Bodo amat aja gitu. Ya ngerti sih sama-sama cape juga tapi kan… 😦
      Iya bangga sih sama perut gede ini, soalnya ada baby aktif yang lagi berkembang dengan sehat di dalemnya ^^ Semoga lo ama suami segera fit dan bisa segera nyusul yaaaa.

      Like

  23. Hai salam kenal. Sdh sering blogwalking kesini tl blm pernah komen. I feel u. Tp kl aku kebalikannya sih. Justru org2 pada blg kl perutku msh kecil bla bla… Padahal dr berat sebelum hamil, udah naik 7 kilo di 16 weeks ni. Berasa pengen ngamuk2 dah kl ada yg komen2 jelek. Tp bodo amat deh hahaha… Yg penting kata dokter sehat dedenya

    Like

    • Halo salam kenal juga, aku manggilnya Mba Titin kah? ^^
      Ho’oh aku denger temenku yang kurus pas hamil juga ikutan gemes, kadang orang ngomongnya ga pake disaring ya, maen komen aja seakan-akan kita sengaja ga mau ngasih gizi buat si baby. Dih -_-
      Iya bener, yang penting dedeknya sehattt mommy juga sehaatt 😀

      Like

  24. Liv, gue dong, di kantor, udah hamil 5 bulan orang masih ngga ngeh kalo gue hamil. Bahkan saat gue hamil 6 bulan, pas di Bali, gue dikirain gendut dan disinisin dibilang “Bu, kayaknya ibu gak muat baju renang yang L, belinya XL aja.” sambil ketus. Terus gue nyautin, “Iya nih, susah ya lagi hamil 6 bulan, bingung body melar.” Habis gitu dia shock terus mnt maaf sm gue hahahaha. *entah kenapa minta maaf, kalo sifat jelek mah jelek aja hahaha*. Anyway, dibawa asik aja. Baru jadi bumil, tar kalo udah jadi busui, lebih heboh lagi goyangannya! Taring mangggg!

    Like

    • ISSHHHHH. Jadi kalo orang hamil baru dia minta maaf tapi fat-shaming lumrah aja gitu?? HIH, SITU OKE BANGET MBAKNYA? *jejelin pake bikini*
      Hahahah. Aku meditasi dulu deh memperdalam ilmu kebal kalo gitu :)))

      Like

  25. pengalamannya sama tapi waktu hamil dulu gw mah ngangguk2 doang kalau dikatain ini itu, sa bodo yg penting gw dan anak gw sehat hihihi..
    mana dulu waktu hamil butek bgt, leher item, ketek item, semuanya item wkwkwk..
    udh gak usah dipikirin Liv 🙂
    oh iya, aku baru mampir disini apa udh pernah ya? hihi slm kenal ya 🙂

    Like

    • Halo salam kenal, kayaknya baru kali ini hehehe. Gue langsung sok akrab manggil nola aja yaaa hahaha 😛
      Iya awalnya gue juga senyam senyum ketawa ketiwi, tapi lama-kelamaan malah jadi insecure sendiri huahahaha *menghambur ke pelukan hugh jackman
      Tapi emang mesti dicuekin aja ya demi pikiran lebih damai dan bahagia 😛

      Like

  26. gw pas hamil kayanya termasuk yg glowing2 gitu, krn banyak yg bilang klo gw kliatan ga kucel dan rata2 mereka nebak gw punya anak cewe. Ya soalnya gw emang tetep demen dandan pas hamil dan hamil gw tuh yg ga pake mual2 atau keluhan apapun.
    Nahh justru gw berasa sensi dan lebih banyak tekanan pas bayinya uda kluar. Kok masih aja gendut padaal anaknya dah hampir setahun , doenggg! Yah gw emang bukan tipe yg asinya banyak jadi gw ngejar makan banyak dan ga diet2an..
    Serius deh menurut gw dibilang gendut pas hamil itu ga ada apa2nya dibandingkan dibilang ‘lagi hamil lagi ya?’ di kala bayinya udah kluar T_T

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

