EMOJI

Gue biasanya nyebut emoji ato emote ato emoticon. Tergantung mood. Huahahaha.

Tapi intinya yang gue sebut itu pasti udah diketahui semua orang yang pake aplikasi pesan singkat. Dulu waktu masih zaman sms di hape nokia, emojinya masih yang ada idungnya hihihi :-)*

Gue dulu sempet suka banget sama emoji Yahoo! Messenger. Terutama pas pacaran sama koko sempet ngerasain chatting pake YM, paling naksir sama emoji ciumnya yang bisa bergerak. Gemesin aja gitu rasanya. Bibirnya merah-merah dan cuuupp muah gitu hihihi 😀

Sama emote peluknya yang bisa menjulurkan tangan lebar-lebar. Adek jadi berasa siap menghambur ke pelukannya abang gitu kan jadinya :”>

Trus kenape gue tiba-tiba jadi ngomongin emoji gini?? Hahaha. Sebenernya gue cuma mau bahas salah satu aplikasi chatting paling ngehits: WhatsApp.

Sekarang banyak yang familiar dengan emoji WA karena menggunkan aplikasi ini. Untuk pengguna iPhone, shortcut emoji di keyboard juga sama dengan emoji-emoji WhatsApp, bikin di Path dan Instagram bertebaran emoji-emoji khas WA.

Inti dari postingan ini adalah: Gue gemes aja sama penggunaan emoji yang salah ato tidak sesuai. Padahal kita chat sama orang kan ga bisa mengharapkan mereka membaca message sesuai maunya kita ya, bisa aja mereka salah paham karena kita salah tanda baca, ato salah emoji.

Contoh emoji WA yang sering disalahartikan:

 

Ini kan emoji ketawa terbahak-bahak sampe keluar air mata ya. Tapi banyak yang kira ini nangis sedih kayak meraung gitu loh.

Di grup WA keluarga besar, gue pernah pake emoji ini dan ditanyain tante gue “Kok nangis?” lalu dijelasin oleh sepupu gue bahwa itu emoji lagi ketawa ngakak. Trus beberapa kali gue ngeliat orang komen di Instagram, Path ato Facebook “RIP” ato “Turut berduka cita” lalu pake emoji ini.

Blunder parah yak. Ini jadinya turut berduka beneran tapi salah emoji, ato ngeledek?

Contoh lainnya:

 

Banyak yang mungkin mengira ini ngelirik ke atas ya. Bukan. Bukan. Bukaaannn.

Hahahaha.

Ini tanda kita rolling our eyes! And it could be rude!

Rolling our eyes itu artinya to ​move ​your ​eyes ​upwards as a way of ​showing that you are ​annoyed or ​bored after someone has done or said something.

Contoh aplikasinya kayak kalo kita denger temen ngomongin hal yang menurut kita bego dan ga penting, trus kita muterin bola mata kita ke atas dengan ekspresi males seakan menyiratkan , “Duh lo ngemeng apaan sih, ga penting dan ga jelas banget deeeehhhhh”

Ato bayangkan situasi lo lagi sama temen-temen lo di kantor, trus salah satu temen lain yang nyebelin lagi membual alias omong gede sok hebat. Lo dan temen-temen lo liat-liatan trus lo rolling your eyes.

Rude, right? 

Gue pernah ampe konfrontasi ke temen baek gue soal aplikasi emoji ini. Karena ini bisa bikin orang tersinggung kalo sampe salah penggunaan. Misalnya dia posting kutipan galau di socmed, lalu ada temen nanya ke dia “Loh kenapa? Ada masalah apa?” karena perhatian dan khawatir, lalu dia bales “Gak kenapa-kenapa” trus pake emoji itu.

Gue kalo jadi temen dia pasti bakal langsung ngernyitin dahi dan ngerasa “Loh nih orang ditanyain baik-baik dan dikhawatirin kok malah gini ya. Kok ngeselin ya.”

Kalo buat temen yang udah sama-sama ngerti kalo kita lagi becanda ato being bitchy sih gak apa-apa. Gue juga kadang pake emoji itu pas sama temen gue, misalnya pas lagi ngobrol:

“Duh si Pak A itu ganteng banget, sayang ya udah punya istri.”

“Trus kalo ga punya, dia bakal mau sama lo?” *insert emoji rolling my eyes*

Masalahnya kalo orang yang kita tuju ga ngerti kalo kita itu lagi becanda. Fatal dah dianggep meremehkan orang lain.

Contoh lain lagi:

image

Cewe ini ada opposite gesture nya yang dia membentuk tanda silang.

Yak, jadi emoji ini artinya OK alias membentuk huruf O. Sedangkan versi silangnya artinya gak oke ato nggak.

Tapi beberapa temen gue kira ini kayak lagi nutupin kepala pake tangan ya. Yah sebenernya imut juga sih kalo dia lagi ngelindungin kepalanya. Hihihi 😀

Contoh terakhir di postingan ini:

Ini gue juga sempet salah ngira. Kirain bintang jatoh. Hahahaha.

Ternyata pas gue baca-baca lagi, ini sebenernya pusing. Inget kan adegan di kartun yang kalo kita pusing trus jadi kayak ngeliat bintang-bintang di sekitar kepala?

Tapi tetep lebih kece kalo ini bintang jatuh sih ya. *loh kok ga konsisten*

Hahahaha.

Sebenernya emoji WhatsApp sering disalahartikan, tapi selama antara pengirim dan penerima emoji bisa saling memahami ya gak apa-apa lah yaaaaaa.

Untuk yang punya waktu dan pengen tau seberapa memahami emoji whatsapp, boleh coba maen kuis matchingin emoji dan artinya:

http://www.buzzfeed.com/whitneyjefferson/match-the-emoji-with-its-true-meaning#.rwB9vb1YM

Sekian keluh kesah dan pemikiran ga penting hari ini, cuma gegara gemes abis ngeliat orang komen rest in peace pake emoji ketawa tadi. Hufh.
😛

 

34 thoughts on “EMOJI

  1. masalahnya sih sebenernya di bagian merk hapenya mbak, kadang ada emot yang keliatan aneh pas diwasap jadi beda. Apalagi kalo porting pake ios gitu, malah beda lagi 😀

    Like

    • Oh bukannya kalo chatting di whatsapp otomatis emojinya juga dari whatsapp dan di semua hape keliatan sama ya? Emang bisa berubah? Kalo di Path ato IG sih iya karena itu bukan emoji dari Whatsapp, itu emoji dari keyboard bawaan tiap merk hape. Jadi emoji smile di iPhone (yang sama dengan emoji smile di whatsapp), bisa berubah jadi smiling android kalo di hape sony xperia.

      Like

  2. coba selanjutnya bikin postingan muka muka emoji in real life ya Lip :))) pasti seru!
    eh malah ada yang tertawa terbahak bahak itu dipake buat komen di berita duka cita, i was like … err, dude. no. Aaaah rasanya pengen wakilin untuk hapus komen dia :)))

    Like

    • Coba jeng tasha aja yang bikin, kayaknya lebih ekspresif unyu gitu mukanya 😛
      Iya makanyaaaa. Mungkin karena ada air mata jadi otomatis dikira lagi nangis ya hahaha

      Like

  3. Lip, sejujurnya gw juga suka nerka2 sendiri yg kadang besar banget kemungkinannya salah, jd jarang mau keluarin emoji pas chatting, malah kadang gw ga paham maksud tuh emoji apa terus males kelamaan mikir mending gw pake titik titik aja ga pake emoji.. wkwk

    Like

  4. Cece cece, kreatif banget apa lg bingung ce mo nulis apa?

    tp akuuuh sukaa loooh sm post emoji2 ini krn ak juga suka klo chat pake emote2 😀

    duluuu sama brown juga tuh sempet chat pake YM *ihiy* lucu yaa jadi kangen 🙂

    Like

  5. Dari semua emoji yang dibahas, cuma pas bagian bintang itu aja yang aku baru tau. Malah aku kira itu emoji komet, soalnya kan ada bintang sama orbitnya gitu ya XD

    Like

  6. Wkwkwkww.. Yg cewe itu malah suka gw artiin *saranghae* ahahaha. Krn tangannya diatas kepala. Tapi emang bener selama yg baca dan yg ngirim pesan fine2 aja harusnya gak bermasalah. Tapi asli itu sih kocak yg berita duka kasih emot itu. Wkwkwkkww

    Like

    • Awalnya gue juga sempet ngira gituuuu hahaha *kebanyakan nonton drakor*
      Tapi trus ngeh sendiri kok ada yang tanda silang 😀
      Gue ngeliat emote ketawa di berita duka malah pengen ngebenerin rasanya lol

      Like

  7. gw termasuk orang yg gak ngerti arti-arti emoji, liv.
    Makanya selalu pake emoji yg itu-itu doank, abis pan eke takut salah.
    tapi kalo emoji yg terbahak-bahak ampe nangis gw ngerti artinya soalnya ada beberapa blogger kocak yg selalu pake emoji itu

    Like

  8. Belom selesai nulis kepencet send -_-” Gue tergolong aktif dlm penggunaan emoji, kadang ampe lebay gitu wkwk laki gue juga 😝 masalahnya yg kya begitu di keluarga gue cuma gue doank, lah adek2 gue datar bgt kalo chatting apalagi emak-bapak 😒

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

