Keluh Kesah Trimester Pertama

Sama seperti beberapa ibu hamil, gue pun mengalami beberapa perubahan sejak awal kehamilan.

Semingguan setelah tanggal visit pertama ke dokter, gue mulai ngerasa agak eneg kalau gue laper. Lapernya sendiri bisa tiap 3 jam. Tapi diganjel biskuit dikit juga kelar. Oh masih gampil lah pikir gue. Asyik nih cuma eneg-eneg gampang gini. Perut dikasih sesajen langsung enegnya ilang. IHIY. Hamil muda enak-enak aja nih. Apanya yang ribet? Apanya yang susyeh?

Gue ga merasakan mual hebat apalagi muntah . So I thought, asyik, this one is going to be an easy pregnancy.

I was wrong.

Seminggu kemudian, gue mulai ngerasain eneg yang lebih ga nyaman saat bangun pagi. Lebih menyerupai mual. Inikah yang namanya morning sickness? Kenapa dikau dinamakan morning sickness kalau berlangsungnya dari morning, noon, afternoon ampe evening woyyyy?? Iya, berlangsungnya ternyata hampir seharian. Liat makanan, gue mual. Jadilah postingan beberapa blogger yang ada foto makanan gue skip dulu. Kalo ditanyain mau makan apa trus gue ngebayangin makanan, yang ada gue malah mual dan ga bisa ngejawab. Cium bau makanan juga mual. Semua bau-bauan tiba-tiba jadi lebih STRONG di idung gue. Ya bau nasi di rice cooker lah, bau parfum temen lah, bau masakan lagi ditumis lah, bau salak yang lagi dimakan orang sebelah gue lah. Semuanya jadi stronggggg dan gue eneg nyiumnya.

TERNYATA SEMINGGU YANG LALU SAYA TERLALU CONGKAK, SODARA-SODARA!

*nangis sambil menatap rice cooker dengan dengki*

Kurang makan, gue mual. Makan kebanyakan, gue mual. Jadi porsi makan gue menjadi setengah ato 3/4 dari porsi biasanya. Tapi sering, bisa tiap 2 – 3 jam gue makan. Kalo ampe kelupaan, ada alarmnya yaitu rasa mual.

ARGH.

 

Yah setidaknya gue ga pake muntah lah ya.

Cuma mual-mual doang. Selama masih bisa diganjel makanan toh mualnya hilang kan, jadi yaaahhh gampanglah tetep.

I was wrong.

Pas udah mulai masuk 11 minggu, gue mulai muntah.

Ternyata hamil itu ga gampang ya sodara-sodaraaaaaaaa *toyor diri sendiri pake testpack*

Pernah suatu waktu muntah di mobil, untungnya ada tong sampah di dalem mobil. Jadi gue pelukin aja tuh tong sampah dengan mesra sambil mengeluarkan pir yang baru aja gue makan.

Kenapa deeekkk, mama suka kok sama pir nyaaa. Enak kok deeekkkk.

Huhuhuhu 😦

Ada makanan-makanan tertentu yang gue asumsikan “Kayaknya si M ga suka nih sama makanan ini” karena tiap gue coba-coba makan, selalu muntah. Contohnya rendang. Gue beli rendang di kantor buat makan siang. Trus sore jam 3 gue makan biskuit 3 bungkus (individual pack gitu ye, bukan bungkus gede loh huahahaha), jam 4 gue ngerasa pengen muntah.

Gue pikir bakal biskuit yang keluar kan ya. Ternyata rendang loh. Biskuit sama sekali ga keluar.

“Oh mungkin rendangnya kurang bersih kali yaaaa” Oke fine ga akan makan rendang di kantin kantor lagi.

Trus seminggu ato dua minggu kemudian, sodara koko masak rendang, ngirim ke rumah kita. Gue makan karena asumsi gue kalo makanan home made kan pasti bersih ya. Eeeeehhhh beberapa jam kemudian, gue muntah.

Bye rendang…. *teken tombol flush*

Apel juga gitu. Ada satu jenis apel kecil warna ijo yang setiap kali gue makan, pasti ujung-ujungnya muntah. Tapi kalo apel jenis lain gak apa-apa.

Jus buah biasanya aman, kecuali jus alpukat dan jus jambu merah.

DUH MASIH DI PERUT MAMA AJA UDAH PILIH-PILIH MAKANAN YA. JEWER NIH YA.

Huahahahahahah 😆

Tapi kadang bisa random juga sih apa yang dimuntahin. Kalo gue makan kebanyakan juga abis itu bisa muntah dikit. Kayaknya ada takaran maksimal gitu sekarang di lambung gue.

Trus salah satu hal yang paling berasa selama trimester pertama adalah gue CEPET BANGET CAPE. Ga ngapa-ngapain aja gue bisa berasa cape hahahah 😛

Jalan-jalan dikit pengen duduk. Berdiri lama dikit juga pengen duduk. Berasa jompo banget gue huhuhu. Duh rasanya pengen bobo aja seharian kalo bisa.

Tiap pagi, bangun buat ngantor jadi sedikit lebih berat dari biasanya. Padahal sebelumnya gue ke kantor selalu hepi-hepi aja, ga pernah ngeluh “I hate Monday” dan sejenisnya. Tapi sejak hamil, bisa berasa males aja gitu buat ngantor.

Secara penampilan, yang berubah dari gue adalah kulit muka yang super duper ekstra sangat kering banget. Sampe-sampe jadi flaky saking keringnya.

S__6127621

Itu waktu awal mulai kering. Masih bingung kenapa. Kirain karena odol. Trus ternyata makin banyak ampe ke pipi, ke kelopak mata, ke jidat. *cuci muka pake minyak goreng*

Jadi sekarang gue jelek banget deh dengan warna kulit muka yang belang-belang kemerahan. Padahal dulu cantik banget kayak bidadari.

Tapi yasudahlah namanya juga pun hormon kan yak. Saya pasrah aja. Huahahaha.

Badan pun sudah membesaaaaarrrrrr kayak orang lagi hamil 5 ato 6 bulan. Tapi secara timbangan, cuma naik 1 kg (dibandingkan dengan berat badan sebelum hamil). Sampe-sampe semua orang ga percaya, karena pada mengira gue naik 3-5 kg. Cih. Gue aja ga percaya kok cuma naik sekilo. *lah*

Tapi kan angka timbangan sudah memberi bukti nyata 😛

Sungguh sebuah misteri kenapa lemak-lemak yang bikin pinggang gue ampe ilang itu tidak terdeteksi di timbangan. Hahahahaha 😛

Tapi di balik semua itu, tentu saja gue happpyyyyyyyy sangat. *Bukan lagi manggil Pypy ya* 😛

Ga sabar pengen di USG lagi (masih dua minggu lagi jadwalnya)  karena rasanya pengen tau kabarnya si dedek mulu hihihihi 😀

Ah sehat-sehat ya dek! Maaf mamanya makan juga milih-milih banget karena banyak yang ‘bauk’ menurut mama, termasuk daun bawang dan minyak babi yang dulu mama suka banget 😛

Maaf juga mamanya udah 2 kali makan indomie dan makan junk food berkali-kali.

Mudah-mudahan tetep sehat ya deeekkk 😀

50 thoughts on “Keluh Kesah Trimester Pertama

  1. Terlalu sombong, hahhaa.. Sama Lip, gw waktu hamil gegayaan songong setengah metong, temen kantor ngomongin morning sickness dengan happynya gw jawab “Oh, enggak koq, apa aja aku makan ci, apa aja masuk, mual juga nggak, pusing juga nggak..” dan diiringi dengan jawaban “Gile enak banget ya hamilnya, asik ui…”
    Jreng jreng…. Pas bulan ke-3 KO donk Lip, sampe ke kantor surat sakit gw diobral pas hamil 3 bulan, masuk 1 hari ijin 3 hari, dan begitu mulu.. wkwk.. Tapi untung cuma 1 bulan aja pas bulan ke3.. Masih bersyukur…
    Kalo makanan gw paling anti sama nasi, apa aja bisa masuk tapi kalo makannya pake nasi brasa susah nelen dan kaya pengen keluar lagi dan itu berlanjut loh.. Smpe sekarang gw nggak bs konsumsi nasi kebanyakan, cuma seadanya yg ptg keasup nasi dikit aja. Indomie dan junk food entah uda berapa x deh gw makan, mungkin 5x ada deh indomie , 2x KFC.. Kalo uda ga bisa makan ya udah nelen paling gampang gituan.. hahaha.. Nampaknya baby juga tau itu enakkk.. wkwk

    Like

    • Iya sombong gelaaaaa hahahaha.
      Sekarang gue jadi ngasitau ke temen2 kantor, tar kalo hamidun jangan sombong2, bisa kena omongan sendiri huahahahaha.
      Oh lucu juga ya Val cuma selama sebulan itu doang tumbangnya. Gue baru denger hihihi. Memang kondisi tiap bumil beda2 dan jadinya menarik ya 😀

      Iya, gue juga ngerasa gitu, kok gue makan chiki ga muntah ya. Tau aja nih MSG enak. Hahahahahahah 😛

      Like

  2. gua juga dulu makan indomi..ahhahaa eh lip katanya klo sebel sama rice cooker ato nasi nanti anaknya putih…wkwkwkwk itu kata orang jaman dulu… tapi ga tau d, moga2 bener yeee…

    belom ketauan gendernya yaa? duhh jd ikutan penasaran nih…klo uek2nya banyak biasanya cewek anaknya…tapi pake acara kulit muka kering dan belang2 jadi mikir cowok…hahaha apapun yahh lipp yang penting baby M sehat sehat selalu….

    Like

    • Ah masaaaaaaaaaa *emaknya ngarep* hahahaha. Jadi kayak snow white dong tante Naaattt lol 😛
      Dokter sih udah ada tebakan, tapi karena waktu itu masih 3 bulan, dia sendiri bilang masih kecil jadi bisa aja ternyata bukan tebakan dia. Jadi yaudahlah tunggu ampe yang pasti-pasti aja informasinya hahahaha.
      Iya bener Nat, yang penting maunya dia sehat-sehat aja meski emaknya konsumsi MSG *loh* 😛

      Like

  3. Olipppp… sabar yahhh ibu.. Gw merasakan itu semuaaa.. Persis. Plus muntah kalo gw tiap pagi, kalo ga muntah keleyengan kepala ga bisa beraktivitas. Abis muntah enak langsung. Lol. Tapi tiba2 di minggu ke 14 apa 16(kalo ga salah) *liat blog lagi* hahaa.. Pagi2 bangun langsung seger kayak kelinci energizer. Ga mual. Badan ringan. Selamat datang trimester duaaa *peluk cium*..

    Btw gw kira itu teori gw doank, trnyata lo juga merasakan ya. Aneh loh, gw juga bisa muntahin makanan yg bukan trakir gw makan, tp makanan terakhirnya malah ga ada di muntahan *jorok bgt ini ya bahasannya* hahaha. Brarti bener ya yg ga demen dikeluarin sm dia. Lol. Sejauh ini gw taunya dia ga demen makanan2 jepang, pasti keluar. Sushi mateng lah, udon. Cuma ramen yg ga keluar lagi. Haha.. Lucu yahh.. Trs kalo muntah kekenyangan gw jg sering liv, sampe skrg malah *rakus* tapi beda ya sama muntah penolakan makanan. Yg muntah kekenyangan dikit doank gt. Yang makanannya dia ga demen gw sampe hoek2 meluk wc sampe bersih isi perut. Haha

    Sehat2 ya baby M. Ga sabar tau gendernya deh!

    Like

    • Aaaakk Fannyyyyyy *berpelukan* ternyata sama ya, gue juga ngira teori suka-suka laki gue dan gue doang loh soal dia ga suka makanan. Hahahaha. Semoga sih rewelnya ga kebawa sampe ntar udah lahir ya Fan. *crossed fingers*
      hihihi
      Iya banget, muntah kebanyakan makanan tuh cuma sedikit trs udah langsung legaan/enakan rasanya. Kalo yang penolakan makanan itu ampe cape rasanya buat muntah 😦 Apalagi kalo gue kadang-kadang muntahnya bisa ampe ke idung gitu. Sakitttt huhuhu.
      Gue besok udah 15 minggu. Masih males banget. Bergerak rasanya masih pengen kayak Sloth. LOL. Semoga minggu depan juga bisa kayak energizer bunny deh. Playboy bunny juga boleh. *LAH* hahahahah 😛

      Like

  4. Hahhaha gw selama hamil dan nyusui indomie ttp ada d list…sambel jg cm d kurangi
    Tenang lip *berasa manggil anak sendiri hahhaha* masuk trimester ke 2 blh congkak kr udh aman mao makan apa aja hahhaa

    Like

  5. Gw juga masih sering nyicip mie nya suami..wkwkw :p Teaser lah buat mereka ya Lip.. semoga pas TM 2 semua memudar ya segala eneg. Eh gw skrg masih suka mual, tpi pas gosok gigi doang. Selebihnya dah engga 😀

    Like

    • Amiinnn.
      Gue malah kalo gosok gigi aman-aman aja loh Py. Emak gue bilang dia dulu juga mualnya pas gosok gigi, gue sekarang mualnya lebih sering pas laper aja hihihi

      Like

  6. gpp lip wajar klo muntah2, U sih masih mending. Gw donk smp isi perut rasanya mau dikeluarin semua pas awal2 trisemester smp maag plus heart burn parah pula, tp entar pas ud lewat trisemester biasanya badan lbh seger and nafsu makan menjadi2 *siap2 todong koko cami makan yg enak2* hahahahaha semangat bumil!
    Sehat2 trs ya baby M 😉

    Like

  7. seneng deh baca ceritanya, hihi
    mual muntah perjuangan bumil muda bgt yak.
    tmnku smp pingsan2 dong pas hamil dan beneran jadi jarang masuk kantor.

    btw, biskuit 3 bungkus?
    gilee..ihihihi

    semangaat ya bumiiil!

    Like

    • Buset serem juga ya kalo ampe pingsan-pingsan gitu 😦
      Kalo temen kantorku dulu ada yang pendarahan terus jadi mesti bedrest ampe berbulan-bulan 😦
      Perjuangan banget deh demi anak 😀
      Makasihhhh neng syeerrr :*

      Like

      • iyaa, makanya knp disebut surga ditelapak kaki ibu.
        krn pas mengandung aja udh perjuangan, kitanya aja yg kadang lupa durhaka sm emak. hehehe
        klo aq liat video or melahirkan aja udh mewek-mewek gt, keinget nyokap *ngaku banyak dosa sm beliau.

        eniwei ada yg bilang klo muntah2 terus coba deh minta didoain sm ibu sndiri sambil minta maaf ke ibu. Jadi katanya biar ibu doain kita smoga kehamilannya lancar.

        Like

  8. Pas baca siang makan rendang terus ngemil biskuit 3 bungkus lalu muntah, gua yang hmmm.. ya wajarlah yaa.. salah sendiri kok rakus?? Wkwkwkkwkwkwkwkw!!!

    G dulu 4 bulan pertama cuma bisa makan pisang. Makanya sophie enerjik banget. Dari 6 minggu kehamilan udah mual muntah sepanjang hari. Tapi bb naik terus sih.. heran uga. Sama muka jg jerawatan paraaah.. manaaa katanya hamil anak cewe kita jadi kinclong glowing kaaan.. tepuuu!! Huuuuuu.. *kembalikan uang kamiiii…*
    Semoga sehat2 selalu ya lip dan debaaay.. jangan makan junk food, liiip.. makannya fine dining ajaa kesempatan minta yg mehong2 alesan debay yg minta. Wkwkwkwkkwkwkw…

    Like

    • Kan makan siang jam 12 trus makan biskuit jam 3 soree hahahaha. Itu juga per bungkus cuma 2 keping kok biskuitnya 😛
      Aku malah makan pisang cuma bisa buat ganjel pas pagi, begitu udah jadi cemilan pas siang ato sore… pasti muntah 😐
      Hahahahaah iya aku juga ga percaya sama mitos kalo anak cewek lebih glowing, anak cowok lebih kusem, ato baby bump lebar berarti cowo, baby bump mancung berarti cewe.. AH MITOS! Hahahaha 😛
      Huahahahaha fine dining kurang mengenyangkan dan kurang seru ah, asyikan makan kepiting saus padang. SLURP~! Hahahahah

      Liked by 1 person

  9. makanya uda mamak bilang jangan congkak kaw nak *edisi mamak2* hahahaha, gue ga pernah sampe muntah Lip tp kl eneg gegara laper iya tapi cuma di awal kehamilan aja.

    idup indomie!!! *ups* hahahahaha, kalo uda mupeng makan aja Lip gpp, drpd ga bisa tidur 😛 gue tetep makan indomie soalnya Lip, hahahaha abis enak!

    sehat2 terus ya Lip, en smoga di trimester kedua nanti jau lbh enak buat makan 🙂

    Like

    • HAHAHAHHHAAHAH. Iya sombong beuuuddd dah ah gue 😛
      Enak ya pingggg. Kadang abis muntah rasanya cape banget 😦
      Hahahah iya enaknya indomie sih menggoyahkan iman bangeetttt LOL.
      Makasih Ping, semogaaaa amin :*

      Like

  10. Kok bisa inget yah makan apa dan muntah apa haahahah kl gw nggak ada bayangan sama sekali soalnya jarang muntah dan nggak inget makanan apa yg keluar haahaha. Paling2 sensi sama bau2 tertentu kaya ikan dan yg amis2, minyak nyong2 tante2 kl kebanyakan bikin blenger….tepatnya nggak inget lg mual apa hahaa

    Cuma dulu jadi demen makan mie korea tuh pas hamil anak2, em8g pd dasarnya suka mie korea tapi jaman clarissa kan blom banyak beredar kaya sekarang hehehe sama mkn kepiting saos padang (emg doyan) pdhl dilarang mkn katanya tar anak nggak bisa diem. Ini dua anak hasil kepiting, 1 kalem dan 1 pecicilan hehehe. Berarti sugesti doang tuh….

    Lancar terus yah sampe lahiran, trus itu kulit kering dipakein apa? Atau didiemin aja…

    Like

    • Jadi kepengen kepiting saos padangggggggggggg hahahahah.
      Temenku pengen makan kepiting terus selama hamil, tapi anaknya kalem2 juga tuh katanya hahahah.
      Amin makasih ya ci 😀 Aku pakein vaseline petroleum jelly 😀

      Like

  11. Lip horor luh bener baca cerita di atas , di trimester pertama calon mendekam di rumah maonya, deuh >.< belum hamil aja ud parno duluan XD~~~

    Semoga di TM 2 si M anteng2 aja yaa semua di makanin sama mami dan M biar sehat trus :*

    Like

    • Hahahaha horor ya, tapi kalo dijalanin sih ga ampe horor kok Nie, cuma berasa cape aja 😛
      Di rumah pun bosen sih, jadi aku satu sisi pengen males-malesan tapi sisi yang lain juga ngerasa bakal bosen kalo cuma di rumah doang hahaha *banyak maunye*
      Aminnn makasih ya ii Ninieeee :*

      Like

    • Makasih yaaaa ^^
      Lebih doyan langsung ngegigit cabe rawit sih hahahah. Ohya masa sih?? Baru denger loh mitos yang satu ini.
      Mudah-mudahan sih ga bener-bener ngaruh ya huahaha

      Like

  12. Perjuangan seorang ibu sudah di mulai bahkan sebelum babynya lahir ya hihihi, semoga awal kehamilan sampai nanti persalinan di beri kelancaran ya, happy pregnant ^^

    Like

  13. wah lucu ya gw baru denger muntahan bisa pilih2 makanan yg dikluarin hahaha…
    gw hamil anak pertama dan kedua ga pernah muntah. paling cuman pas anak pertama, gw neg sama bau daging mentah dan bawang putih. padahal gw biasanya paling demen tuh ngegeprekin bawang putih dan cium2 baunya di tangan gw, eh pas hamil gw mala eneggg, liat daging mentah juga eneggg. alhasil slama gw hamil anak pertama gw gapernah masak, mba gw yg masak wkwkwk
    Tapi pas anak kedua ga knapa2, gw tetep masak n bau2in bawang putih gapapa wkwkkwk..
    Ada yang bilang sih katanya hamilnya kita itu menurun kaya mama kita. Mama gw hamil anak2nya juga ga pake muntah, makanya mungkin gw dan adik2 juga gitu.. katanya lho…

    Like

    • Enak banget teeeppphhhh. Gue sekarang juga ngurangin bawang putih karena berasa baunya kenceng dan nempel banget. Kalo abis makan yang ada bawang putihnya, mesti kumur2 pake semacam listerine gitu 😐
      Kayaknya ga terbukti teph hahaha soalnya emak gue dulu mual muntah, tapi cici gue pas hamil anak pertamanya antengggggg banget, kaleemmmmmm banget ga minta apa2 ga ribet apa2 hahahaha.

      Like

  14. wow, hamil itu susah yaaa,,
    semangat cii,,
    abis itu kan bisa liat baby nyaaaa..
    susah dulu sebentar yaaa baby,, hehe
    Ci masi kerja sekarang ?
    Semoga lancar ampe lahiran yaa
    en uda ga eneq-eneq lagii

    Like

    • Iya Na, sampe2 jadi ngebayangin sendiri orang2 yang hamil tanpa suami ato suaminya ngeselin itu gimana yaaa aduh amit2 😦 Soalnya punya suami supportive membantu loh ^^
      Masih kerja, kayaknya ampe ntar udah punya baby juga masih kerja hehehe.
      Makasih yaaaa aminn mudah mudahan 😀

      Like

    • Hahaha iya Shal, aku baca di forum juga banyak yang pas trimester pertama ngomong ga mual ga muntah, terus seminggu dua minggu kemudian blg lagi di forum kalo ternyata mereka udah mulai mual muntah hahahaha.
      Tapi semoga ya ntar kalo lo hamidun kaga pake mual muntah lah ya, yang asyik2 anteng2 aja 😀

      Like

  15. Gue juga dulu mabok dan muntah-muntah sampe week 16, Live hihihi. Untungnya muka gue gak berkurang (jeleknya) dan gak bertambah (cantiknya). Jadi ya sama-sama aja kalo urusan kulit. Kalau gue eneg, malah dulu gue makan mie korea. Kayak sebulan sekali gitu gue batesin, dan rasanya kayak syurga dunia hahahaha. Oke, abis lewat trimester satu, ayo baby moon. Reward yourself!

    Like

    • Iya tadinya udah kepikiran mau babymoon ke Padma, tapi sekarang ada opsi Hilton Bandung juga, soalnya dari review cici keliatannya Hilton juga oke ya buat leyeh2 asyik 😀
      Beberapa hari lagi menjelang week 16 nih, semoga dengan ajaibnya semua mual muntah dan fatigue memang stop setelah week 16 *doa kenceng, mumpung mau paskah* :)))
      Ah aku hepi cici udah blogwalkingggg hahahah 😀

      Like

      • Dek olip, paw paw bukan krim buat muka… si popo cream ini mirip kaya vaseline (petroleum gel) yg bikin hydrating dan keep the moisture of your skin… lo kegigit serangga… oles si popo… debay lo nanti ada nappy rash… olesin si popo… bibir pecah2 or luka gores….. atau lo ga ada duit di kantong… lo olesin si popo!

        Perihal lo eneg2… apa bisa diobatin pake si popo cream juga???? *olesin diatas roti buat masukin toaster*

        Like

        • Oia kalo lo ga komen, gue hampir lupa buat googling soal paw2 cream ini LOL.
          Gue sekarang juga lagi pake vaseline aja buat muka yang kering.
          Paw2 cream ini multitasking sekali ya sebagai cream, saya kagum! Hahahaha.
          Enegnya gue sih ga bisa pake paw2 cream, bisanya pake obat merah cap dua bapak-bapak berbentuk lembar-lembar rupiah 😛

          Like

  16. Congratsss yah lippp baru bacaa blog lo lageee hahaha telat sangat.. Sehat2 terus yaaa dirimu dan si dedeek..

    Note to self : kaga bole congkak pas hamil.. Wkwkkwkwkw

    Like

    • Hahahah iya banyak yang nebak gitu, tapi itu mitos ah 😀
      Temenku kucel banget dan ga demen dandan juga tapi cewe kok, dua kali hamil dua-duanya gitu dan dua-duanya cewe pula hahaha

      Like

Write your thoughts or questions here! :)

