Suntikan (MEHONG) Rhogam

Berhubung darah gue rhesus negatif, selama hamidun ini gue mesti disuntik Rhogam biar antibodi (yang nantinya bisa menyerang darah rhesus positif si bayi) gak kebentuk.

Biasanya, suntikan rhogam ini diberikan dua kali yaitu pas hamil 27-28 minggu sama 48-72 jam setelah melahirkan. Selain googling, gue juga udah mastiin ini ke Yanti, temen yang lagi hamil dan rhesus negatif juga.

Informasi dokternya Yanti sama dengan informasi yang gue dapet dari hasil googling.

Tapi mengapa oh mengapa, dokter B ternyata menyarankan gue untuk suntik 3 kali. Pas hamil 9 minggu, hamil 27 minggu, dan ntar yang abis ngelahirin itu. Duh. Sutris deh gue. Bukan sutris karena gue takut disuntik. GueΒ donor darah aja berani.Β  Apalagi disuntik jarum kecil doanggggg.

GAMPILLLΒ πŸ˜›

Yang bikin sutris itu adalah karena….

Suntik rhogam itu mahal, kakaaakkkk. Harga suntikan rhogam itu 4 jutaan.

EMPAT JUTAAN. DIKALI TIGA. DUA BELAS JUTAAN.

Pengeluaran ga terduga kayak gini selalu berhasil bikin gue gelisah stres-stres merana gimana gitu.

Tapi.

Di saat-saat seperti itu, muncullah seorang pangeran sipit tidak berkuda dan tidak putih yangΒ ngomong dengan gaya sengaknya,

“YAELAH. DUA BELAS JUTA DOANG. DICICIL SEJUTA SEBULAN JUGA BISA KEBAYAR. KALO RATUSAN JUTA NOH BARU DEH BOLEH STRES.”

Eh ternyata pangeran itu suami sayaaaahhhh. Huahahahaha πŸ˜›

Iya, gue dengan gampangnya lalu merasa lebih kalem dan tenang setelah koko ngomong gitu. Punya pasangan yang bisa menguatkan itu penting ya sodarah-sodarah πŸ™‚

Semoga nantinya kalo koko yang stres, gue ga ikutan stres dan bisa gantian jadi orang yang menguatkan dan menenangkan dia. (Taunya ntar koko stres gara-gara gue sebenernya LOL) πŸ˜†

Yaudah kurang-kurangin deh ngemol πŸ˜›

Alesan dokter B untuk suntik di minggu ke 9 ini adalah karena gue sempet flek di awal hamil. Kalo amit-amit gue keguguran, sementara antibodi udah kebentuk,Β berarti kesempatan gue untuk punya anak jadi kecil banget karena antibodi gue bakal terus menyerang si calon bayi.

Gue ampe gabung ke grup whatsappΒ Rhesus Negatif Indonesia untuk nanya-nanya lebih lanjut soal saran dokter B. Soalnya gue rada raguΒ juga, apa bener mesti suntik 3 kali?Β Temen-temen di grup RNI pada berkomentarΒ bahwa sebaiknya ikut saran dokter karena dokter yang menangani tentunya lebih mengerti kondisi kesehatan kita dan bakal menyarankan terbaik buat kita juga.

Yo wis, akhirnya 6 Februari kemaren di visit dsog keempat, gue suntik rhogam untuk pertama kali. Rhogamnya mesti di pesen dulu minimal seminggu sebelumnya, karena di rumah sakit ga ada ready stock. Permintaan rhogam jarang dan harga pun mehong. Ngapain juga di stok? πŸ˜›

image1

Si Rhogam yang Mehong

image3

Warnanya pink! Kok manis amat sih penampakannya.

image2

Jarumnya lumayan gede

Suntiknya di lengan kiri kayak waktu vaksin. Dengan harga empat juta, gue memiliki ekspektasi pas disuntik itu bakal ada unicorn lagi jalan di atas pelangi, trus di ruangan dokter tiba-tiba penuh cupcakes warna warni pastel, lalu banyak peri-peri cantik nyanyi sambil petik harpa.

Tapi dalam 3 detik, ternyata udah kelar tanpa ada apapun.

Begitu saja.

Gak ada yang istimewa.

ISSSHHH.

Hahahaha πŸ˜›

Susternya nanya suntikan mau disimpen apa dibuang. Sebelum gue jawab, susternya udah nyaut sendiri, “Simpen aja bu, manis gitu warna pink, selain itu lumayan kan buat kenang-kenangan.”

IYAH SUS. Bakal saya simpen, kenang-kenangan empat juta, suussss. πŸ˜†

Trus sampe sekarang, gue belum cek TORCH karena dokter B bilang “Menurut saya sih ga cek juga gak apa-apalah… Mahal loh soalnya.” πŸ˜†

Gue rasa si dokter kesian juga sama keuangan kita πŸ˜›

Tapi next visit di weekend ini, kalau dedek sehat-sehat aja dan berkembang dengan baik, gue rencananya bakal tetep minta untuk cek TORCH. Well, better be safe than sorry πŸ™‚

Ngomong-ngomong… gue kan ada dua aplikasi kehamilan ya di henpong. Satunya bilang kalo hari ini kehamilan gue 12 weeks 7 days. Satunya 13 weeks 0 days.

Besok keduanya bakal sama-sama berubah jadi 13 weeks 1 day.

Benernya gimana ya ngeliatnya? Jadi hari ini gue udah genap 13 minggu? Ato baru genap 13 minggu ntar pas udah 13 weeks 7 days? Tapi kalo 13 weeks 7 days mestinya udah 14 minggu dong ya.

Ah. Mama M males mikir lagi. Mau baca komen ibu-ibu yang lebih berpengalaman aja deh. *DUILEH MINTA DIKOMEN BANGET, BUUKKKK??* πŸ˜†

..and the next thing I know, I’m vomiting all over the toilet. LOL. Okay, sorry that’s TMI πŸ˜›

 

Advertisements

63 thoughts on “Suntikan (MEHONG) Rhogam

  1. TORCH itu perlu ga perlu menurutku.
    Udah 14 minggu kan yah…malah nambahin beban pikiran. Kalo belum hamil iya perlu dong.
    Tapi i can feel you kalo kepikiran, jadi walaupun udah 4 bulanan pas hamil dulu, tetep aja aku buang duit buat test TORCH

    Like

    • 13 minggu ci. Sekarang sih niat test sambil selow gitu, merasa hasilnya pasti baek2 aja. Hahahaha. Tapi ga tau deh kalo ntar udah beneran ambil darah, mungkin ketar ketir juga nungguin hasilnya πŸ˜›

      Like

      • Mbaakk oliippp… coba rhogam nyarii deweekkk… di titi murni.. eikee 2015 kmrn 2,7jt n 2,9jt.. di rs.jmc jg 3jt.. hermina maahh… ampoon daahh… wkwkwkkw… tp up 2 u yooww..

        Like

  2. Wuilehhh~ 4jt? bole reimbuse kantor gk lip? mehong jg, 12jt bisa buat beli iphone baru tuh. Eke vaksin HPV aja udah akid ati πŸ˜€ dan bener pas d suntik ceess, udah gitu doang dok? *trus kaya ada duit2 melayang di udara* LOL !

    Gapapa deh semua demi baby M yaa dek, yg nurut yaa dek di dalem πŸ™‚

    Like

    • Ga tau boleh apa ngga, masalahnya karena hamilnya bisa dibilang sejak awal tahun, jadinya plafon reimburse kesehatan cuma cukup buat konsultasi ampe hamil gede ntar deh kayaknya Nie. Hahahah. Ga cukup deh buat klaim rhogam ini *rogoh kocek sendiri dalem-dalem* *nyari receh*
      Kalo gue pas vaksin HPV, karena emang udah ditabung jadi yaudahlah. Kalo yang ini, karena ga terduga dan ga disiapin budgetnya, jadi nyesek. Huahahhaah.
      Iya mudah-mudahan dedeknya sehat-sehat aja ya deekkk *ngomong sama perut*
      Makasih ya aunty Ninie kesayangan :*

      Like

      • Lumayan Lip kalo yg plafon bisa buat checkup jadinya kan bs nabung buat suntik selanjutnya πŸ™‚

        Komen2 dibawah si kocak2 tp nakutin jg yaa soal biaya debay, tp kita latian kemaren pas wed prep πŸ˜€ *kekepdompetmodeon*

        Iyee klo ak HPV krn emang gk tau tp untungnya ada dananya untuk vaksin *investasi kalo kata para buibu di bawah*

        Kiss2 baby M :*

        Like

  3. Lippp.. Jawaban gw sama dengan kokoh bertampang mafia yg cakep itu.. Berapa lah 12 juta untuk kesehatan si kecil didalam rahim kan. Itung2 tahun ini lu ga ganti hp lah..xixixi.. sama kurangin hedon dikit. Investasi seumur hidup lho ituu.. Pasti dicukupkan kok *gw ngomong ini juga pake iman buat diri sndiri juga soale*..hahaa..

    Like

  4. Olip, Baca kaata “Hamidun” malah “Hanimun” sampe 2x baca eh mata gw belom bener liatnya.. Sampe bawah baca 4 juta sekali suntik, melek lagi matanya πŸ™‚ Tapi nda apa Lip, demi dede bayik ya, sehat terus Olip πŸ™‚ Rejekinya dede bayi M pasti ada aja πŸ™‚ Kalo Tuhan uda kasih pasti sepaket sama berkatnya juga Lip, diimani aja πŸ™‚

    TORCH menrut gw juga perlu nda perlu sih, tapi better cek mnrt gw Lip πŸ™‚ Kalo TORCH total kemarin pas gw cek kurleb kan 1,2an IGG n IGM Lip, kalo memang mau tau sekarang ada or nggak u cek TORCH IGM aja Lip πŸ™‚ Kalo menurut dokter Radius yang abis gw galau sama hasil tes TORCH gw kemarin, IGG itu ga perlu cek koq Lip, itu kan semacam antibodi yang terbentuk karena dulu kita perna kena tuh virus Lip, yang harus diatasi justru kan IGM ya karna saat ini sedang ada virusnya gitu Lip jadi takut efek ke janin :0
    Mungkin lumayan bisa meringankan juga, paling kena 60% doank biayanya Lip πŸ™‚
    Soalnya nanti ada pemeriksaan darah full juga lumayan Lip, kmarin gw total biaya lab utk tes darah full + TORCH kayanya abis 2 jutaan aja shok juga liat tagihan.. hehehe.. Semangat Lip:)

    Like

    • AMINNN. Iya setuju Val, thanks ya :*

      Oh bisa di cek IGM doang gitu ya? Asyik. Gue baru tau. Kalo gitu ntar gue tanyain deh ke RS. Mudah-mudahan cek nya ga terlalu banyak hihihi

      Like

      • Bisa Lip, itu jga nggak paketan lip,jd masing2 ada harganya, utk torch kl u ambi IGM aja ud memangkas budget yg lumayan Lip πŸ™‚ Nanti kl ud diminta cek darah lgkp soalnya lumayan juga Lip klr duitnya lagi.. hehe..

        Like

  5. hihihihi.. torch aja gw bilang udah mahal. eh ada lg yg lebih lagi. *puk2* gpp. buat debay yaaaa.. nanti akan banyak lagi kok yang lebih mahal dari 12 juta. hihihi. *semacam nakutin*.

    semangaaat lip!

    Like

  6. Olip..setuju, walopun dibilang perlu ga perlu, gue tetep periksa Torch… malah dari pas check up pertama kali udah di suruh tes Torch sm dokter….

    wakakak bener tuh kata epoi, malah abis lahiran masih banyak biaya de el el…hihihi
    #kekepindompet #makinjarangngemall…hahaha

    Like

    • Ho’oh, bakal tetep test aja kali ya just in case just in case gitu deh πŸ˜€
      Ini komen-komennya bikin aku kepengen mecut suami dan suruh dia kerja lebih giat yaaahhh huahahahah πŸ˜›

      Like

  7. iya lip gw setuju juga apa kata valingg ” Kalo Tuhan uda kasih pasti sepaket sama berkatnya juga.. ” apalg ada pasangan yg selalu ngedampingi & support..semangat olipp.. πŸ™‚ ciayooo… GBU n ur dede bayi

    Like

  8. hadeh 12jeti ya booo, enyess c ya tapi demi baby M apa c yang engga *ga gombal, hehehehe..

    komennya epoi buat ngikik dah, biaya lahiran Lip mksdnya yang lbh dr 12jeti *ikutan nakutin* hahahaha tapi tenang aja ya Lip, pasti dicukupkan sama Tuhan πŸ˜‰

    Like

  9. Bumil jgn sering2 stress, hehehe.. Padahal kalau saya disuruh bayar 12 jt buat suntik2kan jg stress : D . Yaa ambil positifnya aja.. Demi babynya yang didalam perut. Tapi bener lho.. Dukungan suami itu penting bgt buat ibu hamil, sebagai penenang, penyemangat, pendukung dan tukang pijet. Hahaha.. Semoga lancar dan sehat terus ya buat kehamilannya.. πŸ™‚

    Like

  10. Tes Torch aja mendingan. Kalo hasilnya negatif semua kan hamilnya bisa dibawa lebih happy. Kalo amit2 ada yg positif kan bisa cepet2 dikasih obat biar baby gak kenapa2. Emang mahal sih.. tapi namanya anak sih ya.. nti udah lahir pengeluarannya lebih kaya keran aer, lip..! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

    • Iya ci, mudah-mudahan emang hasilnya bikin happy πŸ˜€
      Kyaaaaa tidaaakkkkk~~ hahahahah. Yah mudah-mudahan ada yang ngisin aernya ya ci, jangan sampe kering kerontanggg~ πŸ˜›

      Like

  11. mehong bener ya suntikan itu, untung ada suami yang selalu support ya, jadi bisa mengurangi stress istrinya yg lagi hamil, semoga sehat2 terus ya mbak sampe lahiran nanti πŸ™‚

    Like

  12. Lucu bgt itu suntikannya, apa sengaja pinky2 gt biar rela kluar duit segitu hehehehehe :-p

    gpp Lip, demi kesehatan anak apapun itu jalanin aja.
    sehat2 trs ya baby M, jd anak yg kuat ya km ud dpt bala bantuan dari si Rhogam πŸ˜€

    hehehe bener kata ibu2 di atas, anak lahir. siap2 duit cm numpang lewat wkwkwkwkwk.

    Like

  13. Lip, puk puk dulu yahh.. Gapapa kalo diliat sejuta sebulan kayaknya jadi oke ya ga terlalu berat, pinter si suami. Hehehe.. Kan demi baby, dan demi baby selanjutnya alias dedenya. Hahaa.. Btw lip gw penasaran de, lo rhesus negatif brarti bokap sama nyokap lo 2-2nya pas ketemu rhesus negatif gt? Ini gw bukannya info malah nanya. Hahaha..

    Bantu jawab, mksdnya 13 w itu kayaknya bener2 mulai 13 w 1 day deh, jadi kalo dah 13w 7 days itu mah dah 14 w lebih deketnya.. Hehe..

    Like

    • Iya untungnya kalo udah dipikir dari sudut pandang begitu, jadinya ya lumayan juga bisa diusahain lah dengan hemat di hal lain πŸ˜€
      Nyokap sama cici adek gue sih rhesus positif Fan. Nah kalo bokap kita ga tau, bokap gue juga kan udah ga ada ya, jadi sampe sekarang masih misteri LOL. Cuma kalo kata nyokap sih bokap gue supposedly rhesus positif juga.
      Kata dokter bisa aja dari turunan eyang engkong oma opa buyut gitu. Aku pun agak kurang paham 😐

      Hooo iya bener begitu berarti ya, hihihi. Berarti kalo 13 weeks 7 days mestinya udah genap 14 minggu ya umur kehamilan πŸ˜€

      Like

  14. Hai Olive, baru mampir nih sorry baru sempet πŸ™‚
    Selamat yah buat kehamilannya semoga lancar yah sampai lahiran nanti. Btw jarang loh denger kenalan punya rhesus negatif biasa kan rata2 orh Asia Rh + yah. Langka nih berarti hehehe….

    Biaya kesehatan emang mahal bgt *glek* keselek. Kemarin itu baru cek darah 1.3 kata dokternya kl mau yg akurat khusus ttg itu ceknya seharga 4jt an. Langsung nggak jadi deh hihihi soalnya yg 1.3 juga udah bisa dibilang 90% akurat.

    Like

    • Amin makasih ya ci:D
      Iya nih ternyata aku langka, bentar lagi minta dimasukin ke museum πŸ˜›
      Ebuset cuma beda 10% tingkat akurasi tapi beda harga bisa ampe 3 juta gitu ya *ikutan keselek* Kalo kerja di kantor yang plafon kesehatannya unlimited sih enak ya ci, tinggal lempar aja minta direimburse 😦

      Anyway, kok aku kemaren merasa udah dapet izin buat baca blog mamipapa tapi sekarang mau buka tetep ga bisa ya? *mandikembang*

      Like

  15. Hallo salam kenal..gw baru tau nih kalo rhesus negatif harus disuntik rhogam..another knowledge added..Iya kalo demi anak mau berapa juga dibela2in yaa asal anak sehat…
    Sehat dan lancar terus yaa hamil nya..mommy and baby sehat2 terus…ga sabar liat baby2 blogger lahir nih..makin rame deh..

    Like

    • Hellooo salam kenal juga ^^
      Iya disuntik rhogam biar antibodi ga kebentuk. Kecuali suami yang rhesus negatif juga, jadinya ga perlu suntik rhogam πŸ˜€
      Makasih yaaaa. Iya nih kalo kopdar di mall juga mungkin ke nursery room rame-rame hahahah

      Like

  16. Mbaakkk…, di titi murni ajaa.. apotik yg depan pmi noohh… 2,7 n 2,9 jt gw pas 2014 n 2015 bln feb.. or di rs.jmc 3jt.. gw O Negatif.. banyaakk sodara jg rhesus negatif.. keturunan arab.. banyaak d.. heheheh…

    Like

    • Waaahh bedanya lumayan banget yaaaaa. Ntar aku coba cek-cek cari tau lagi deh kalo gitu. Makasih banget Mba Mia informasinya ^^
      Aku percaya aja 4 juta soalnya sempet ngubek2 harga rhogam di forum, ada yang harganya udah 4 juta dari tahun 2013 malahan. Makanya percaya aja deh pas dibilang 4 juta 😦

      Like

    • Mba mia salam kenal, minta infonya donk titi murni itu dimana yach? saya dijakarta, juga rhesus negatif dan disuruh beli rhogam. tapi dokternya ga bisa bantu cariin jadi saya disuruh cari sendiri….hiks hiks hiks…. help info nya

      Like

    • Dengan mata sipit begini gue ragu sih ada keturunan bule… hahahahaha Tapi dokter gue juga ngeledekin bilang gue pasti ada turunan bule, mungkin someone dari ancestor gue katanya. Yea right… hahahahaha.

      Iya, sekarang rasanya udah lebih strong dan ga terlalu ngekhawatirin soal harganya rhogam *sok kayah* Biar dedeknya juga hepi2 aja deh kalo mamanya hepi2 dan selowwww hahaha

      Like

  17. hi, aku baru baca nih blognya, mau tanya dong, semua artikel yg aku baca rata-rata sang ibu yang rhesusnya negatif dan suami positif. nah, kalau saya malah kebalikan, saya yg positif, suami negatif. kalau casenya begini misal janin rhesus negatif di ibu yg positif, lalu apakah sama bahayanya? perlu rhogam juga? thank you ya πŸ™‚

    Like

  18. Kak mo nanya.. Dapet rhogam dimana ya? Saya domisili malang jatim stok se malang raya kosong.. Bisa tau itu di rs mana aja yg ada ya.. Saya abis kuret, dan mo vaksin sblm program.. Kok susah amat vaksinnya.. Makasih kak..

    Like

  19. 4jt T~T sekali suntik saya sdh masuk 5blan kehamilan, 2x 8jt *nangis* saya hampir jerit gara2 harga nya. Sungguh beruntung 2 kakak cewek ku *sigh*. Minggu depan di rujuk ke dokter yg nangani masalah ini, masih belum tahu perlu di imunisasi atau ga nya.
    Terima kasih banyak atas info nya πŸ™‚

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s