Temenan sama Mantan

Wasek. Bahasannya sensitif beud.

LOL 😛

Temenan sama mantan itu sebaiknya iya apa ngga?

Gue kepikiran sama hal ini karena salah satu temen gue ada yang baru mutusin hubungan per-pacar-an tapi tetep temenan sama (mantan) pacarnya. Putusnya emang masih fresh from the oven, jadi kalo ibarat roti masih panas dan harum. *lalu yang nulis post jadi laper*

Mantannya ini masih sayang banget sama temen gue. Jadi dengan mereka masih berhubungan baik, mantan pacar dia jadi merasa punya harapan untuk balikan.

Gue dan temen satu lagi sih merasa bahwa temen gue ini sebaiknya membuat garis batas yang tegas antara dia dan mantannya. Biar mantan dia sadar bahwa memang sudah gak ada harapan lagi untuk balikan, supaya mantan dia bisa lebih cepat untuk move on. Salah satu contoh membuat garis batasan yang tegas adalah dengan tidak menjadi teman dulu.

Bukannya jahat ato eh kok gitu sih masa memutuskan tali silahturami, cuma kalo emang salah satu pihak masih punya rasa sayang ato cinta terhadap pihak yang satu lagi, how can we be friends and act like nothing happened at all?

How can we pretend that we’re cool being just friends, how can we stop loving him or her when we’re still constantly in touch?

How can I hold my feelings in, if whenever I hear your voice, especially your laughter, they remind me of every single memory we used to had?

How can I pretend that you are not mine, if when I see your smile or your pouting face when I tease you, all I want to do is to hug you?

How can I?

Oke maap Olip nya jadi mellow. lol.

😀

Anyway, gue sendiri pernah berada di posisi temen gue itu. Gue udah putusin, tapi mantan gue masih sayang dan ngarep. Dan begonya, karena gue kasian, akhirnya jadi HTS-an sama si mantan. Bukan pacaran, tapi kok ya kayak masih pacaran. Masih suka jalan berduaan, masih suka dianterin pulang, masih sering sms-an. Gue sebenernya udah mulai ilfil sama mantan, sementara mantan masih cinta buangedhs sama gue. Jadinya? Jadinya gue jahat lah, seakan memberi harapan palsu bahwa gue masih ‘miliknya’ si mantan.

Dan ‘putus’ HTS pun akhirnya ga baik-baik karena dia sakit hati pas tau ternyata gue deket sama koko (aslinya deket sama banyak cowok saat itu LOL). Sampai sekarang sepertinya mantan berkeyakinan gue itu selingkuh, sementara gue merasa bahwa sah-sah aja gue deket sama laki-laki lain toh gue bukan pacar dia. Meski gue ngerasa bersalah, momen gue ‘ketahuan’ itu jadi gong dimana gue merasa lega dan memutuskan bahwa gue memang udah ga bisa lagi mempertahankan hubungan tanpa status.

Emang udah saatnya dia tau bahwa dia ngga ada dalam rencana masa depan gue.

So, let me go please?

And he did.

Beberapa bulan setelah itu, gue mantap untuk pacaran sama koko, dan udah ga terlalu contact-contact lagi sama mantan. Palingan hanya saling memberi ucapan selamat ulang tahun di Facebook. Saat gue nikah, gue ga undang dia karena gue dan koko memutuskan untuk tidak mengundang semua mantan pacar. Dia mengucapkan selamat melalui komen di facebook, dan buat gue, itu cukup membuat lega because I assume he’s happy for me and koko 😀

Sampai sekarang, kalau ngebayangin seandainya suatu hari ketemu secara langsung entah di mana, gue ga tau apakah gue bisa say hi secara biasa-biasa saja. Gue sih mau, tapi di satu sisi gue ragu apakah itu tindakan yang benar untuk dilakukan. Pretending like we’re okay, like nothing ever happened between us, like we’re old friends who rarely meet, boleh ga bilang halo dan basa basi nanya kabar seperti itu? Or should we just said hi in awkwardness lalu berlalu begitu saja?

Lucunya, waktu mantan tau gue deket sama koko, salah satu hal yang bikin dia sakit hati (kata dia) adalah karena dia ga rela gue sama koko. Dia merasa koko itu bukan laki-laki yang baik. Dia akan lebih rela dan ngga apa-apa kalau gue sama si Bruno (bukan nama asli, red) 😛

Bruno adalah salah satu cowok yang deket sama gue juga. Yeah, ibarat kembang, di tahun 2010 itu gue emang lagi mekar-mekarnya. Selain Bruno dan koko, ada 3 cowok lain yang deketin gue juga 😛

Sebelum deket sama koko, gue udah terlebih dulu deket sama Bruno. Dan honestly gue tertarik sama Bruno karena dia angkuh-angkuh gemesin gimana gitu.

Yang bikin gue ilfil sama Bruno adalah saat gue iseng nanya “Tipe cewek yang lo suka kayak apa Bru?”

Di saat begini, biasanya kita akan expect jawaban semacam:
Yang cantik.
Yang suka anak kecil.
Yang bisa masak.
Yang sayang keluarga.
Yang punya IPK 4.
Yang punya Bapak bernama Aburizal Bakrie.

Ya jawaban-jawanban begitulah ya.

Tapi jawaban Bruno bikin gue speechless.

“Buat gue, yang penting tuh cewek punya buah-buah roh.”

Buah-buah roh.

(klik di sini untuk tau apa itu buah-buah roh)

AJEGILE BERATNYA.

Apakah salah seorang laki-laki minta perempuan yang mempunyai buah-buah roh untuk dijadikan tipe istri idamannya? Jelas gak salah.

Yang salah adalah kalo dia ngomong ke perempuan macam gue. Huahahahahaha.

Gue ilfil karena gue ga demen sama cowok yang terlampau relijius. Lagipula, meskipun memiliki ekspektasi seperti itu, dia sendiri belum menjadi laki-laki yang memiliki paket tersebut. Jadi menurut gue such answer should be kept to himself, biarlah dia nilai sendiri di dalam hati apakah cewek yang deket sama dia udah memiliki buah-buah roh apa belum. Bukan untuk diinformasikan ke cewek yang lebih deket sama dia. Bukannya bikin kagum, malah bikin keder. Hahahahaha.

Mantan gue setuju kalau gue sama Bruno karena dia relijius tersebut. Karena dia terlihat seperti hamba Tuhan yang bakal bisa membimbing gue ke arah yang lebih baik dan benar. Terutama karena dia nasrani, sementara koko bukan. Udah gitu masa lalu koko penuh dengan aktivitas dugem dan temen-temen koko pun (menurut mantan gue) keliatannya gak bener.

Tapi ya gimana dong, kalo terlalu deket sama Bruno tar gue kebakar. *lah emangnya lo setan liipppp* 😛

Bruno dan gue kemudian masih berteman baik. Saat gue deket sama koko, dia jadi suka nanya-nanyain kenapa kok gue ga pacaran sama koko, kemudian sengaja memuji-muji koko untuk memancing reaksi gue. Dia juga mengakui kalau dia suka sama gue.

Setelah gue pacaran sama koko, dia tiba-tiba memutuskan untuk tidak berteman lagi. Semua komen gue di fesbuk ga dibales, padahal dia tetep aktif fesbukan. Pokoknya gue di ignore begitu saja. Dulu gue tersinggung bukan main, merasa dia kok jadi nyebelin dan ngeselin.

Tapi sekarang, gue udah sadar mungkin itu cara dia untuk melindungi diri sendiri. Supaya dia ga inget sama sakit hatinya dia ke gue, supaya dia ga inget kalau dia pernah suka sama gue.

Dan gue jadi sadar…

Terkadang, setelah memutuskan sebuah hubungan yang melibatkan perasaan suka, sayang ataupun cinta,

Agar tidak saling melukai lebih dalam,

…maybe we should just become strangers again.

strangers

By the way,

Mengenai Bruno yang kepengen punya pacar yang memiliki buah-buah roh itu gue ceritakan kepada koko.

Dan jawaban koko adalah,

“YAELAH. Pengen yang punya buah-buah roh segala. Bilangin, punya buah dada aja udah syukur.”

Huahahahahahahahhahahahahah 😆

And yeah, I chose that kind of guy to be my life-partner instead 😀

 

P.S.: Kesimpulannya menurut gue temenan sama mantan itu okeh-okeh saja, tapi kalau sama mantan yang masih ngarep dan sayang sama kita mungkin lebih baik jangan dulu kali yaaaaa, dibikin batasan dulu aja biar ga complicated dan biar mantan lebih cepet move on 🙂

Yaaahhh itu menurut gue sik. Auk dah kalo kata mas Anang dan mas Dhani 😛

45 thoughts on “Temenan sama Mantan

  1. Muahahaha endingnya teteeup yaa lip ngakak 😄

    Adeh adeh gk kebayang kl Olip ama Bruno bs kebakar beneran tiap hr d ceramahin ntr :b

    hihi

    Wiw masa lalu koko macam mafia2 HK juga toh?

    Bener bnget nih, klo ud jadi mantan let it go aja, gausa akrab2 bgt =__=a tp mantannya akuh temennya Brown dan bakal jadi bestman dia, skrg sih uda biasa2 aja dan akuh gk berusaha untuk baik2 or temenan sama dia. Hshh~

    Like

    • Huahahah iya Ni, postingan fesbuknya juga suka bijak gitu. Aku ga kuat dapet yang gitu, bawannya pengen nyela ntar. Huahahahah *iblis beud*

      Iya, dia termasuk jenis kokoh-kokoh yang udah puas-puasin ngedugem LOL. Dapetnya bini yang gak pernah dugem dan ga demen cium bau rokok pula, jadi ya gitu lah, tobat dia sekarang 😛

      Ebuset, awkward banget ya Nie jadi bestman lo ntar hahahahahah.

      Like

      • Ebuset banget kan Lip, haiyah brown hatinya emang dewa kali yaa, selow aja dia mantan jd bestman =__= sok atuh serah dia aja deh lagian udah gk ada apa2 ini.

        Iaa tuh bau rokok sih nyebelin bgt 😦 amin amin biar mukanya aja yaa koh yg mafia tapi hatinya hellokitty 😀

        Liked by 2 people

  2. Huahahaha quote paling bawah :))))
    Aku termasuk yang masih temenan sama beberapa mantan Ci *buka aib *mantannya banyak *sok iye hihihi tapi ada satu mantan yang gak temenan, entah kenapa, padahal aku masih temenan sama adeknya dan menurutku putusnya baik-baik aja, trus juga beberapa kali sempet ga sengaja ketemu di emol, aku sama pacarku, dia sama pacarnya tapi dia melengos aja gitu, yaudah deh bodo amat. 😛

    Like

    • Aku juga masih temenan sama beberapa mantan, malah ceweknya salah satu mantan aku penasaran sama aku jadi suka ngajak chat. Trus kita jadi temenan. Mereka udah hampir mau nikah eh trus mantan aku selingkuh 😐 Dan cewek ini malah curhat sama aku. LOL.

      Kadang emang ada mantan yang begitu, aneh ya. Tapi yasudahlah toh sudah jadi masa lalu, ga perlu dilirik lagi juga *patahin kaca spion* :)))

      Liked by 1 person

  3. (((( BUAH BUAH ROH )))) I – JUST – CAN’T!!
    Kemudian gw ngerasa perlu menengking diri sendiri karena ngakak baca statement Bruno.
    Asli gw dosa banget deh.

    Yastaga,
    sebenernya bagus banget jawaban dia.
    Tapi kalau ada yang ngomong gitu sama gw, mundur teratur it is. *hvtfh*

    Anyway, gw termasuk yang bersahabat sama mantan. waktu nikahan, para mantan termasuk ke dalam 200 undangan. Karena kebanyakan mantan udah pernah deket sama keluarga, jadi pas putus ya jadinya temen deket 🙂

    Like

    • I KNOW RIGHTTTTT. *ngakak bareng*

      Pacar gue yang deket sama keluarga cuma koko doang huahahah. Soalnya yang lain udah putus duluan sebelum didekatkan dengan keluarga lol. Tapi gue juga temenan sama beberapa mantan yang lain sih, cuma emang after some years gitu jadi ga instan 😀

      Like

    • Hai heywabbit, salam kenal 🙂
      Alo Lip, numpang komen komennya orang ya, *kepo*

      Wow, hebat bener ya sampe masuk ke list undangan loh itu mantan.. hihihi, jarang yang begini loh **

      Ngomongin “buah2 roh” mundur perlahan langkah demi langkah, ilfeel sekejap emank kalo ktmu model begini 🙂

      Like

  4. kok jadi lebih fokus sama si Bruno yaa ci daripada mantan yg gak disebut namanya itu ..
    kirain mah bakal ceritain panjang lebar ampe abis tentang si mantan tanpa nama itu ..ahhahahaha
    si Koko bener2 yaaakkkk,
    yakaliiiii koooo, Buah Roh kok disamain ama Buah dada ..wkwkwkwkkwkwkwk

    Like

    • Iya soalnya emang Bruno yang tiba-tiba ignore aku dan kayak memutuskan tali silahturami. Sama mantan malah ngga Der. Hahahaha.

      Tapi ya itu, aku jadi sadar mungkin biar dia sendiri bisa move on kali ya.

      Koko emang sering gituuuuuuu, lagi nemenin aku misa aja kalau liat Tuhan Yesus di salib suka nanya konyol “Kenapa pentil dan bulu ketek Tuhan Yesus ga sekalian digambarkan di patungnya?”
      Huahahahahahahhaha. Tapi karena dia suka begitu itulah aku jadi cinta. LOL.

      Like

  5. Mantan pacar gue yg resmi termasuk suami ada 5. Yg putusnya sangat ga enak itu yg no. 4. Yang no. 1 pas putus dianya awalnya ngarep balik smp nangis bombay, tp guenya kaga mau jd dia menjauh n malah menghindar. Sementara sama yg no. 2 dan no. 3 kita tetep jadi teman baik. Yg no. 2 dtg ke kawinan gue smp kelar after party. Yg no. 3 krn ada di amrik jd kirim parentsnya utk dtg ke kawinan gue n kita deket smp skrg. Smp masing2 dah pd kawin n pny anak. Jadi deket sm mantan mah sah2 aja lah. Yg putusnya baik2 biasanya bisa jd sahabat.

    Like

    • Benar, aku juga punya mantan yang masih temenan sama aku. Tapi ga sampe sahabat sih, ci. Somehow kok kalo aku merasanya beda aja gitu hahahah. Tetep rasanya ga bisa balik hahahihi seasyik dulu, tetep ada batasan gitu rasanya.

      Like

  6. Walah tema post nya lucu bener Lip 🙂
    Bikin gw senyum2 mesem sendiri inget masa lalu..
    Dulu jaman masih ABG pena nih gw begitu sama mantan gw.. Tapi karna gw jadian cuma karna iseng waktu itu, gegara temen gw pada pacaran trs nie cowo naksir gw dan nembak eh iya aja iseng2 donk gw terima.. Seiring waktu berjalan, gw yang ga ada rasa walau cuma setetes, dy yang mencurahkan semua kasih sayang ke gw, gw yang jadi matre gegara dy terlampau memanjakan gw, gw yang egois luar biasa gegara gw tau dy jg ga bakalan beraninya marah sama gw karna takut gw bilang Putus, dan akhirnya 7 bulan berlalu gw uda ga tega nyakitin dy.. hahahha.. Setelah gw bilang mau putus, dy kekeuh mau ttp keep in touch sama gw, dan gw uda gamau karna mnurut gw itu bakal + nyakitin dy.. Secara ketika jadian aja gw ga mau dket2 jalan sama dy, kalo gw ada maunya baru gw samperin and its no touching each other although thats only hand in hand. KArna gw sadar kalo kita ttp keep in touch gw jadi bener2 kaya devil yang bener2 menghindar dr dy tapi dy terus ngejar pantang menyerah, sampe 1 hari mungkin akrna dy kesel, dy jelek2in gw ke temen2 gw dan ada best friend gw yang ngadu ke gw n jadilah perang sama gw.. Eh setelah kt perang dan gw bener2 uda nganggep dy musuh gw, eh dy say sorry buat ttp keep in touch sam gw dan gw gamau sampe bener2 block smua kontak dg dia.. Eh tahun berlalu, kita ketemu lagi donk, dy msg FB gw buat approve dy as friend, trs karna uda lama dan gw waktu itu uda jalan sama FG gw bales seadanya aja.. Tapi perna sekali ketemu di t4 makan tetep sukses cuek2an layaknya ga kenal dan cuma berani msg via FB.. wkwkwka.. Lucu juga inget ginian :)))

    Like

  7. Wkwkwkwk.. kocak!! Buah dada lbh enak laaaa. hehehe
    tp g jg termsk yg masih berteman ma beberapa mantan pacar -bahkan sampe ud pd merit- tetep hengot bareng sampe skrg. ada yg kokonya tmn main, ada yg tmn satu genk dr smp. malah dl bisa curhat2an saat galau dgn pacar2 lain dan keluarga. sampe skrg nongkrong bareng jg n bahkan tinggal berdekatan saat abz merit. seru2 aja..hehehe.

    Like

    • Kalo gue cenderung kuatir salah satu pihak jadi baper Shal, yang bukan mantan aja bisa baper apalagi yang dulunya pernah ada pendar-pendar cinta ye kan. *najis emang bahasa gue, abaikan LOL*
      Jadi gue temenan sih temenan, tapi kalo untuk bisa akrab banget sampe kayak sohiban gitu susah hahahah 😛

      Like

      • Pendar2 cinta, ngakak adoh adohh 😄

        @shally : ahh mentang2 ud married nih jadi tau enakan buah dada yaa shal 😀

        Nah setuju ama Olip, tmenan sih tmenan tp demi menjaga hati pasangan masing2 yaa cari temen lain aja biar aman

        Liked by 1 person

  8. Aduh sampe ke send pdhl belom kelar komen wkwkwkwkwkwkwk… gue sih sama mantan2 gua krn udah ga ada feeling malah lebih bisa temenan. Tapi emang beberapa jadi awkward siiih.. tapi yg penting gak benci2an ya ga sik?

    Like

  9. aduuuuh jleb di akunya ce, wakakak. bukan mantan sih, tapi ada yang ngedeketin juga. tapi, ngga enak kalau aku cuek bebek, jadi aku tanggepin. tapi masih dalam batas kewajaran la yaa ~ :3

    Like

    • Iya aku juga masih temenan sama beberapa orang mantan cuma ga sampe yang jadi akrab banget. Tetep berasa ada jaraknya gitu. Bawaannya kuatir aja ada yang bakal baper-baper gimana gitu lol.

      Like

  10. Temenan sama mantan ini aduh banget ya ce. Akunya sih selow aja, eh temen-temen yang engga selow.
    Btw mantan aku yang paling fresh from the oven ceritanya ngundang nikah, Pake mau nganterin undangan langsung, laaahhh doi pengen banget ngeliat ekspresi aku kali ya? LOL. Padahal mah aku dikabarin via wa aja yang ada malah ngakak engga udah-udah. Gak ada sedih-sedihnya.
    Dan kalo ditanya aku bakalan ngundang dia ketika aku nikah atau engga, ya tentu saja jawabannya tidak. akakakaka….

    Like

  11. Buat temenan sm mantan, gw si prefer ngga. Tapi untuk sekedar kasi greetings bday atau new year okelah.

    Jawaban “buah buah roh” mungkin dia berpikir ce akan tersentuh hatinya kl dia ngmg kya gitu. Pdhl ngga sm sekali, perlu belajar cr pdkt yg baik dan benar deh tuh co.

    Aha Lip, demennya badboy uhuuii suit suit. Makin galak makin cintah yaah, makanya haha

    Liked by 2 people

    • Setujuuuu 😀 Tapi gue ada sih mantan yang masih bisa ngobrol-ngobrol basa-basi gitu 😀

      Mungkin kali ya Dri, tapi orangnya emang oh-so-relijius gitu sih imejnya 😛 Masalahnya kalau udah bangun imej sebagus itu, begitu ada cela dikit aja langsung bikin ilfil banget ahahaha

      Hmmm ga juga sih Dri, gue sama koko itu sebenernya kemakan pamali LOL

      Like

  12. Huahahaha.. Jawaban dari koko mu yg terakhir tuh bikin ngakak deh.. Lol.
    Temenan sama mantan? Hmmm.. Iya sih haha. Tapi ya kalo ketemu ya gt aja sekarang. Apalagi skrg udh jauh gini. Jadi yah makin biasa aja deh. *komen yg ga jelas bgt ini* haha

    Like

  13. Kalo putusnya gak baik2 sih males bgt temenan Ci, kya ada unfinished business gt pasti diungkit2 lg hahahah mendingan menjauh. Tp kalo putusnya baik2, bisa bgt buat temenan.. Yg penting netralin perasaan dl.
    Hahah gua jg ga demen2 bgt sm org yg relijius ntar bawaannya fanatik ;p

    Like

  14. Lip, buah2 roh?! adeh berat ya booo kriterianya, gue pun bisa “kebakar” kayak lo, hahahaha..

    eniwei, gue jadi inget mantan gue seblm Jo. qta putus bisa dibilang ga baik2 c karena dia kekeh maksa balikan en pake ancem2 sgala. gue cuekin en dia malah sebar cerita ga bner ke lingkungan temen sekitar (bilang gue selingkuh, dll) en itu malesin bgt krn banyak org kepo yang ga tau tapi pengen tau (-_________-) hubungan sama mantan ini jelas ga akur sampe skrg, wkwkwkwk en gue ga nyesel mutusin dia saat itu 😀

    sisanya gue masih temenan sama mantan Lip, hehehehe en para mantan gue rata2 uda berkeluarga juga. temenan dalam arti di medsos kayak saling komen or hina dina2an, LOL

    Like

    • Gue malah udah ga ada mantan yang bisa saling komen-komenan gitu lagi 😛
      Ngeselin ya mantan yang begitu, padahal ngejelekin mantan itu sebenernya malah kayak ngejelekin diri kita sendiri juga -_-

      Like

  15. hahahaha.. si ko2 kocak bgt yaa lip.. tapi emang bener sih terkadang yg terlalu “holly” bikin kitanya jiper yaa.. padahal mungkin bagus k dpn’ny bikin kita jd lbh “holly” lg.. wkwkwk..
    klo temenan ama mantan sih so far msh ok,, tp semenjak di’iket’ lebih jaga jarak aja sih.. lebih menjaga perasaan org terdekat masing2.. wkwkwkwk.. tp klo say hello or greetings masih bole kali yaa.. ;p

    Like

    • Iya, satu sisi mikirnya mungkin dia bisa bikin kita jadi deket sama Tuhan, tapi kalo yang terlalu begitu-begitu amat (sampai ngomongnya ga pernah nonton bokep sama sekali) rasanya kok…. ilfilin ya? Huahahah
      Boleh bolehhhh 😀

      Like

  16. Hahahha. *ngakak dulu* kocak lipp.. Kata2 elo terakhit itu..
    Wuih Brunooo.. Berat bokk.. Kalo gt dr awal dia ga bakal deketin yang ngga seiman kali ya sama dia. Elo seiman si tapi tidak sependapat aja ya. Hahaha.. Aku setuju olip sama koko *emang udah merid* *apasih* hahaha.. Kocak lip si koko. Yang penting tingkah laku ke org2 terdekat si emang. Religius bukan jaminan.
    Lip gw ada add path elo de kayaknya dr kapan taon. Belom di approve. Haha..

    Like

    • Sebenernya gue ga seiman juga loh Fan, dia protestan dan gue katolik.
      Kalo gue ampe pacaran sama dia, mungkin ujung-ujungnya putus juga karena dia ga bakal mau nikah secara katolik sih keliatannya 😛 Dan gue juga ga mau masuk kristen demi kawin huahahhaha

      Ngomong-ngomong soal Path, gue kok ga dapet notif ya kalau ada yang add gue -_-

      Like

Write your thoughts or questions here! :)

