DIY – stuffs for my wedding

Dikarenakan kekreatifan gue keterbatasan biaya, ada beberapa hal untuk pernikahan yang gue bikin atau hias sendiri. Hal-hal yang bikin Irene, bridesmaid dan sahabat gue, mengernyitkan dahi dan merasa gue kurang kerjaan banget 😛

Sebenernya ini hal-hal simpel, tapi kalau pengantin lain, mungkin akan menyerahkan hal ini kepada WO. Tapi karena WO gue hanyalah WO yang in charge ketika hari H untuk membantu kelancaran jalan acara, jadi printilan-printilan untuk kewongan ya antara harus beli, minta dibikinin/dihias orang lain, …ato lakuin sendiri. Kembali lagi ke alasan kalimat pertama pada postingan ini, gue pilih opsi terakhir.

Ini hal-hal simpel yang gue putuskan untuk lakuin sendiri aja:

1. Hadiah bouquet tossing

Satu-satunya game di nikahan gue hanyalah bouquet tossing. Hadiahnya voucher MAP. Vouchernya gue masukin dalam kotak yang kemudian dibungkus kertas kado. Tujuannya? Biar terkesan seakan-akan gue ngasih barang, bukan voucher. LOL. *gak penting woy* 😆

S__4759558

Kotaknya pake kotak bekas biskuit yang masih cakep dan manis banget warnanya. Di dalemnya ada pesan sponsor 😛

2. Seserahan dari orang tua saat pemberkatan

Di pernikahan Katolik, orang tua memberikan beberapa hal untuk pasangan pengantin. Yang gue tau wajib ada sih: Alkitab khusus (warna covernya krem dan ada lambang cincin), sepasang lilin, rosario dan salib. Gue sendiri nambahin buku puji syukur karena punya gue ilang. Nah biasanya di toko-toko rohani, seserahan ini dijual satu set. Jadi udah ada kotaknya dan udah dihias. Tapi harganya mihil menurut gue. Ada yang sampe 500 ribu loh. Padahal salibnya ga cakep, lilinnya juga kurus kecil ga menarik.

Akhirnya gue beli sendiri aja secara terpisah, terutama karena gue masih punya rosario baru yang dikasih tante gue dari Roma. Sayang kan ya beli baru lagiiii. Padahal yang Katolik cuma gue, koko bukan 😛

Jadi gue pake kotak bekas silverware yang masih cakep trus gue tempelin pita merah shuang xi supaya merk’nya ketutup, lilinnya gue iket pake pita pink yang masih ada di rumah. Total biaya: Gak nyampe 300 ribu untuk beli alkitab, lilin, stiker quote dari alkitab untuk di tempel di lilin (glow in the dark loh stikernya! 😛 hehehe), salib dan puji syukur.

S__4759559

3. Name tag di gaun

Bikin sendiri pake kertas concord, tinggal di print. Talinya beli di Gramedia.
S__4759557

4. Undangan via messenger

Mama mertua mau ngundang muda-mudi di vihara tapi karena undangan kita terbatas, jadi ga bisa ngasih undangan yang hardcover. Gue janji gue bakal bikinin ‘undangan’ yang cukup decent dan oke untuk dikirim ke temen-temennya melalui aplikasi messenger. Dengan aplikasi photo editor (gue lupa pake aplikasi apa) jadilah undangan simpel untuk dikirim via Whatsapp dan BBM.

S__4759563

5. Papan untuk flower girl saat pemberkatan dan resepsi

Gue ga mau flower girl gue menebar-nebar kelopak bunga. Karena menurut gue itu akan ngotorin kapel dan gue sungkan merepotkan pengurus gereja untuk ngebersihin ‘sampah’ yang gue tinggalin setelah acara.

Tapi kalau flower girl gue cuma bawa bunga doang, rasanya juga kurang greget ya. Alhasil gue bikin papan untuk dipegang oleh Nadine a.k.a Xiao Xian saat walking down the aisle mendahului gue dan koko.

S__4759555

S__4759556

Kemudian saat resepsi, papannya beda karena gue cuma jalan sendirian nyamperin koko. (Postingan tentang resepsi harap ditunggu dengan sabar yaaa hehehe)

S__4759561

S__4759560

Bahannya dari papan yang gue beli di Gramedia trus dibagi dua. Setelah dibagi dua, ukurannya lebih gede dari A3 tapi bukan A2 jadi gue ga tau ukuran apa 😀

Trus kalau di papan pemberkatan, tulisannya diprint di atas kertas concord putih yang kemudian digunting dan ditempel ke papan. Di papan resepsi, gue pake Ms. Word untuk bikin tulisan warna putih dengan background item, trus di print ke atas kertas A3. (Udah males buat gunting-guntingin kertas concord hahaha). Kertas A3nya langsung di tempel di papan. That’s why di papan resepsi ada garis frame gitu kesannya.

Daun-daun beli di gramedia, sebungkus isinya selusin kalo ga salah, harganya ga sampe 10 ribu.

Untuk bunganya dibikin dari kertas krep. Tutorial cara bikin bunga bisa diliat di sini. Gampil banget bikinnya. Gue pertama kali praktek di kantor pake kertas tissue. Hasilnya? Saksessss.

S__4792351

Yang putih kertas tissue, yang pink kertas krep

S__4759569

Gue taro di atas undangan nikah anak temen boss

6. Dekor simpel untuk souvenir

Souvenir gue adalah toples. Karena ada beberapa yang hasilnya agak cacat, jadinya gue pisahin dan gue dekor untuk ditaro di meja mini gallery saat resepsi.

S__4759554

S__4792350

Bola-bola gabus dan pita dibeli di Gramedia. Harganya lupa, tapi ga mihil sih seinget gue. Kalo mihil ga bakal dibeli lah ya 😛
S__4759570

In case kalian wondering, di souvenir gue memang ga pake nama ato tanggal pernikahan ato apapun yang personalized. Alasannya biar souvenir bisa dipajang tanpa terlalu terlihat sebagai sebuah souvenir. Jadi cuma pake quote dari Nicholas Sparks aja di belakangnya.

I finally understood what true love meant. Love meant that you care for another person’s happiness more than your own.

Ini sedikit banyak masih berkaitan dengan quotes yang ada di undangan nikah gue. Gue merasa bahwa dalam pernikahan gue harus selalu ingat bahwa: Gue mencintai manusia yang (pastinya) tidak sempurna, maka cara gue mencintai harus ‘sempurna’ alias ga gampang menyerah ketika menghadapi ketidaksempurnaan pasangan yang menguji kesabaran gue, dan untuk itu, gue ga boleh egois mengutamakan senengnya gue doang. I must care about my partner’s happiness more than my own.

Meskipun paling cihuy ya kita happy bareng lah ya ko, you happy I pun happy *kedip kedip menggoda* 😆

7. Informasi pernikahan di restoran

Di restoran Central itu dalam sehari yang nikah bisa setengah lusin pasangan pengantin, jadi biasanya mereka pasang pengumuman di lobby: siapa yang nikah dan di lantai berapa. Masalahnya, gue ga suka pengumuman yang diketik asal-asalan dan keliatan ga menarik. Malahan gue pernah ngeliat pengumuman di dalem lift yang cuma ditulis tangan.

Jadi gue print sendiri aja deh pengumuman gue, trus laminating.

S__4759562

Ketiknya di Ms. Word, gambar-gambarnya hasil googling dan sedikit usaha biar jadinya bisa begitu 😀

8. Property Prewedding

S__2465906

S__2465899

Karena gue yakin vendor prewedding ga bakal nyediain chalk board yang bisa ditulisin unyu, gue print sendiri deh beginian. Tinggal di tempel ke karton dan voila. Lumayan kan buat nambah property saat prewedding? 😀

Udah, gitu aja kurang lebih hal-hal yang gue bikin/hias sendiri. Hal-hal simpel tapi mayan puas bisa membantu menghemat dan ada sentuhan personalnya. *Apenye yang personal?* 😆

Advertisements

24 thoughts on “DIY – stuffs for my wedding

  1. Bagussss, paling bagus yg papan flower girl, bikinin dong lip 😄 wkwk *dasarbridemales*

    Souvenir km bagus juga, bikin dimana? 😀 cakep bener juga gk ada embel2 pengantin biar bisa kepake lagi yaa..

    Property prewednya juga simple tp baguss kok buat nambah2

    Saluutt sama Mrs Tasmika yang kreatif ini dan skaligus bs irit

    Like

  2. Yeayy, finally ! ini dia yg kunanti-nantikannn 😀
    aq pernah nyoba pake kertas krepp, and failed 😦 bunganya malah kayak jadi kebelah 2 gitu sisi kanan sama kirinya x___x ,tapii kayaknya aq udah mulai tau dimana kesalahannya ..
    aq juga mau kasih surat wasiah ahh di dalem kado doorprize ..
    nahh, aq juga mau bikin, kertas informasi kayak gitu, soalnya takut pada salah naik lift ..
    telimikiciiiiiiii inspirasinya ..muaaach

    Like

  3. gila Lip, lo kreatif amat!! thumbs up dink buat lo *sodorin jempolllll* bukan kerajinan kalo mnrt gue lebih ke arah kreatif en kalo bisa dilakuin sendiri, knp ga kan?! hasil2nya juga bagus2 Lip 😀

    Like

  4. Kepikiran yah make ‘souvenir cacat’ buat jadi dekorasi, keknya klo kita dapet souvenir cacat langsung disingkirin aja deh.
    Suka sama kotak Alkitab yang seserahan, semacam beli dari toko, sama foto yang terakhir ‘i am his mrs.always right’ kocak and totally agree 😀

    Like

  5. Haiii salam kenal olive… wach keren bangett… lagi baca2 tersinspirasi buat sendiri DIY begini.. padahal dr kmrn bingung gimana mau bikin tulisan buat prosesi masukk… tapi ngeliat punya mu kerenn jadi mau bikin sendiri.. nanti tanya2 boleh yaaa :)… Suka bangett bagus n manis ngeliatnya.. Maacii olive

    Like

Write your thoughts or questions here! :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s