Pendaftaran KPP alias Kursus Persiapan Perkawinan

Gue dan koko akan menikah secara Katolik di Gereja Santa Maria Imakulata Cengkareng, yang mana sekarang gereja SMI ini masih merupakan stasi dari Paroki Trinitas Cengkareng.

Untuk dokumen lengkap yang dibutuhkan dalam pendaftaran perkawinan Katolik, bisa di cek di website KAJ ini.

Nah di gereja Katolik, sebelum merit para capeng wajib-kudu-harus-dan-mesti ikut yang namanya KPP alias Kursus Persiapan Perkawinan.

KPP ini ga diadain di tiap gereja, melainkan di satu gereja saja dalam satu dekenat. Jadi semua capeng yang berasal dari gereja-gereja Katolik di dekenat Jakarta Barat, mesti ngedaftarin diri ke gereja Kristoforus di Grogol. Kursusnya juga bakal diadain di situ. (Ini setau gue sih ya. Masalahnya gue suka sok tau. LOL :D)

Di dekenat Jakarta Barat, KPP diadain 1 kali dalam sebulan. Trus KPPnya juga dipadatin jadi 3 hari, Jumat, Sabtu dan Minggu. Gue ga tau apakah dekenat lain juga sama ato ada jadwalnya masing-masing.

Pendaftaran KPP untuk area dekenat Jakbar ini cuma buka di hari Selasa sampai Kamis, jam 15.00 – 18.00. Rada ngerepotin sih sebenernya buat yang kerja kantoran kayak gue, jadinya mesti izin pulang cepet sama boss. Soalnya meskipun pulang tenggo jam 5, gue pasti bakal telat sampe di Kristoforus. (malah curcol)

Dokumen yang perlu dibawa waktu daftar KPP:

  • Surat pengantar dari paroki masing-masing yang sudah ditandatangan oleh romo paroki
  • Copy surat baptis untuk yang beragama Katolik
  • Pasfoto capeng ukuran 3×4, berwarna, sebanyak 3 lembar masing-masing
  • Biaya pendaftaran (kalau di dekenat Jakarta Barat per tahun 2014 ini, biayanya Rp 230.000 untuk tiap pasang capeng)

Demi pendaftaran ini (dan untuk seterusnya karena bakal diperlukan waktu minta dokumen N1-N4) maka gue dan koko berangkat untuk foto. Berikut gue pamer dulu foto gue dan pria yang sering gue sebut sebagai cami akhir-akhir ini dalam bentuk pasfoto.

pasfoto cece koko

Mihihihi. Gue keliatan jauh lebih ‘gede’ dan ‘perkasa’ dari koko ya rasanya. (Berharap bakal ada yang bilang: “Ah itu hanya perasaanmu saja, dek Olivia” MUAHAHAHAH)

Gue daftar untuk KPP di bulan November meskipun jarak antara KPP dan hari H perkawinan gue nanti setengah tahun. Ini berdasarkan ‘saran’ dari staff sekretariat gereja SMI, karena doi perlu waktu untuk permohonan dispensasi dari uskup (gue dan koko beda agama hehe).

Setelah daftar, gue dan koko masing-masing dapet semacam ‘kartu’ tanda peserta KPP. Di kartu ada keterangan materi kursus, jadwal KPP dan ketentuan lainnya yang berhubungan dengan KPP. Selain itu dapet juga kwitansi bukti pembayaran pendaftaran dan buku pedoman untuk nanti dibawa saat KPP.

kartu KPP jpeg

Jadwal KPP hari Jumat-Sabtu tiap bulannya di St. Kristoforus:
Jumat jam 16.15 – 21.00
Sabtu jam 16.15 – 21.00
Minggu jam 07.15 – 14.45

Biaya 230 ribu itu selain untuk bayar buku pedoman, materi-materi kursus dan pencetakan sertifikat, juga untuk biaya makan malam di hari Jumat dan Sabtu, trus untuk snack pagi dan makan siang di hari Minggu. Jadi gue dibilangin untuk jangan bawa bekal sendiri 😀

Somehow gue bersyukur di gereja Katolik ada kewajiban KPP ini sebelum perkawinan. Selain untuk membekali para capeng dengan pengetahuan-pengetahuan sebelum masuk ke bahtera rumah tangga (ahsek abhes dah bahasa gue hahaha :p), menurut gue yang sotoy ini KPP juga untuk memantapkan para capeng, “Beneran nih mau kawin ama nih orang? Yakin nih bakal tetep cinta sama nih orang doang sampe maut menjemput? Ga bakal nyesel untuk menghabiskan hidup sama orang ini sampe jadi kulitnya udah gelambiran dimana-mana dan giginya tinggal dua?”…

Soalnya perkawinan Katolik kan mestinya once in a lifetime ya. Mudah-mudahan aja gue dan koko bisa sama-sama mantep dan bisa yakin dan ga bakalan nyesel 😀 Dan mudah-mudahan koko punya banyak duit biar gue bisa suntik botox nantinya. *LOH* hahahah 😀

Advertisements

4 thoughts on “Pendaftaran KPP alias Kursus Persiapan Perkawinan

    • ada temen yg memilih utk cari rumah ibadah yg ga ada bimbingannya, gue ngrasa sayang bangettt. Tapi hoki2an sih, ada juga yg ngebosenin bimbingannya 😆

      Like

Write your thoughts or questions here! :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s